Filosofi di Balik Nama Band - Band Cadas

Filosofi di Balik Nama Band-Band Cadas. Jika di artikel kemarin kita membahas asal usul nama musisi band klasik dan beberapa band baru. Kali ini membahas asal usul nama band-band cadas.
Kita amati jika band-band cadas selalu memakai nama-nama asing dan unik. Di balik nama tersebut ternyata memiliki filosofi yang sangat dalam, Namun ada juga yang klise dan lucu dalam penamaan nama.

Meski begitu, nama-nama ini menjadi kiblat bagi musik sekarang. Yuk kita simak cerita band berikut.

1. Avenged Sevenfold



Mungkin kita penasaran apa yang membuat M Shadows memilih nama Avenged Sevenfold sebagai nama bandnya. Ternyata nama mengambil dari referensi Cain dan Abel dari alkitab. Sementara itu singkatan A7X juga memilki arti tersendiri x yang berarti lipatan atau berkali-kali. Sehingga bisa A7X bermakna pembalasan 7 kali lipat.


2. Nirvana



Sebelum memilih nama Nirvana, Kurt Cobain mempunyai deretan daftar nama yang akan dipakai untuk bandnya. Sebut saja Poo Poo Box, Whisker Biscuit, Gut Bomb, Bat Guana, Fecal Matter dan masih banyak lagi. Namun dia merasa tercerahkan saat melihat tayangan tentang ajaran Budha di malam hari. Dari situ dia merasa Nirvana adalah kata yang cocok untuk bandnya, terlebih dia menganggap dirinya pengikut Budha. Nirvana sendiri memiliki arti pencampaian kesempurnaan, yang sepertinya pantas sekali dipakai oleh band ini yang akhirnya memilki 3 personel yang sempurna seperti saudara.


3. Pearl Jam



Mungkin banyak yang bertanya kenapa band pengusung Seattle Sound ini memilih nama Pearl Jam. menurut penuturan Eddie Vedder (vokalis) bahwa nama tersebut terinspirasi dari nama neneknya bernama Pearl yang jago membuat selai (Jam dalam Inggris). Namun cerita itu kemudian disanggah oleh Eddie walau dia memang memiliki nenek bernama Pearl.


4. Metallica



Metallica adalah sebuah nama yang pas untuk menggambarkan musik mereka yang padat, cadas dan sekeras baja. Menurut penuturan dari Lars Ulrich (drum) bahwa nama ini diambil saat dia membantu temannya untuk memberikan ide bagi majalah metalnya. Lars membawa 2 nama yaitu Metallica dan Metal Mania, yang akhirnya dipilih Metal Mania. Saat membuat band, Lars pun akhirnya terpikirkan untuk memakai nama Metallica di bandnya.


5. Blink 182



Ada yang tahu makna angka 182 pada Blink 182. Bukan berarti berkedip[ hingga 182 kali lo. Jadi ceritanya gini, mereka sebelumnya memaki nama blink untuk bandnya. Namun karena ada kesamaan nama dengan band Irlandia membuat mereka harus mengganti. Namun karena nama Blink sudah terlalu asyik bagi mereka akhirnya mereka menaruh angka 182 di belakangnya. Nah, angka 182 ini diambil dari film TURK! 182 yang saat ditontonnya.


6. Children of Bodom



Peristiwa pembunuhan di danau Bodom, Esspo, Finlandia pada tahun 1960 menjadi inspirasi bagi band metal ini. Mereka pun menamakan band mereka Children of Bodom untuk memberi tribute bagi para korban tersebut. Bahkan mereka sempat mengangkat cerita pembunuhan ini ke dalam salah satu karyanya.


7. Ramones



Meski setiap nama personelnya diberi nama Ramones bukan berarti mereka memiliki darah keluarga. Ternyata nama Ramones ini terinspirasi dari nama samaran personel The Beatles, Paul McCartney. Kabarnya Paul sering check in ke hotel dengan nama Paul Ramones. Entah bagaimana personel pionir punk ini tahu dan terpikirkan memakai nama Ramones untuk bandnya.


Sumber