10 Makhluk Aneh yang Hidup di Laut Dalam

Laut dalam adalah lapisan terbawah dari lautan, berada dibawah lapisan thermocline pada kedalaman lebih dari 1828 m. Sangat sedikit atau bahkan tidak ada cahaya yang dapat masuk ke area ini, dan sebagian besar organisme bergantung pada material organik yang jatuh dari zona fotik.

Karena alasan inilah para ilmuwan mengira bahwa kehidupan di tempat ini akan sangat sedikit, namun dengan adanya peralatan yang dapat menyelam ke kedalaman, ditemukan bahwa ditemukan cukup banyak kehidupan di arena ini. Makhluk yang hidup di area ini merupakan satu-satunya komunitas yang di planet ini yang hidup tidak bergantung pada cahaya matahari. Ingin tahu makhluk sepert apa saja yang hidup di laut dalam? Berikut 10 makhluk aneh yang hidup di laut dalam :

1. Scaly Dragonfish

Scaly Dragonfish

Scaly Dragon fish atau Stomias boa boa, ialah mahluk laut dalam yang merupakan Dragonfish barbeled kecil dari keluarga stomiidae, ditemukan di seluruh dunia di lautan tropis ke subtropis, terlepas dari utara Pasifik dan Atlantik barat laut, pada kedalaman antara 200 dan 1.500 m. Panjangnya antara 20 dan 32 cm.

2. Melanocetus Johnsoni

Melanocetus jhonsoni

Melanocetus johnsonii atau The humpback anglerfish atau lebih di kenal dengan nama black devil, ialah mahluk laut dalam dari keluarga Melanocetidae, di temukan di semua lautan beriklim tropis pada kedalaman 2000 meter (6.600 kaki). Panjangnya hingga 3 sentimeter (1,2 inci) untuk pria dan 20 cm (8 inci) untuk wanita.

3. Bathynomus Giganteus

Bathynomus Giganteus

Bathynomus Giganteus sadalah salah satu dari hampir 20 spesies isopoda besar (krustasea terkait dengan udang dan kepiting) dari genus Bathynomus. mahluk laut dalam yang satu ini sering di anggap memiliki jumlah berlimpah di perairan dingin yaitu perairan dalam Atlantik, Pasifik dan Samudra India. Bathynomus Giganteus sering dianggap sebagai Isopod terbesar di dunia, meskipun spesies lain kurang dikenal dari Bathynomus dapat mencapai ukuran yang sama (misalnya, B. kensleyi).

4. Vampyroteuthis Infernalis

Vampyroteuthis infernalis

Cumi-cumi vampir (Vampyroteuthis infernalis, lit. "Cumi vampir dari neraka") adalah mahluk laut dalam kecil, cephalopoda ditemukan di seluruh lautan beriklim tropis di dunia. Cumi-cumi vampir mencapai total panjang maksimum sekitar 30 cm (1 kaki). Cumi-cumi vampir hampir seluruhnya tercakup dalam organ penghasil cahaya yang disebut photophores. Hewan memiliki kontrol yang besar atas organ-organ, mampu menghasilkan kilatan disorientasi cahaya untuk sepersekian detik hingga beberapa menit dalam durasi. Cumi-cumi vampir adalah contoh ekstrim dari mahluk laut dalam kelas Cephalopoda, yang diduga berada di zona aphotic (redup) kedalaman 600-900 meter (2.000-3.000 kaki) atau lebih. Di wilayah lautan di dunia merupakan habitat diskrit dikenal sebagai zona minimum oksigen.

5. Anoplogaster Cornuta

Anoplogaster cornuta

Anoplogaster cornuta atau lebih di kenal Fangtooths adalah beryciform ikan keluarga Anoplogastridae (kadang-kadang dieja "Anoplogasteridae") yang hidup di laut dalam. Nama ini dari anoplo Yunani yang berarti "tak bersenjata" dan gaster yang berarti "perut". Dengan penyebaran Tersebar di perairan tropis dan beriklim dingin di seluruh dunia.

6. Stauroteuthis Syrtensis

Stauroteuthis syrtensis

Stauroteuthis syrtensis adalah hewan laut dalam dari spesies gurita pelagis kecil yang ditemukan pada kedalaman di bagian utara Samudera Atlantik. Ini adalah salah satu jumlah yang sangat kecil dari gurita untuk menunjukkan iluminasi biologis. Stauroteuthis syrtensis ditemukan di Atlantik Utara pada kisaran kedalaman ekstrim dari 500 sampai 4.000 meter (1.600 sampai 13.000 kaki). hewan ini paling sering ditemukan beberapa ratus meter dari dasar laut pada kedalaman antara 1.500 dan 2.500 meter (4.900 dan 8.200 kaki). Tampaknya menjadi cukup umum ke tepi lempeng benua di pantai timur Amerika Serikat dan juga telah diamati pada kedalaman sama dari Kepulauan Inggris.

7. Megamouth Shark

Megamouth shark

Hiu megamouth, Megachasma pelagios, adalah spesies yang sangat langka dari hiu yang hidup di laut dalam. Sejak penemuannya pada tahun 1976, hanya beberapa megamouth hiu telah terlihat, dengan 54 spesimen diketahui telah tertangkap atau terlihat pada 2012. Tampilan pada megamouth cukup khas, tetapi sedikit orang yang tahu tentang hal itu.

Ia memiliki warna coklat-hitam di bagian atas, dan putih di bagian bawah tubuhnya, dan memiliki ekor asimetris dengan cuping atas yang panjang, mirip dengan hiu perontok. Bagian dalam insang dilapisi dengan jari-seperti alat penyapu insang yang menangkap makanannya. Megamouths hiu besar, dapat tumbuh sampai 5,5 meter (18 kaki) panjangnya. Jantan dewasa sebesar 4 meter (13 kaki) dan wanita sebesar 5 meter (16 kaki). Bobot hingga 1.215 kg (£ 2680) telah dilaporkan.

8. Himantolophus Paucifilosus

Himantolophus Paucifilosus

Himantolophus Paucifilosus adalah mahluk laut dalam yang hidup pada kedalaman sangat ekstrim yakni 1000-4000 meter, ukuan tubuhnya relatif kecil dengan panjang 15 cm.

9. Chimaeras

Chimaeras

Chimaeras adalah ikan yang merupakan mahluk aneh yang hidup di laut dalam yang bertulang rawan di Chimaeriformes rangka, yang dikenal secara informal sebagai hiu hantu, Hiu hantu tinggal di dasar lautan beriklim sedang sampai ke 2.600 meter (8.500 kaki) yang dalam.

10. Hirondellea Gigas

Hirondellea gigas

Hirondellea gigas merupakan mahluk aneh yang hidup di laut dalam, ia hidup apada ke dalaman ekstrim yakni 1090 meter.

sumber