Tips Tetap Sehat Selama Puasa

Sehat Selama Puasa

KESEHATAN - Sangat penting untuk menjaga kesehatan ketika sedang berpuasa. Agar dapat menjalankan puasa dengan baik diharuskan untuk memperhatikan pola makan dan pola tidur, karena selama berpuasa tubuh tidak menerima asupan makanan maupun cairan. Agar tubuh tetap sehat dan fit ketika berpuasa, berikut yakni Tips Tetap Sehat Selama Puasa:

1. Menu yang dimakan ketika sahur dapat mensugesti kinerja tubuh selama seharian puasa. Mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks menyerupai jagung, ubi, roti gandum, oatmeal, singkong, dan nasi merah sangat perlu karena dapat membantu menahan lapar lebih dari 6 jam. Sayur, protein, dan buah serta air putih yang cukup juga dapat membantu menjaga stamina ketika berpuasa.

2. Pada dikala berbuka puasa makanlah dengan secukupnya. Memakan makanan dengan banyak hanya akan membuat perut terasa sesak akhir lambung akan mengecil dan enzim-enzim pencernaan berkurang. Para pakar kesehatan menganjurkan untuk makan secara bertahap, mulai dari air putih beberapa teguk, sedikit makanan manis, dan sekitar setengah atau satu jam gres makan besar.

3. Mengonsumsi makanan atau minuman manis memang sangat dianjurkan ketika berbuka puasa, karena dapat memulihkan energi setelah seharian berpuasa. Tapi yang salah yakni porsi makanan atau minuman manis yang dikonsumsi terlalu banyak, apalagi rasa manis tersebut terbuat dari gula.

4. Hindari mengonsumsi makanan yang berminyak. Makanan yang berminyak akan membuat sel darah merah mengumpul sehingga dapat menjadikan pedoman oksigen menjadi berkurang sampai 20 persen.

5. Pada dikala makan malam, pastikan untuk tidak makan terlalu banyak untuk mencegah obesitas. Selain itu, hindari meminum kopi dan soda karena dapat membuat sulit tidur dan menimbun banyak lemak. Ganti minuman tersebut dengan jus buah atau air mineral.

6. Mengatur pola tidur juga merupakan hal penting. Mengantuk ketika puasa bukan disebabkan karena tidak makan dan minum seharian, melainkan karena tidak memiliki waktu tidur yang cukup. Jika harus berdiri pagi untuk menyiapkan makan sahur, maka malam harinya tidak diperbolehkan begadang untuk keperluan yang tidak terlalu penting.

7. Ada baiknya sebelum puasa untuk mengonsultasikan kesehatan dengan dokter. Tanyakan mengenai pola makan, waktu yang sempurna untuk meminum obat atau multivitamin dan juga jenis olahraga yang disarankan untuk dilakukan selama berpuasa.

Untuk mengetahui makanan yang sehat untuk berbuka puasa dan beberapa pola menunya yang praktis mampu baca artikel: Menu Makanan Sehat Dan Praktis Untuk Buka Puasa