10 Film Terbaik yang Diadaptasi dari Manga


Kalian pasti pernah dong membaca Manga? Yap, Manga adalah komik yang berasal dari Jepang. Sekarang sudah banyak media online yang menawarkan manga gratis berupa download ataupun baca online jika belum mampu membeli fisiknya. Dan kalau sudah baca manga, pasti Sonik penasaran kan dengan film atau animenya? Berikut  beberapa film terbaik yang diadaptasi dari manga :

1. Ichi the Killer
 

Ichi adalah sebuah judul seri manga yang terbit pada 1998 hingga 2001.  Tokoh utamanya benama sama dengan judul manganya, Ichi, yang digambarkan sebagai pribadi pendiam dan pengecut. Namun semua itu berubah ketika ia marah, Ichi berubah menjadi pembunuh berdarah dingin. Cerita berawal dari tokoh yang bernama Jijii yang memanipulasi ingatan Ichi dengan mengimplan kenangan palsu. Dengan begitu, Jijii bisa membangkitkan amarah Ichi untuk menyerang dan mengalahkan Yakuza agar ia sendiri berkuasa.
Film ini mendapat respon positif dari para kritikus film. Respon serupa ditunjukan para penonton dengan mendapat rating sebesar 7,1 dari 10 rating yang ada di Internet Movie Database dan 82% respon positif di rottentomatoes.com. Sonik harus mengumpulkan keberanian jika ingin menonton film ini, karena banyak adengan berdarah-darahnya. Hiiiiii…..
2. Speed Racer
Speed Racer terkenal hingga ke seluruh dunia ketika serial kartun atau animenya munsul pada tahun 1968. Dan pada 2008, Wachowski bersaudara mencoba mengangkat kepopuleran “Speed Racer” kembali dengan mengangkatnya ke sebuah film. Speed Racer menceritakan kisah tentang seorang pemuda yang bernama Speed, berjuang di lintasan balap mobil untuk mengungkap kejahatan dan korupsi di dalam Grand Prix ini. Kecerdikan dan kegigihan Speed harus diuji ketika harus melawan Rex, kakaknya sediri yang terperangkap konspirasi.
Diproduseri oleh Joel Silver yang terkenal, Speed Racer memenagkan Piala Oscar sebagai Desain Efek Terbaik. Film ini juga masuk dalam kategori 25 Film Olah raga terbaik sepanjang masa. Namun keberhasilan itu tidak diikuti oleh keuntungan dalam penghasilan film. Film yang menghabiskan dana  sebesar $ 120 Juta, hanya bisa meraup keuntungan sebesar $ 115 Juta.
3. Shogun Assasin
Shogun Assasin adalah film dirilis pada 1980 ini di, diadaptasi dari manga berjudul Lone Wolf dan Cub yang terbit pada 1970. Film ini berkisah tentang seorang Samurai yang diburu oleh Shogun. Istrinya terbunuh, namun Sang Samurai berhasil selamat dengan Kiri, anaknya yang baru berumur 3 tahun. Samurai menjadi pembunuh bayaran untuk menhidupi anaknya sampai ia  bisa membalaskan dendamnya terhadap Shogun.
Didalam dfilm ini terda[at banyak unsur kekerasan, sehingga sempat dilarang tayang di Inggris. Barulah dengan sedikit mengedit beberapa adegan, film ini bisa kembali tayang pada tahun 2000. Film Shoghun Assasin juga membuat trend perfilman berubah, Contohnya film garapan Quentine Tarantino  yang bejudul Kill Bill yang banyak terinspirsai dari film tersebut.
4. Astro Boy
Film ini berkisah tentang seorang anak bernama Toby yang terbunuh oleh robot perang ciptaan ayahnya sendiri. Ayah Toby yang merasa kehilangan membuat kloning robot Toby dan mengunakan beberapa helai rambut untuk menanamkan DNA dan kenangan yang menyebabkan robot ini bisa berfikir layaknya manusia biasa. Toby terus berjuang mencari jati diri, dan akhirnya ia haru berjuang melawan pejabat pemerintah yang korup dan ingin menguasai dunia.
Film yang diadaptasi dari manga Astro Boy terbitan tahun 1951 ini sama halnya dengan film Speed Racer, film ini tidak terlalu sukses di Amerika. Berbeda dengan di China, Astro Boy berhasil mencetak rekor box office untuk kategori film animasi. Meskipun tidak meledak dipasaran, film ini menerika review yang positif dari para kritikus.
5.  Death Note
Seri Manga ini pertama kali diterbitkan pada 200. Lalu pada 2006 diangkat menjadi sebuah film dengan judul yang sama, Death Note. Film ini berkisah tentah seorang siswa SMA bernama Light yang menemukan buku supranatural. Buku ini bisa membuat siapaun mati jika menuliskan namanya di buku tersebut. Awalnya buku yang berasal dari dewa kematian yang bernama Ryuk ini digunakan Light untuk membunuh para penjahat. Kejadian semakin rumit ketila detektif yang berinisial L yang dianggap sebagai detektif terbaik di dunia, mulai mencium sesuatu yang aneh. Light sadar bahwa ia adalah target dari detektif L, yang sudah curiga dengan kematian-kematian para penjahat di Jepang.
