Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

10 Cara Menghilangkan Gatal di Kulit Kepala

10 Cara Menghilangkan Gatal di Kulit Kepala

Debu dan ketombe yang terdapat pada rambut di kepala kita bisa menyebabkan kulit kepala menjadi gatal. Terkadang pasti kita mengaruknya secara berlebihan hingga menyebabkan luka di kult kepala. Namun sebenarnya, terdapat beberapa cara alami yang dapat menghilangkan gatal di kulit kepala kita. Bagaimana cara alami tersebut? Berikut adalah 10 cara yang dapat menghilangkan gatal di kulit kepala kita.

1. Minyak tea tree
Selain minyak tea tree, sampo bayi dibutuhkan untuk menyembuhkan gatal di kulit kepala. Campuran setengah gelas sampo bayi dan 10-20 minyak tea tree bisa digunakan setiap hari untuk mencuci rambut. Selain untuk sampo, 2-3 tetes minyak tea tree yang dicampur dengan satu sendok makan minyak sayur adalah kombinasi tepat untuk memijat kulit kepala yang gatal.

2. Garam
Garam juga bisa menghilangkan gatal di kulit kepala. Caranya dengan menaburkan garam di kulit kepala kemudian gosok secara halus, lalu diamkan sebentar. Setelah itu bilas dengan air hingga bersih.

3. Jus lemon
Dua sendok makan jus lemon adalah solusi alami untuk mengatasi kulit kepala yang gatal. Setelah dipijatkan pada kulit kepala, bilas dengan air. Kemudian cuci lagi rambut dengan campuran segelas air dan satu sendok teh jus lemon. Aplikasikan setiap hari untuk hasil yang lebih maksimal.

4. Air Dingin
Mencuci air dengan air panas justru akan membuat kulit kepala akan kering dan kemudian terkelupas. Dan mencuci kepala atau keramas dengan air dingin ini dapat mengembalikan kelembaban pada kulit kepala sehingga mengurangi rasa gatal.

5. Cuka sari buah apel
Cara murah dan mudah berikutnya untuk menyembuhkan gatal di kulit kepala adalah dengan menyemprotkan campuran cuka sari buah apel dan air. Pijat kulit kepala kemudian bungkus dengan handuk. Diamkan selama 15 menit sebelum membilas rambut hingga bersih.

6. Minyak jojoba
Selain melembapkan, minyak jojoba juga mampu mengurangi sensasi gatal di kulit kepala. Cukup lakukan pijatan halus di kulit kepala dengan minyak jojoba seminggu sekali. Rasa gatal akan pelan-pelan berkurang dan menghilang.

7. Lidah buaya
Tanaman lidah buaya adalah resep terakhir yang bisa menyembuhkan gatal di kulit kepala. Ambil bagian dalam lidah buaya yang bentuknya seperti gel dan langsung oleskan ke kulit kepala. Biarkan selama 30 menit sebelum membilasnya sampai bersih.

8. Alpukat dan pisang
Kulit kepala kering menimbulkan rasa gatal yang tertahankan. Atasi dengan buah alpukat dan pisang yang dihaluskan menjadi satu. Setelah itu, oleskan pada rambut dan diamkan selama 30 menit sebelum dibilas. Bukan cuma menyembuhkan gatal, ramuan ini juga membuat rambut semakin halus dan bersinar.

9. Air putih
Untuk menjaga kesehatan rambut, anda juga bisa meminum air putih minimal 8 gelas sehari. Jika rutin meminum air dalam jumlah tersebut dapat menjaga rambut agar terhidrasi sehingga bisa memperbaiki bagian tubuh yang kering serta menghilangkan kulit kering yang gatal.

10. Baking soda
Campuran baking soda dan air adalah bahan pertama yang bisa diaplikasikan untuk menyembuhkan rasa gatal fi kepala. Sebelum mengoleskan baking soda, kulit kepala bisa diberi minyak zaitun terlebih dahulu. Biarkan baking soda selama 10-15 menit sebelum akhirnya dibilas.



sumber
loading...