Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

Hal Tak Terduga Yang Dapat Menyebabkan Tuli

Hal Bikin Tuli yang Terjadi Tak Terduga

Hal hal bikin tuli di bawah ini dipaparkan apa saja hal yang buat tuli telinga manusia, tuli terjadi karena kemampuan mendengar telinga seseorang berkurang atau tidak bisa mendengar sama sekali. Biasanya, kondisi seperti ini sering dialami oleh orang lanjut usia. Namun, tidak menutup kemungkinan seseorang bisa tulis sejak dini. Ada beberapa kejadian atau hal tak terduga yang ada di sekeliling Anda yang dapat menurunkan kesehatan telinga Anda.


Pemakaian headphone
Orang yang suka menggunakan headphone pasti tahu akibatnya jika ia terlalu lama menggunakan headphone dengan suara yang sangat keras. Sebuah penelitian dari American Speech-Language-Hearing Association menemukan bahwa 35% orang dewasa dan 59% remaja yang menggunakan headphone dengan volume keras sekitar 110-120 desibel dan dengan waktu yang lama mengalami gangguan pendengaran secara permanen. Oleh karena itu, badan kesehatan ini menganjurkan Anda untuk menggunakan headphone hanya dalam kurun waktu 1 jam dengan 60% volume.

Gangguan tidur
'Sleep apnea' yang merupakan salah satu gangguan tidur ternyata juga bisa menyebabkan gangguang pendengaran baik dari frekuensi rendah hingga frekuensi tinggi. Hal ini disebabkan karena sleep apnea mampu memberikan efek samping pada pasokan pembuluh darah ke koklea (bagian dalam telinga) yang kemudian menyebabkan peradangan.

Diabetes
Orang yang menderita diabetes juga memiliki risiko yang tinggi mengalami gangguan pendengaran. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism, kadar glukosa yang tinggi dapat merusak pembuluh di vascularis stria dan saraf yang pada akhirnya mampu mengurangi pendengaran.

Ibuprofen
Ibuprofen adalah jenis obat-obatan yang biasa digunakan untuk mengurangi rasa sakit akibat artritis (peradangan pada bagian sendi). Nah, penggunaan obat-obatan seperti ibuprofen dan acetaminophen ternyata juga mampu merusak pendengaran Anda. Hal itu disebabkan dua jenis obat ini dapat mengurangi aliran darah ke koklea yang dapat menurunkan fungsi pendengaran Anda.

Peralatan kerja
Para pekerja yang biasa menggunakan mesin-mesin dengan suara bising, seperti bor, mesin pemotong rumput, gergaji listrik, atau mesin lainnya juga berisiko mengalami gangguang pendengaran. Sebab suara yang dikeluarkan mesin tersebut sangat bising dan jika menggunakannya tanpa jeda bisa merusak pendengaran secara permanen.

Penumpukan kotoran telinga
Jika Anda jarang membersihkan telinga secara rutin, hal itu bisa menyebabkan penumpukan kotoran pada telinga. Sehingga jika dibiarkan terlalu lama bisa menyebabkan gangguan pendengaran parsial. Oleh karena itu, bersihkan telinga secara rutin. Alangkah baiknya lagi, Anda jangan menggunakan cotton cud, sebab alat ini akan mendorong kotoran telinga masuk ke dalam.

Merokok
Merokok memang memiliki segudang masalah bagi kesehatan tubuh. Tapi tahukah Anda bahwa merokok juga bisa menyebabkan gangguan pendengaran? Ini jawabannya, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association, perokok berat memiliki kemungkinan 1,3 kali lebih besar untuk mengalami gangguan pendengaran di masa tua. Hal ini terjadi karena bahan kimia dalam rokok mampu menggangu kesehatan pembuluh darah yang ada di dalam sistem pendengaran Anda.

 sumber
loading...