Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

10 Dinosaurus Karnivora Paling Ganas

Dinosaurus adalah hewan bertulang belakang dominan di ekosistem darat selama lebih dari 160 juta tahun, istilah dinosaurus didapat dari kata bahasa Yunani kuno δεινός (deinos yang berarti "mengerikan", "kuat", atau "hebat") dan σαύρα (saura yang berarti "kadal" or "reptil"). Dinosaurus sama dengan hewan lainnya yaitu ada yang karnivora dan herbivora, pada artikel ini akan di ulas mengenai dinosaurus karnivora, seberapa mengerikan dan ganasnya mereka? berikut 10 dinosaurus karnivora terganas:

1. Giganotosaurus carolinii

Giganotosaurus carolinii

Giganotosaurus carolinii adalah sejenis dinosaurus. Dari segi bentuk tubuh, jenis ini amat mirip dengan Tyrannosaurus rex, tetapi ukurannya sekitar 2 atau 3 meter lebih besar daripada Tyrannosaurus rex (sebagai acuan, panjang Tyrannosaurus rex ± 13 meter). Pemangsa yang ganas, bersifat sama dengan Tyrannosaurus Rex. Yang membedakan Giganotosaurus dengan yang lain hanyalah ukuran tubuhnya, 3 cakar berlengan besar (Tyrannosaurus rex hanya memiliki 2 cakar dan lengan sangat kecil), dan tulang-tulang seperti sirip pada seluruh permukaan atas tubuhnya, dari ujung moncongnya sampai ujung ekornya.

Giganotosaurus disebut-sebut sebagai saingan raja kadal Tyrannosaurus karena besar tubuh dan keganasannya.Panjang Giganotosaurus diperkirakan mencapai 14,5 m,namun beberapa paleontolog masih ragu karena beberapa versi menyebutkan dinosaurus Theropoda Saurischia ini tumbuh sampai 16 m.Tingginya sekitar 5 m dan beratnya sekitar 8 atau 9 ton. Giganotosaurus carolinii ditemukan tahun 1994 di Gurun Patagonia,Argentina oleh Ruben Daro Carolinii dan Rudolfo Coria.

2. Tyranosaurus-rex

Tyranosaurus-rex

Tyrannosaurus rex (Tyrannosaurus, yang berarti 'kadal yang kejam' dan rex, yang berarti 'raja) merupakan salah satu jenis dinosaurus karnivora yang terbesar. T-rex dapat tumbuh sepanjang 12 meter (sekitar 40 kaki) dan berat mencapai 4-8 ton . Dinosaurus ini memangsa dinosaurus herbivora besar seperti triceratops dan edmontosaurus yang merupakan herbivora terbesar di saat itu. Selain itu tyrannosaurus juga diketahui memiliki salah satu gigitan terkuat dibanding hewan darat lain yang pernah ada. Meskipun tubuh dan kepalanya amat besar tyrannosaurus memiliki suatu kejanggalan, yaitu tangannya yang amat kecil. Tyrannosaurus kemungkinan memakainya untuk bangkit dari tanah saat berbaring. Selain itu ada sedikit bukti kalau mereka memiliki bulu. T-rex dapat berlari hingga 40 km/jam,letak matanya pada kepalanya mirip dengan serigala.

3. Spinosaurus

Spinosaurus

Spinosaurus adalah dinosaurus pemakan daging besar yang memiliki serangkaian duri di punggungnya. dinosaurus besar ini hidup pada periode Cretaceous akhir, sekitar 98-95 juta tahun yang lalu, di tempat yang sekarang bernama Afrika. Spinosaurus disebut "kadal berduri" karena memiliki serangkaian duri saraf besar sampai 6 kaki (1,8 m) panjang yang keluar dari tulang punggungnya, mungkin membentuk seperti sirip berlayar yang mungkin telah membantu dalam termoregulasi, ritual kawin dan / atau persaingan intraspesies. Spinosaurus memiliki panjang tubuh 15 meter dengan berat mencapai 4 ton.

4. Megalosaurus

Megalosaurus

Megalosaurus adalah dinosaurus yang pertama kali ditemukan manusia. Rahang yang kuat serta, gigi yang besar dan tajam membuktikan bahwa ia seekor pemakan daging (karnivora) yang ganas. Megalosaurus memiliki panjang 9 meter, tinggi 3 meter, dan berat 1300 kilogram. Megalosaurus hidup pada zaman Jurassic (tepatnya 170-155 juta tahun yang lalu). Waktu pertama kali ditemukan orang mengira ia berjalan dengan 4 kaki namun penemuan berikutnya membuktikan bahwa ia berjalan dengan 2 kaki saja.

