Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

Tips Agar Berhenti Merokok


Berhenti Merokok
KESEHATAN - Sekarang sudah tidak jarang lagi banyak orang yang kembali pada gaya hidup lama dengan jumlah rokok yang mungkin dapat lebih banyak lagi yang dihisap. Sebagian orang telah mencoba aneka macam cara berhenti merokok berkali-kali, namun tidak berhasil. 

Hal ini sebab banyak godaan untuk merokok, terutama faktor lingkungan sekitar ibarat teman-teman dapat menyulitkan untuk berhenti merokok dan bahkan tidak jarang untuk kembali menjadi seorang perokok. Buat kalian yang ingin berhenti merokok, berikut ialah tips buat kalian biar berhenti merokok:

1. Tekad Batin yang Kuat

Pertimbangkan terlebih dahulu untuk membuat sebuah daftar alasan berhenti merokok untuk bertujuan menopang tekad. Alasan spesifik, ketika ini ibarat untuk membuat hidup yang lebih baik dan aneka macam alasan-alasan untuk berhenti merokok pada masa mendatang. Dapatkan juga beberapa fakta sejarah di balik rokok dan apa yang terjadi pada pecandu perokok di kemudian hari yang dapat Anda cari di internet. Hal ini bertujuan untuk mengetahui keuntungan dari industri rokok tersebut dan aneka macam alasan medis yang mengerikan perihal menghisap rokok.

2. Berpikir Positif

Berpikir kasatmata dan yakin untuk berhasil berhenti merokok. Telah banyak waktu serta energi untuk merencanakan bagaimana berurusan untuk mengikuti cara berhenti merokok. Percayalah bahwa bisa bertahan hingga benar-benar berhenti merokok. Berikan sebuah penghargaan tersendiri pada diri sendiri ketika uang yang biasanya digunakan untuk rokok ini dan sekarang digunakan untuk membeli sebuah benda-benda kesukaan.

3. Atur Target Waktu

Berhenti merokok tidak dapat eksklusif berhenti dengan begitu saja, itu mungkin akan menjadi sangat sulit untuk dilakukan dan akan terasa menyiksa. Dengan mengurangi sedikit demi sedikit, namun juga diharuskan untuk menentukan waktu untuk berhenti merokok. Pasang target waktu mungkin dapat sekitar antara 2 hingga 3 ahad untuk dapat berhenti merokok. Cara berhenti merokok ini mungkin sangat efektif.

4. Dukungan Dari Teman serta Keluarga

Agar proses berhenti merokok dapat berjalan dengan lancar, mintalah santunan dari sobat dan keluarga untuk mengingatkan biar tidak merokok. Selain keluarga tugas teman-teman terdekat anda juga dapat membantu perjuangan anda untuk berhenti merokok.

5. Tidur Lebih Banyak

Cobalah untuk tidur lebih banyak dari biasanya. Hal ini bertujuan sebab badan serta jiwa akan menjadi lebih lelah sebab terdapat tekanan untuk berhenti merokok sehingga hal ini membutuhkan istirahat yang lebih banyak. Selain itu, jam tidur ialah ketika dimana tidak berpikir untuk merokok.

6. Mulai dengan Cara Mudah

Rekamlah dalam kondisi apa Anda sedang merokok ibarat ketika bosan, kesepian, cemas, dan sebagainya. Beri nilai 0 hingga dengan 5 dan kriteria nilai 0 ialah “seperti kereta api” serta kriteria nilai 5 ialah “hanya kalau diperlukan”. Cari pada diri sendiri ketika Anda ibarat apa sedang merokok serta kriteria “seperti kereta api". Buatlah upaya dengan bagaimana caranya untuk memulai berhenti merokok bertahap. Cara ini merupakan salah satu awal yang baik dan meningkatkan kepercayaan diri untuk tetap melanjutkan tahap-tahap selanjutnya untuk cara berhenti merokok.

