10 Lanscape Laut Yang Unik Dan Indah

UNIK MENARIK - Ketika disebutkan kata ‘laut’, maka yang terlintas dipikiran kita yaitu air warna biru tak berujung yang menyentuh langit di cakrawala. Namun, hamparan lautan tak selamanya monoton menyerupai itu. Selain pulau-pulau biasa, semenanjung dan terumbu karang yang biasa kita lihat di hamparan laut, ada beberapa pemandangan laut yang cukup unik sekaligus cantik di dunia.
Dan inilah 10 lanscape laut yang unik dan cantik di dunia.

1. Tempat Pertemuan Samudra Atlantik dan Laut Karibia di Eleuthera Island, Bahama

Unik

Eleuthera yaitu salah satu dari beberapa pulau yang terletak di Bahama, sekitar 80km timur dari ibukotanya, Nassau. Panjang pulau ini sekitar 180km lebarnya hanya sekitar 1,6 km ( 1mi ) di daerah terlebarnya. Air biru muda Laut Karibia dangkal di salah satu sisi pulau menonjol dalam kontras dengan birunya Samudera Atlantik yang dalamnya hingga ribuan kaki. Salah satu daerah terbaik untuk melihat kontrasnya warna laut yang luar biasa ini yaitu di Jembatan Glass Window Bridge.
Jembatan ini yaitu salah satu dari beberapa daerah di bumi di mana Anda dapat membandingkan birunya Samudra Atlantik di satu sisi jalan dan perairan hijau pirus dari Laut Karibia di sisi lain, yang dipisahkan oleh strip kerikil yang hanya 10m lebarnya. Diatas jembatan kerikil alami, jembatan beton telah dibangun yang menghubungkan titik-titik utara dan selatan Eleuthera oleh jalan beraspal. Jembatan Glass Window yaitu salah satu daerah yang paling sering dikunjungi di pulau itu.
Selama berabad-abad, ada jembatan kerikil sebagai penghubung alami antara utara dan selatan Eleuthera.

Kemudian pada tahun 1940-an, beberapa angin kencang yang datang berturut-turut, menghancurkan jembatan alam tersebut dan jembatan beton dibangun sebagai pengganti. Selama beberapa dekade, jembatan ini tetap fungsional dengan perbaikan berkala, namun angin kencang tahun 1992 dan 1999 menjadikan kerusakan yang signifikan pada jembatan. Setelah Badai Floyd 1999, praktis tidak ada yang asli lagi dari jembatan Glasgow Window ini. Meskipun jembatan itu diperbaiki dan jalan Queen Highway kembali terhubung dalam beberapa bulan, geografi Eleuthera berubah selamanya. Bahkan setelah satu dekade, para pekerja tetap sibuk memperkuat garis pantai untuk kembali membuka jalan aspal yang sangat terkikis. Gambar yang lebih banyak dan penjelasan yang lebih lengkap dari Glass Window Bridge.

2. Tempat Bertemunya Laut Baltik dan Laut Utara, Denmark/Swedia

Keren

Di kota wisata Skagen kita dapat menonton sebuah fenomena alam yang menakjubkan. Kota ini yaitu titik paling utara dari Denmark, di mana Laut Baltik dan Laut Utara bertemu. Dua pasang yang berlawanan di daerah ini tidak dapat bergabung alasannya mereka memiliki kerapatan dan salinitas yang berbeda. Wilayah di mana laut Baltik dan Laut Utara bertemu ini cukup dangkal sehingga permukaan kontak relatif kecil. Tentu saja ada beberapa pencampuran tetapi sangat minim.

Hal ini juga dibantu oleh fakta bahwa Baltik bukanlah pasang yang membuat sebagian besar airnya berada dalam cekungan Baltik dan air ini terus-menerus berkurang salinitasnya oleh sungai yang mengalir ke Baltik. Kalau bukan alasannya lubang kecil ke Laut Utara, Baltik akan menjadi danau air tawar raksasa. Bidang kontak yaitu pemandangan yang bagus untuk disaksikan.

3. Horizontal Falls , Australia

Horizontal Falls

Air Terjun Horizontal atau Horizontal ( dijuluki “Horries” ) yaitu nama yang diberikan untuk sebuah fenomena alam di pantai wilayah Kimberley di Australia Barat.
Meskipun namanya yaitu riam Horizontal, namun ini yaitu fatwa pasang yang bergerak cepat melalui celah sempit, yang menghubungkan dua ngarai dari Range McLarty, yang terletak di Talbot Bay. Arah fatwa berbalik dengan setiap perubahan pasang. Saat pasang di Kimberley mencapai 10 meter, maka timbul perbedaan level laut yang signifikan di kedua sisi setiap ngarai.

