7 Sumur Terangker di Berbagai Penjuru Dunia

Hantu ataupun yang kadang-kadang disebut Ghost, memang tak memilih lokasi untuk dijadikan tempat tinggal. Parahnya lagi, bahkan sumur-sumur juga bisa dijadikan tempat tinggal oleh mereka.
7 Sumur Terangker di Berbagai Penjuru Dunia
Wajar saja, sebab mereka bisa bertengger di lokasi manapun yang mereka inginkan. Selain itu, wujudnya yang seperti asap, bisa semaunya ingin berubah bentuk seperti yang mereka mau. Usut punya usut, ternyata ada beberapa sumur di berbagai penjuru dunia yang diyakini telah dijadikan tempat tinggal atau dihantui oleh para hantu, termasuk sumur-sumur yang ada di negara kita tercinta. Percaya tidaknya, tentu itu pilihan Anda. Ini dia sumur terangker yang dimaksud.

1. Sumur Okiku
Di Jepang negara asal sumur Sadako juga ada kisah sumur hantu lainnya.Tepatnya Kastil Himeji yang terletak di daerah Kobe. Sumur ini dihuni oleh hantu perempuan bernama Okiku, yan pernah bekerja di kastil itu sekitar abad ke-17. Konon ceritanya, Okiku adalah pelayan yang sangat setia dengan tuannya. Diam-diam, dia jatuh cinta pada Si Tuan Besar. Namun nasibnya berkata lain. Suatu hari, Okiku mendengar rencana pembunuhan Tuan Besar, yang didalangi oleh salah satu prajurit dan langsung melaporkan rencana tersebut kepada tuannya hingga rencana gagal dilaksanakan. Si prajurit berhasil kabur dan berniat membalas dendamnya pada Okiku. Salah satu tugas Okiku adalah merawat 10 buah piring berharga koleksi Si Tuan Besar dan merasa sangat terhormat melaksanakan tugas itu karena saking berharganya dan pentingnya piring-piring tersebut. Tapi sayang, si prajurit tadi mencuri satu buah piring. Okiku pun panik. Dia terus menghitung piring-piring itu, namun hasilnya tetap sembilan buah. Tentu saja Okiku resah, takut dicurigai sebagai pencuri piring yang hilang. Sedihnya, Tuan Besar yang dia puja dan telah diselamatkan nyawanya, juga menuduh Okiku mencuri piring tersebut lantas menjatuhkan hukuman mati karenanya. Sebelum dibunuh, Okiku disiksa terlebih dahulu. Tubuhnya digantung di atas sumur, dicelupkan di dalam sumur dan diangkat lagi lalu dipukul dengan kayu. Hingga akhirnya meninggal ditebas pedang. Kemudian mayatnya di buang ke dalam sumur. Sejak saat itulah, setiap dini hari terdengar isak tangis dan suara menghitung dari dalam sumur. Suara menghitung itu hanya sampai pada hitungan sembilan saja, kemudian berubah menjadi lengkingan tangis yang mengerikan karena tak berhasil menemukan piring ke sepuluh.

2. Lubang Buaya
Kalau sumur yang ini, kalian pasti tau letaknya. Tepatnya di daerah Pondok Gede, Jak-Tim. Kisah sumur Lubang Buaya memang sangat erat kaitannya dengan peristiwa G30S/PKI. Di sumur inilah ditemukan 6 jenazah orang jenderal dan seorang letnan TNI yang tewas pada pembantaian 30 September 1965. Kini di sekitar sumur tersebut dibangun museum dan monumen Pancasila Sakti untuk mengenang ketujuh pahlawan revolusi itu. Di sebuah sumur terdapat ruangan berisi patung replika, diorama serta rekaman suara yang menceritakan penyiksaan yang dialami. Ada pula dua rumah, lengkap dengan perabot aslinya yang disebut-sebut sebagai bekas pos komando dan dapur umum pasukan PKI. Karenanya, tak heran kalau disekitar area tersebut tersiar cerita seram. Contohnya ada warga yang melihat sosok kuntilanak saat melewati daerah Lubang Buaya di malam hari. Selain itu, ada pula petugas loket museum mengaku pernah mendengar suara derap langkah sepatu boot seperti ada militer yang sedang berbaris.

3. Sumur keramat di Kebun Raya
Di tengah-tengah Kebun Raya Bogor terdapat sumur tua yang amat sakti. Pada hari-hari tertentu, banyak pelaku spiritual yang mengambil airnya untuk menyucikan jiwa. Sumur tua yang bernama Sumur Sipatahunan ini sering luput dari perhatian orang. Maklum, untuk melihat sumur tersebut orang harus melewati jembatan gantung yang sangat menakutkan. Jika diinjak, jembatan itu akan bergoyang-goyang. Sumur tersebut terletak di samping makam Ratu Galuh dan Mbah Jepra. Oleh penduduk setempat, makam ini dikenal sebagai makam keramat. Menurut kabar yang beredar, semasa hidupnya kedua tokoh itu mempunyai kesaktian yang amat tinggi. Konon, setiap Maulud Nabi atau Muharram banyak pengunjung yang ingin mengambil air dari sumur. Mereka percaya, air tersebut dapat menyucikan jiwanya. Selain itu, ada anggapan jika air tersebut mempunyai beberapa kelebihan. Sebagaimana yang dikisahkan, rasa air sumur bisa berbeda-beda antara orang yang satu dengan orang yang lain. Padahal, mereka minum pada waktu dan cara yang sama. Lalu, ada pula yang mengatakan jika air tersebut dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit yang diderita seseorang. Selain itu, air tersebut sangat ampuh untuk menyembuhkan sakit mata ataupun rabun dan penyakit hilang ingatan. Karenanya, saat Muharram dan Maulud tempat ini banyak dikunjungi orang.