Death Note memuncaki box office di Jepang pada 2006 dengan pengasilan bersih sebesar $ 41 Juta. Film ini juga dirilis Amerika secara terbatas. Namun pada 2009 pihak Warner Bros sudah memperoleh hak cipta dan mengumumkan pada 2011, bahwa mereka akan me-remake film tersebut. Gosipnya tokoh Light akan diperankan oleh Zac Efron. Hampir 14.000 pengguna di Internet Movie Database meberikan rating 7.8, cukup mengagumkan bukan?.
6. Azumi
Manga Azumi dipasarkan pada tahun 1994. Azumi adalah perempuan muda yang memiliki bakat bela diri dan didakwa bersalah atas pembunuhan panglima perang yang mengancam perdamaian dunia. Tokoh Azumi menggambarkan sifat pencerah dan kebebasan dari keterikatan pada benda yang bersifat duniawi. Dia berdiri kontras denga para pembunuh lainya yang hanya mengejar harta dan  kekuasaan.
Film adaptasi dari manga ini pertama kali dirilas pada 2003, menyusul kemudian sekuel keduanya pada 2005. Pada 2006, film Azumi dirilis di Amerika Serikat meski pasaranya terbatas. Meskipun mendapat kritikan dari pemgamat film, Azuma berhasil penghargaan dari Academy Award Jepang pada 2004, Festival Film Internasional Boston dan Festival Film Philadelphia di Amerika Serikat.
7. Ruroni Kenshin
"Rurouni Kenshin" berkisah tentang samurai bernama Kenshin Himura yang hidup bertahun-tahun sebagai pembunuh. Samurai yang punya codet berbentuk "X" di pipinya itu dikenal sebagai "Battousai" alias si pembantai.Kenshin ingin bertobat, melupakan masa lalunya yang kelam dan berjanji tidak akan melenyapkan nyawa orang lagi.
Film adaptasi live-action Rurouni Kenshin yang disutradarai oleh Keishi Ootomo berdasarkan manga karya Nobuhiro Watsuki telah ditonton lebih dari 2 juta kali selama 27 hari pemutarannya di Jepang. Film ini juga telah meraup keuntungan lebih dari 2,5 miliar yen (sekitar 32,1 juta dolar) hingga tanggal 21 September kemarin. Saat pemutaran perdananya pada tanggal 25 Agustus lalu, film ini berhasil melakukan debut di peringkat pertama, dan kini peringkat film ini telah turun ke peringkat ke-4 untuk akhir pekan tanggal 22-23 September kemarin.
8. Ghost in The Shell
Manga Ghost in the Shell diterbitkan pada 1989 hingga 1997, kemudian diadaptasi dengan judul yang sama pada 1994. Film ini berkisah tentang seorang perwira yang bertugas untuk melacak dan menangkap hacker misterius yang dikenal sebagai The Puppet Master pada tahun 2029. Ia bekerja sama dengan wanita cybrorg yang tidak memiliki sel otak namun memiliki “Hantu” di dalam tubuhnya, untuk mengungkap konspirasi pemerintah yang luas yang lebik pelik dan The Master Puppet.
Film adaptasi ini mendapat pujian pada saat itu karena berhasil menyatukan teknik komputerisadi dan animasi.  Bebarapa tokoh sutradara seperti Wachowski bersaudara dan James Cameron (sutradara fim Titanic dan Avatar) memuji film ini dan menyatakan minatnya untuk berkerja sama.
9. Old Boy
Old Boy adalah serial manga yang beredar pada tahun 1996 hingga 1998. Lalu manga ini diadaptasi menjadi sebuah film di Korea Selatan yang dirilis pada 2003. Film ini meraih sukses penghargaan Grand Prix di Festical Film Cannes, Perancis dan menerima pujian dari sutradara terkenal Quentine Tarantino. Mendapat banyak pujian, film terlaris kelima di Korea Selatan pada 2003 ini tidak mendapatkan kessuksesan di Box Office, Amerika. Namun sedikit terobati dengan meraup untung bersih sebesar $ 15 juta dari penjualannya seluruh dunia.
Film ini berkisah tentang seorang tokoh bernama Oh Dae-su yang diculik dan dimasukan kedalam sel isolasi tanpa penjelasan. Sebelum dipenjarakan, ia dituduh menjadi tersangka utama atas pembunuhan istrinya. Di dalam sel ia berlatih dengan memukulkan tangannya ke dinding dan belajar shadowboxing. Setelah 15 tahun, ia berhasil menggali dinding untuk kabur. Namun tiba-tiba ia tersadar dan menemukan dirinya berbaring di atap gedung dengan pakaian mengenakan setelan jas. Lalu ia bertekad memburu orang-orang yang berkaitan dengan penculikan dan pembunuhan istrinya untuk mengelahui motif serta membalas dendam.
10. Princess Mononoke
Latar belakang film ini berkisah tentang seorang prajurit muda bernama Ashitaka yang berjuang untuk melindungi desanya dari serangan iblis. Namun ditengah perjuangannya ia tertimpa sebuah kutukan yang mengaruskannya melakukan perjalan ke Hutan Barat untuk melenyapkan kutukan tersebut. Di Hutan Barat, ia menemukan situasi yang pelik saat The Lady Eboshy yang ambisius bersama klan setianya berperang melawan para dewa hutan dan seorang wanita muda pemberani, Princess Mononoke yang dibesarkan oleh dewa serigala.
Film yang berjudul aslinya Mononoke-hime dibuatkan versi bahasa Inggris dan berhasil meraup keuntungan bersih sebesar $ 148 juta dari penjualannya diseluruh dunia. Di situs imdb.com mendapatkan rating sebesar 8,4 dari 10 dari 113,547 pengguna internet.