Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

5 Kasus Kelaparan Paling Parah di Dunia

Kasus kelaparan bisa terjadi kapan saja karena bayak faktor yang mempengaruhinya setidaknya pernah ada kasus kelaparan yang sangat parah yang pernah melaanda dunia bahkan memakan korban jiwa yang sangat banyak.
Nah kamu mau tahu kasus kelaparan seperti paling parah yang pernah terjadi di Dunia? Simak 5 Kasus Kelaparan Paling Parah di Dunia berikut ini.

1. Kelaparan China 1958-1962
Kelaparan yang terjadi di China pada tahun 1958 sampai 1962 ini merupakan bencana kelaparan terparah yang pernah dialami oleh China penyebab kelaparan ini terjadi murni karena ulah pemerintah yang mau memusnahkan populasi manusia yang tidak diinginkan pemerintah. Dalam melakukan tujuanya itu pemerintah China sengaja merampas tana petani dan banyak petani yang dijadikan buruh industri besi sehinga bahan pangan menjadi langka. Kelaparan ini menyebabkan 43 juta orang meninggal dunia.

2. Kelaparan India 1783
India juga pernah mengalami bencana kelaparan paling parah yakni pada tahun 1783 bencana kelaparan ini dikenal sebagai bencanan. Ksusu kelaparan yang terjadi ini karena tahun itu India mengalami kekeringan yang sangat parah banyak tumbuhan mati akibat kekeringan yang mengakibatkan bahan pangan menjadi langka. Kasus kelaparan ini setikdanya menewaskan 11 juta rakyat India.

3. Kelaparan Uni Sovyet 1932-1933
Uni Sovyet pernah mengalami bencana kelaparan terparah pada tahun 1932 sampai 1933 bencana kelaparan ini terjadi karena pemerintah memberlakukan program kolektifitas tanah pertanian. Koletifitas tanah pertanian mengacu pada sistem perampokan lahan oleh pemerintah pada saat itu dipimpin oleh Joseph Stalin. Pemerintah menanam tanah-tanah itu dengan benih namun penggarapannya kurang maksimal benih akhirnya tidak tumbuh. Kelaparan massal melanda. Peristiwa ini membunuh sekitar 10 juta orang.

4. Kelaparan Bengali 1770 dan 1943
Wilayah India Bengali juga pernah menderita akibat kasus kelaparan yang sangat parah yang menewaskan setidaknya 17 juta orang.
Kasusu kelaparan pertama terjadi pada tahun 1770 ketika itu derah ini dikuasi Inggris selain masalah kekeringan pemerintah inggris waktu itu lebih menyukai menanam candu dari pada beras karena harganya jauh lebih tinggi akibatnya warga menjadi kelaparan bahkan inggris menolak untuk menyuplai makanan ke derah ini. Sementara pada 1943 selain disebabkan bencana alam, perang dunia ke II juga membuat Bengali kehilangan mitra dagang mereka terbesar yakni Myanmar. Ditambah banjir besar yang memporak-porandakan lahan pertanian. Sekitar 90 persen sektor ini hancur dan persediaan makanan tidak ada.

5. Kelaparan Korea Utara
Korea utara merupakan negara yang paling sering mengalami kasus kelaparan sebab negara ini mendapatkan sangsi ekonomi dari Dunia akibat program Nuklirnya.
Kasus kepalaran paling parah [ernah terjadi di Korea Utara pada tahun 1994-1998. Peristiwa ini terjadi lantaran gabungan dari bencana alam dan ulah pemimpinnya Kim Jung Il. Pada 1995 banjir besar menghancurkan 1,5 juta ton tanaman padi. Lalu disusul kebijakan politik Jung Il yang menyuruh warganya untuk menempatkan kepentingan militer di atas segala-galanya. Seluruh milik sipil dirampas demi kebutuhan angkatan bersenjata. akibatnya 3 juta orang tewas kelaparan, termasuk bayi-bayi lahir dengan penyakit kekurangan nutrisi.
Nah itulah kasusu kelaparan terparah yang pernah terjadi di Dunia. Selain di Negara itu Indonesia juga pernah mengalami kasus kelaparan namun tidak sampai memakan jumlah korban jiwa sebanyak kasus kelaparan di atas.

Sumber
loading...