Ngerasa Gak Inilah 6 Kebiasaan Yang Hilang Karena Facebook Datang

Meski bukan termasuk situs jejaring sosial yang pertama, Facebook pernah begitu meledak dan mendominasi pengguna internet di seluruh dunia. Bahkan, siapa yang kini tak pakai Facebook?

Dominasi Facebook sudah semakin nyata setelah tercatat setidaknya sampai saat ini sudah ada lebih 1 miliar pengguna aktif situs ini. Bila Facebook adalah sebuah negara, maka situs tersebut adalah negara ketiga terbesar di dunia.

Kendati saat ini pamor Facebook sedikit meredup dan kegagalan layanan ini mengangkat performanya di lantai bursa, tak bisa dipungkiri bahwa Facebook mempunyai efek domino terhadap kehidupan dan cara bergaul masyarakat.

Menurut Mashable dan dikutip detikINET, Senin (28/1/2013), setidaknya ada efek yang dirasakan saat Facebook hadir, baik itu di dunia maya ataupun di dunia maya. Simak rangkumannya berikut ini.









1. Berkurangnya Instant Messaging



Kendati bukan satu-satunya alasan, Facebook juga berperan dalam berkurangnya penggunaan berkirim pesan instant messaging, apalagi setelah Facebook menelurkan layanan sejenis.

Memang selain Facebook Chat, layanan seperti Twitter pun aktif berinkarnasi menggantikan pesan di IM dan beberapa pesan pendek (SMS).


2. Mengubah cara kerja perusahaan

Saling berteman dengan rekan kerja di Facebook, memang mengikis sekat antara sesama pekerja, bahkan mungkin dengan atasan. Hal ini yang berimbas postif dalam soal peningkatan kerja.

Karena faktanya, perusahaan khususnya start-up menggunakan Facebook untuk saling terhubung satu sama lain untuk membicarakan pekerjaan secara berkelompok.

Bahkan terkadang, Facebook juga dijadikan alat untuk interaksi antara perusahaan dengan konsumennya. Hal ini biasa dilakukan untuk mengetahui reaksi dari pelanggan terhadap suatu produknya.

3. Album Foto

Dahulu setiap momen yang diabadikan melalui foto akan dicetak dan disimpan melalui album foto fisik. Nah, berkat kecanggihan era digital pula secara perlahan album foto kini mulai tergantikan dengan Photo Album di Facebook.

Tentu saja semuanya diberi kemudahan berkat Facebook pula. Foto-foto hasil jepretan tersebut cukup di-upload di Facebook, lalu kemudian teman tertentu di-tag, maka jadilah album foto yang bisa dilihat dari mana saja.


4. Buku tahunan

Menurut hasil survei, buku tahunan (yearbooks) di Amerika Serikat mengalami penurunan dari tahun ke tahun. Ini memang tak terlepas dari Facebook yang makin populer tiap tahunnya.

Yearbooks di Negeri Paman Sam memang banyak digunakan oleh siswa yang baru saja lulus dari tempat sekolahnya. Buku tahunan ini sangat berguna untuk mencari dan menghubungi kawan lama.

5. Undangan pesta

Mengirimkan undangan pesta memang tak semudah ini saat Facebook datang. Berkumpul dan merayakan sesuatu pun kini menjadi sebuah kebiasaan saat situs ini memudahkannya.

Tak ada lagi kartu atau pesan yang biasa dikirimkan, atau undangan yang terlewatkan saat rekan Anda mengirimkanya melalui Facebook. Apalagi, setelah layanan ini menambahkan fitur pengingat sebelum hari H.

6. Reuni

Sejak Facebook merambah pengguna hampir semua usia, banyak orang merasa terbantu menemukan orang yang sudah lama kehilangan kontak, seperti teman saat di sekolah.

Maka berangkat dari situlah, kegiataan reuni mulai tumbuh lagi. Mungkin beberapa dari Anda pernah melihat orangtua atau bahkan kakek-nenek yang mulai rajin bertemu dengan kawan-kawan lamanya.
sumber