Teknik Dasar Fotografi Keren dengan Kamera DSLR

Kita perlu setidaknya mempelajari dasar fotografi, seperti Bagaimana cara memegang kamera yang benar, teknik foto landscape dan portrait yang benar serta bagaimana pengaruh diafragma dalam teknik fotografi. Bandingan anda belajar otodidak dari buku, internet atau video sangat berbeda hasilnya dibandingkan dengan praktik memotret langsung di lapangan dengan bimbingan ahlinya. Belajar memotret seharusnya ada seseorang yang bisa membimbing dan memberika kita tips bagaimana anda bisa menjadi fotografer yang handal dan profesional. Ada berbagai macam teknik fotografi yang mendasar di dunia ini. Lain teknik nya, lain juga tingkat kesulitannya. Mulai dari tingkat kesulitan yang rendah, sampai teknik yang memerlukan skill fotografi yang tinggi. Disini saya akan sedikit membagikan mengenai macam-macam Teknik Dasar Fotografi Keren dengan Kamera DSLR.



Teknik Dasar Fotografi Keren dengan Kamera DSLR

Berikut Teknik Dasar Fotografi Keren dengan Kamera DSLR, silahkan anda simak kemudian bisa anda pelajari tekhnik ini.


1. Teknik Depth of Field (ruang tajam)

Hal-hal yang mempengaruhi teknik fotografi ruang tajam adalah:

Jarak pemotretan (jauh=luas, dekat=sempit)

Bukaan diafragma (kecil=luas, besar=sempit)

Jarak fokus lensa /focal length (tele=sempit, wide=luas, normal=bisa diatur)




2. Teknik Slow & Stop Action

Slow action : salah satu teknik fotografi yang bertujuan memperlihatkan/ menangkap gerakan objek. Biasanya digunakan kecepatan rendah, antara 1/30 sampai 1 detik . Stop action kebalikan dari slow, yaitu teknik fotografi untuk bertujuan membekukan gerak objek. Biasanya digunakan kecepatan tinggi, antara 1/125 sampai 1/4000 atau lebih.





3. Teknik Bulb

Kecepatan rana dapat diatur sesuai dengan waktu yang kita inginkan. Teknik ini dilakukan dengan menahan tombol pelepas rana dengan lebih lama. Untuk mendapatkan hasil foto bulb secara maksimal, dapat digunakan kabel release dan tripod. Misalnya, kita mempergunakan kecepatan 30 detik sampai habis waktu perekaman cahaya.

Gambar



4. Teknik Panning

Panning adalah salah satu cara untuk memberikan kesan gerak pada foto. Ketika melakukan panning, anda harus mengikuti objek selama membidik. Hasil foto menjadikan objek menjadi relatif tajam dibandingkan dengan backgroundnya yang hampir sepenuhnya blur.Untuk mendapatkan foto panning secara maksimal; dengan speed rendah (8-60), dan pakailah tripod (kaki tiga).





5. Teknik Zooming

Zooming adalah teknik foto untuk memberikan kesan gerak dengan mengubah panjang fokus lensa. Perubahan panjang fokus hanya dapat dilakukan dengan lensa zoom. Untuk mendapatkan kesan gerak, anda harus menggunakan kecepatan rana tidak lebih dari 1/30 detik. Untuk mendapatkan foto zooming secara maksimal, pakailah tripod (kaki tiga)



Data teknis:

Kamera : Nikon D5100

Lensa : 28 – 80 Nikkor D

Shutter Speed : 5 (with flash)

Diafragma : 3.5

ISO : 400

White balance : flash

Nah, itulah teknik-teknik dalam fotografi. Semoga bermanfaat bagi sobat semua. Terima kasih.




sumber