3. Sumur Yamashita
Meski namanya seperti nama Jepang, namun sumur ini sebenarnya terletak di Johor Bahru, Malaysia. Sumur yang terletak di area penjara Johor Bahru ini dibangun pada tahun 1883, dengan tujuan sebagai sumber air untuk narapidana. Tapi pada zaman kependudukan jepang saat Perang Dunia II, di bawah pimpinan Jenderal Tomoyuki Yamashita, sumur tersebut berubah fungsi menjadi tempat pelaksanaan hukuman pancung. Dianggap angker karena pernah ada beberapa petugas juga narapidana mengalami peristiwa menakutkan. Mulai dari sumur tiba-tiba mengeluarkan semburan api pada malam hari, muncul makhluk besar tanpa kepala yang sedang berdiri di atas sumur, sampai sosok wanita berambut panjang yang merasuki para narapidana untuk memasuki sumur.

4. Sumur Old Ford Niagara Castle
Kastil ini berumur 279 tahun yg terletak di sebelah barat New York, USA. Kabarnya kastil ini dihuni oleh para hantu. Sering terdapat laporan lilin yang menyala sendiri atau lolongan anjing siluman di malam hari. Tapi, hantu yang paling terkenal di kastil ini adalah hantu tanpa kepala Hantu tanpa kali ini pertama kali muncul sekitar tahun 1830-an. Menurut cerita, ada prajurit Perancis yang tewas saat bertarung karena kepalanya dipenggal. Setelah tewas, tubuh prajurit ini dibuang ke dalam sumur yang ada di lingkungan kastil. Kini setiap kali bulan pertama, sosok tubuh prajurit tanpa kepala ini akan muncul di sekitar sumur dan mengelilingi kastil, berusaha mencari kepalanya yang terpenggal.

5. Sumur Woodside Heights
Woodside Heights, sebuah pedasaan di Long Island, New York, USA pernah menjadi perhatian publik,bahkan sampai masuk koran The New York Times pada 28 juli 1893 silam,karena laporan soal sosok misterius di sumur desa tersebut. Jadi, di desa itu terdapat sumur tua berlumut yang merupakan sumber air bagi penduduknya. Dan pada bulan juli 1893, para penduduk takut mendekati sumur itu karena terdapat sosok berjubah putih disana. Pada suatu siang, tiga anak kecil bernama Josie, Winnie dan Georgie Caton pergi ke sumur sambil membawa ember, karena diberi tugas oleh orang tuanya untuk mengambil air. Tapi saat sudah mengambil air dari sumur, mereka dikagetkan oleh sosok berubah putih merangkak menghampiri mereka. Ketiga anak ini pun lari ketakutan! Kemudian, Annie Robinson yang berumur 14 tahun juga pergi ke sumur tersebut dan melihat sosok lelaki besar berjubah putih. Bedanya kali ini sosok putih ini hanya berdiri diam saja dan memandangi Annie dengan tatapan garang. Annie yang mengira sedang berhadapan denang orang gila, lalu buru-buru menjauhi sumur tersebut. Kemudian pemuda bernama Robinson juga diganggu oleh sosok misterius ini saat dia mampir untuk minum air dari sumur tersebut. Robinson yang kabur dengan menggunakan kereta kuda, mengaku di hampir saja tertangkap karena sosok putih tersebut yang ternyata bisa terbang.

7. Sumur Tua di Bandara Adisucipto
Di bandara Adisucipto, Sleman, terdapat sumur tua yang kerap disebut sumur Bakungan. Sumur yang kondisinya banyak sempal di beberapa dindingnya itu berada sekitar 20 meter barat makam Mbah Bakung. Ketika Dusun Bakungan belum tergusur, sumur tua Bakungan dijadikan kebutuhan vital masyarakat setempat. Akan tetapi saat ini masyarakat tak lagi bisa mengambil airnya dikarenakan sumur tersebut telah berada di dalam lingkungan bandara yang sudah dipagari kawat berduri. Semenjak itulah beberapa peristiwa ganjil acap kali terjadi. Menurut penuturan warga setempat, sejak Dusun Bakungan menjadi milik bandara, sekitar 4 kali terjadi peristiwa kecelakaan pesawat. Di antaranya jatuh ketika terbang di atas sumur Bakungan. Karena, sumur itu merupakan sumur keramat peninggalan Mbah Bakung. Sebetulnya warga telah memberikan peringatan supaya merawat sumur tersebut, namun pihak bandara tak mengindahkan warga. Sehingga, sebuah pesawat jatuh lagi usai melintas di atas sumur keramat tersebut. Setelah saran warga benar-benar terbukti, pada akhirnya semua pesawat menghindari terbang persis di atas sumur Bakungan. Saat hendak mendarat atau lepas landas, pesawat pasti tidak langsung belok, tapi terbang lurus terlebih dahulu untuk menghindari sumur tua agar kejadian naas tak terulang kembali.

sumber