Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

Diet Yang Benar Tidak Harus Menghindari Karbohidrat


Diet

KESEHATAN - Karbohidrat ialah nutrisi yang merupakan sumber utama energi dari nutrisi makro yang utama selain lemak dan protein yang harus ada dalam referensi gizi seimbang untuk menentukan kesehatan badan kita. Karbohidrat tak hanya di beras dan jagung melainkan ada juga di singkong, kentang, ubi jalar, gandum dan juga dari biji-bijian dan buah buahan dan lain sebagainya. Selain dari pangan nabati karbohidrat juga terdapat dalam materi hewani ibarat susu. karbohidrat ada dua jenis yaitu kompleks dan sederhana.

Karbohidrat sederhana ialah gula yang terdapat dalam buah (dalam bentuk sukrosa dan fruktosa) serta susu dalam bentuk laktosa. Sedangkan karbohidrat kompleks meliputi biji-bijian utuh (beras, jagung, gandum dan lain jenisnya). Karbohidrat kompleks ketika berada di kanal cerna di pecah menjadi karbohidrat sederhana (sukrosa) yang dipecah lebih kecil menjadi glukosa. Glukosa inilah yang di manfaatkan badan menjadi sumber energi. alasannya ialah setiap hari kita membutuhkan energi , otomatis setiap hari kitapun membutuhkan karbohidrat.

Karbohidrat yang kita konsumsi melebihi kebutuhan harian, sisa karbohidrat yang tidak di bakar menjadi energi itu akan ditimbun oleh badan di dalam sel hati dan sel-sel otot dalam bentuk glikogen. Dan akan digunakan apabila badan membutuhkan energi yang besar namun asupan karbohidrat sedikit, cadangan glikogen akan dibongkar untuk diubah menjadi glukosa yang selanjutnya akan dibakar menjadi energi.

Karbohidrat yang harus kita konsumsi untuk memenuhi sumber energi sebesar 45-65% dari total kalori harian. Karbohidrat bukan penyebab dari kegemukan, alasannya ialah penyebab kegemukan bukanlah dari karbohidratnya melainkan jumlahnya. Selain karbohidrat lemak dan protein kalau dikonsumsi terlalu banyak mampu juga menjadi penyebab kegemukan.
loading...