Ngarai yang utara (dekat laut) lebarnya yaitu 20 meter dan ngarai bab selatan (lebih pedalaman) lebarnya 12 meter. Ngarai bab dalam ini juga sebagian dialiri oleh air tawar dari Poulton Creek.

4. Kanal yang Dalam di Great Barrier Reef, Australia

Great Barrier Reef

Great Barrier Reef yaitu sistem terumbu karang terbesar di dunia, terdiri dari hampir 3.000 terumbu individu dan 920 pulau-pulau yang membentang sepanjang lebih dari 2.650 kilometer di atas lahan seluas kurang lebih 345.000 kilometer persegi. Terumbu Karang ini terletak di Laut Coral, di lepas pantai Queensland, Australia.

Great Barrier Reef yaitu struktur tunggal terbesar di dunia yang dibuat oleh organisme hidup dan dapat dilihat dari luar angkasa. Struktur karang terdiri dari dan dibangun oleh milyaran organisme kecil, dikenal sebagai polip karang. Ini mendukung keragaman hayati yang luar biasa dan dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 1981. Ini yaitu salah satu dari tujuh keajaiban alam dunia.
Kanal atau saluran yang dalam yang terlihat pada gambar diatas, memisahkan Hook Reef dari Hardy Reef, terumbu kecil yang dimiliki oleh Great Barrier Reef. Kanal ini sering difoto dari pesawat dan merupakan lokasi penting bagi para penyelam scuba.

5. “Air Terjun Bawah Air”, Mauritius

Mauritius

Mauritius yaitu sebuah negara kepulauan secara resmi disebut Republik Mauritius , atau dalam bahasa Prancis, République de Maurice, yang terletak di Samudera Hindia sekitar 2.000 km di lepas pantai tenggara benua Afrika. Sebuah ilusi yang menarik dapat ditemukan di ujung Barat pulau. Jika dilihat dari udara, sebuah limpasan pasir dan endapan lumpur membuat ilusi riam bawah air.

Kesan visual yang menipu ini akan benar-benar terlihat jikalau dilihat dari atas. Bahkan, ilusi ini mampu dilihat di Google Earth.
Tampilan satelit dramatis, menyerupai arus bawah air yang tampaknya muncul dari garis pantai surga tropis ini.

6. Great Blue Hole, Belize

Great Blue Hole

Great Blue Hole yaitu sebuah sinkhole dalam air yang besar di lepas pantai Belize. Itu terletak di akrab sentra Lighthouse Reef, sebuah atol kecil 70 km dari daratan dan Belize City. Lubang dalam bentuk melingkar, dengan diameter 300m di seluruh dan kedalaman 124m. Great Blue Hole yaitu bab dari Belize Barrier Reef Reserve System, sebuah Situs Warisan Dunia UNESCO.

Ini yaitu daerah yang populer di kalangan penyelam rekreasi, yang terpikat oleh kesempatan untuk menyelam dalam air sejernih kristal dan dipenuhi beberapa spesies ikan, termasuk ikan kerapu raksasa, hiu nurse dan beberapa jenis hiu karang menyerupai hiu karang Karibia dan hiu Blacktip.

7. Piramida Ball, Australia

Piramida Ball

Piramida Ball yaitu sisa pengikisan dari gunung berapi perisai dan kaldera. Piramida Ball terletak di 20 kilometer ( 12 mil ) tenggara dari Pulau Lord Howe di Samudra Pasifik. Piramida Ball tingginya 562 meter, sementara panjangnya 1.100 meter dan lebarnya hanya 300 meter, sehingga membuatnya menjadi puing vulkanik tertinggi di dunia. Piramida Ball yaitu bab dari Pulau Lord Howe Marine Park di Australia.