7. Cari Kegiatan yang Menyibukkan

Salah satu cara berhenti merokok dapat dengan cara mencari aktivitas yang menyibukkan. Hindari terjebak dalam kesendirian, hal ini mungkin dapat menjadikan harapan untuk merokok lagi. Cari sebuah aktivitas yang dapat membuat lupa untuk merokok ibarat bersepeda, bekerja, berolahraga, dll. Dengan aktifitas yang banyak dan mungkin terlalu padat tersebut, maka waktu akan membuat harapan untuk semakin melupakan rokok sebab tidak ada cukup waktu melaksanakan itu.

8. Kunjungi Tempat Tanpa Asap Rokok

Dengan mencoba menghabiskan waktu berjam-jam di daerah yang tidak diperbolehkan merokok, ibarat daerah perpustakaan, toko buku, dan sebagainya. Apabila sedang mengunjungi suatu daerah bersama teman-teman, pilihlah daerah yang non-smoking area.

9. Minum Air Putih yang Banyak

Cobalah untuk minum air putih yang lebih banyak dari sebelumnya. Hal ini sebab air bermanfaat untuk membantu dalam menghilangkan aneka macam racun yang ditimbulkan dari merokok yang telah terakumulasi dalam badan dan sekaligus dapat membantu mengurangi harapan untuk merokok.

10. Hindari Kebiasaan yang Membuat Ingin Merokok

Hindari kopi, alkohol, program malam, dan sebagainya yang biasanya dapat membuat harapan untuk merokok. Lawan godaan tersebut serta cobalah untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat ibarat produk olahan susu, buah-buahan dan sebagainya. Selain itu hindari juga kebiasaan yang biasanya sering dikombinasikan dengan merokok ibarat pada ketika menonton televisi, bermain game, membaca, dan sebagainya.

11. Cari Pengganti Rokok

Apabila dalam beberapa hari pertama gagal untuk berhenti merokok, cobalah untuk menggunakan pengganti rokok, ibarat : permen karet. Ini dapat membantu menyingkirkan kebiasaan mencari rokok yang akibatnya dapat membantu berhenti merokok.

12. Merokok Secara Sadar

Merokok secara sadar maksudnya ialah ketika sedang merokok, coba katakanlah terhadap diri Anda sendiri “sekarang saya akan merokok”. Cara ibarat ini mungkin dapat bisa membantu melepas rokok secara perlahan. Menyadari merokok dan dalam jangka waktu yang panjang akan membantu mengatasi persoalan “merokok tanpa sadar".

13. Mencoba Akupuntur

Akupunktur dapat menjadi sebuah metode alami dalam pengobatan ketergantungan terhadap nikotin dan tanpa rasa sakit serta aman. Akupunktur dapat mengurangi intensitas gejala ibarat tekanan psikologis, perasaan cemas, depresi, dan sebagainya yang diakibatkan sebab penggunaan nikotin. Akupunktur juga dapat meningkatkan vitalitas serta kesuburan dan dapat membantu otak berpikir lebih jernih.

14. Sibukkan Diri Setelah Makan

Banyak para pecandu rokok yang bahkan setelah makan mereka sering menghisap rokok, namun kalau sudah bertekad berpengaruh untuk berhenti merokok, Anda harus benar–benar berhenti. Menghilangkan kebiasaan ibarat itu dapat dengan cara setelah makan eksklusif menggosok gigi dan sebaginya. Dengan melaksanakan cara itu dapat melupakan harapan merokok setelah makan. Meskipun cara ini agak berat, kalau sudah bertekad berpengaruh dan melaksanakan dengan rutin secara bertahap mungkin akan terbiasa.

15. Konsultasi dengan Dokter

Bertanyalah kepada dokter atau mahir kesehatan mengenai bagaiman cara berhenti merokok. Terkadang dokter atau mahir kesehatan memiliki sebuah resep yang dapat menghilangkan ketergantungan terhadap nikotin yang terkandung dalam rokok.


loading...