Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

Mitos Yang Salah Seputar Mata

Agar mata yang kita miliki tidak mempunyai banyak masalah, ada baiknya untuk membaca sejenak artikel berikut ini. Tak jarang kita mendengar peringatan terkait kesehatan mata seperti "jangan terlalu dekat dengan TV saat menontonnya" atau "jangan membaca di tempat kurang cahaya". Peringatan tersebut dibuat untuk menjaga penglihatan tetap baik.



Mitos Yang Salah Seputar Mata


Namun apakah peringatan-peringatan tadi sesuai dengan fakta? Berikut kebenaran seputar penglihatan yang Anda perlu tahu.

1. Duduk terlalu dekat dengan layar TV dapat merusak mata.

Mitos ini keliru. Faktanya, menonton TV terlalu dekat tidak ada kaitannya dengan kerusakan mata. Masalah kesehatan yang biasa dialami yang berhubungan dengan televisi kini biasanya adalah kram dan kelelahan. Tentu saja keduanya bisa disembuhkan dengan cara mengistirahatkan mata.

2. Menatap layar komputer terlalu lama dapat merusak mata.

Mitos ini keliru. Aktivitas ini tidak akan menimbulkan kerusakan permanen, hanya mungkin mengakibatkan mata kering. Namun selama Anda melakukan aturan "20-20", Anda akan terhindar dari mata kering. 20 menit menatap layar, 20 detik melihat objek terjauh yang dapat Anda lihat.

3. Jangan pernah melihat matahari secara langsung.

Mitos ini benar. Meskipun tidak ada gerhana, melihat secara langsung ke arah matahari dapat menyebabkan retinopati solar, yaitu perusakan retina akibat radiasi sinar matahari.

4. Membaca di cahaya remang dapat merusak penglihatan.

Mitos ini keliru. Hal tersebut tidak akan merusak penglihatan, tetapi dapat mengakibatkan mata kering, penglihatan kabur, hingga nyeri leher ataupun punggung.
loading...