5. Allosaurus

Allosaurus

Allosaurus merupakan jenis dinosaurus Theropoda (pemakan daging).Ditemukan pada tahun 1869 oleh Dr.Ferdinand Hayden.Lokasi penemuannya di benua Eropa,Afrika,dan Amerika. Allosaurus hidup pada zaman Jurassic (208 - 65 juta tahun yang lalu).Konon,Allosaurus adalah nenek moyang dari Tyranosaurus. Panjang Allosaurus dapat mencapai 12 meter.Tinggi badannya saat berdiri mencapai 5 meter.Berat badannya dapat mencapai 4 ton. Allosaurus tidak dapat berlari cepat.Mereka suka berburu secara berkelompok (mirip cara singa dan serigala berburu pada zaman sekarang).Allosaurus lebih suka berburu dinosaurus pemakan tumbuhan seperti Diplodocus,Stegosaurus,dan Camptosaurus.Dia juga suka makan bangkai binatang.

6. Liopleurodon

Liopleurodon

Reptil raksasa penghuni laut ini hidup selama Periode Jurassic, 165-150 juta tahun yang lalu. Dengan panjang tubuh 25 meter, Liopleurodon mempunyai 4 sirip, masing-masing panjangnya lebih dari 3 meter. Tengkorak makhluk laut ini panjangnya 5 meter dan giginya sangat tajam! Dengan ukurannya itu, tak heran Liopleurodon adalah karnivora air paling besar dan kuat yang pernah hidup.

7. Carcharadontosaurus

Carcharadontosaurus

Carcharodontosaurus adalah dinosaurus raksasa pemakan daging bergenus carcharodontosaurid yang hidup sekitar 100-93 juta tahun yang lalu, selama periode akhir Albian hingga awal Cenomanian tahap pertengahan Cretaceous. Dinosaurus ini ditemukan dan menjadi dinosaurus yang terbesar kedua, lebih besar dari Tyrannosaurus dan Giganotosaurus , tapi tidak sebesar Spinosaurus. Carcharodontosaurus adalah salah satu dinosaurus karnivora terpanjang, terbesar, terganas dan terberat yang dikenal, dengan berbagai ilmuwan mengusulkan perkiraan panjang berkisar antara 12 - 13 m dan estimasi berat badan antara 6 dan 15 ton metrik.

8. Suchomimus

Suchomimus

Suchomimus ditemukan oleh sebuah tim dari Amerika Serikat dan Nigeria di gundukan pasir tipis yang menutupi daerah Sahara pada tahun 1998. Suchomimus adalah seekor dinosaurus predator yang sangat besar dengan tengkorak seperti tengkorak buaya dan kuku-kuku ibu jari yang besar. Panjang binatang itu 11 meter dan tingginya 4 meter. Lengan depan yang kuat dan cakar-cakar di ibu jari dipakai untuk menjerat mangsa. Layar tipis yang tingginya mencapai setengah meter di atas pinggang.

9. Ornitholestes

Ornitholestes

Rapih, cepat dan tangkas, Ornitholestes adalah dinosaurus pemangsa yang pernah menjelajah hutan Amerika Utara. Mereka memiliki lengan yang kuat, tangan yang mencengkeram dan cakar panjang – sangat baik untuk menyambar korbannya dan merobek daging. Ornitholestes mungkin mahir dalam mengejar mangsa yang menghindar. Kaki belakangnya yang panjang memungkinkannya untuk berlari cepat seperti anjing balap dan, mengatur keseimbangannya dengan ekornya yang menyerupai cemeti, menjadikannya sangat gesit. Mereka dapat melompat, berbalik arah dan menukik untuk membingungkan korbannya. Mereka juga dapat bersatu dalam kelompok dengan yang lainnya untuk memburu dan membunuh dinosaurus pemakan tumbuhan yang lebih besar.

10. Velociraptor

Velociraptor

Velociraptor hidup di akhir Zaman Kretasius sekitar 65-71 juta tahun yang lalu. Ia termasuk dalam sub-ordo Dromaesauridia yang memiliki ukuran tubuh sedang, dengan panjang sekitar 5 kaki (1.5 meter) dan tinggi 3 kaki (1 meter) dan berat sekitar 15-30 pound (7-14 kilogram) . Seperti Dromaesauridia lainnya, tubuh Velociraptor kemungkinan memiliki bulu. Selain itu, mereka memiliki sebuah cakar besar berbentuk melengkung, yang kemungkinan digunakan untuk menusuk atau merobek tubuh korbannya,dan juga menyerangnya dengan kuku kaki yang tajam. Velociraptor juga termasuk pintar bila dibandingkan dengan dinosurus lainnya, dan hal ini membuat mereka mampu bersaing dengan predator besar lain yang hidup di tempat yang sama. Fosilnya ditemukan di daerah Mongolia, Rusia, dan Cina.


sumber
loading...