Piramida ini dinamai dengan nama penemunya, Letnan Henry Lidgbird Ball yang menemukannya pada tahun 1788 pada ketika yang sama ia menemukan Pulau Lord Howe. Orang pertama yang mendarat disini diyakini yaitu Henry Wilkinson pada tahun 1882, yang yaitu spesialis geologi Departemen Pertambangan New South Wales. Memanjat Piramida Ball dilarang pada tahun 1982 dengan amandemen UU Howe Island, dan pada tahun 1986 semua jalan masuk ke pulau itu dilarang oleh pemerintah Howe Island. Pada tahun 1990 kebijakan berubah dan memungkinkan beberapa pendakian di bawah persaratan yang ketat.
Pada tahun 2001 , sebuah tim hebat entomologi dan konservasionis mendarat di Balls Pyramid untuk memetakan flora dan fauna. Mereka terkejut, alasannya disana mereka menemukan kembali serangga tongkat (Dryococelus australis) yang telah dinyatakan punah.

8. Malé, Maladewa

Male

Malé yaitu ibukota dan kota terpadat di Republik Maladewa. Secara geografis terletak di tepi selatan dari North Malé Atoll (Atol Male Utara). Pulau Malé ini sangat padat penduduknya, dan bangunan-banguna di seluruh daratan nya.

Hampir dari sepertiga penduduk Maladewa tinggal di ibu kota, dan populasinya telah meningkat dari 20.000 orang pada tahun 1987 menjadi 100.000 orang pada tahun 2006. Banyak, mungkin malah sebagian besar, yaitu pekerja asing di Maladewa.
The Island of Malé yaitu pulau kelima paling padat penduduknya di dunia, dan merupakan pulau ke 168 yang paling banyak penduduknya di dunia. Karena tidak ada pedesaan sekitarnya, seluruh infrastruktur harus berada di kota itu sendiri. Air disediakan dari air tanah didesalinisasi.

9. Atlantic Ocean Road, Norwegia

Atlantic Ocean Road

Atlantic Ocean Road atau Jalan Atlantik yaitu jalan sepanjang 8,3 kilometer ( 5,2 mil ) dari County Road 64 yang melintasi melalui sebuah wilayah kepulauan di Eide dan Averoy di Møre og Romsdal, Norwegia. Jalan ini melewati Hustadvika, bab terlindungi dari Laut Norwegia, yang menghubungkan pulau dengan daratan Averoy dan semenanjung Romsdalshalvøya. Jalan ini juga menghubungkan desa Kårvåg di Averoy dan Vevang di Eida.

Jalan ini dibangun di beberapa pulau kecil dan skerries, yang dihubungkan oleh beberapa dermaga, viaduk dan delapan jembatan – yang paling menonjol yaitu jembatan Storseisundet.
Jalan ini dilestarikan sebagai situs warisan budaya dan diklasifikasikan sebagai National Tourist Route. Ini yaitu situs populer untuk film iklan otomotif, telah dinyatakan sebagai perjalanan terbaik di dunia, dan telah dianugerahi gelar sebagai “Norwegian Construction of the Century”.

10. Rock Islands, Palau

Rock Island

Kepulauan Rock, Palau yaitu koleksi kecil kerikil kapur atau uprises karang, peninggalan kuno terumbu karang yang keras muncul membentuk Kepulauan di Southern Lagoon Palau, antara Koror dan Peleliu, dan sekarang merupakan bab dari wilayah Koror. Ada antara 250 hingga 300 pulau dalam kelompok sesuai dengan sumber yang berbeda, dengan luas keseluruhan 47 kilometer persegi dan ketinggian hingga 207 meter. Mereka yaitu Situs Warisan Dunia semenjak 2012.

Pulau-pulau yang sebagian besar tak berpenghuni dan terkenal alasannya pantainya, laguna birunya dan bentuk aneh menyerupai payung dari banyak pulau-pulau itu sendiri. Rock Islands dan terumbu karang di sekelilingnya membuat situs wisata populer Palau ini menyerupai Blue Corner, Blue hole, Jerman Channel, Pulau Ngermeaus dan Jellyfish Lake yang terkenal. Salah satu dari banyak danau laut di Rock Islands yang menyediakan rumah dan keamanan untuk beberapa macam ubur-ubur stingless hanya ditemukan di Palau.

Ini yaitu tujuan menyelam yang paling populer di Palau, dan memperlihatkan yang terbaik dan paling beragam dari beberapa daerah menyelam di planet ini. Banyak pulau-pulau ‘menampilkan bentuk menyerupai jamur dengan dasar yang lebih kecil daripada apa yang ada di atasnya. Lekukan berasal dari pengikisan dan dari padatnya komunitas spons, bivalvia, kiton, siput, landak laut dan lain-lain yang merumput sebagian besar pada alga.