10 Terbesar di Alam Semesta

Apakah Anda pikir piramida yang besar? Bagaimana tentang Burj Dubai? Keduanya tidak ada apa-apanya dibandingkan gunung Everest. Semua hal yang disebut diatas adalah hal yang besar dilihat dari perspektif dunia sehari hari manusia. Tapi hal hal tersebut menjadi hal yang mikroskopik bila dibandingkan dengan beberapa hal yang ada di alam semesta ini.



Asteroid Terbesar
Ceres adalah asteroid terbesar di tata surya kita yang diketahui sejauh ini. Diameternya hampir 600 mil sepanjang California. Hal ini cukup membuat kuatan gravitasinya untuk memaksanya memiliki bentuk bola, dan karena itulah Ceres termasuk  'planet kerdil'. Besar massa ceres adalah 25% dari massa total sabuk asteroid. Jika Anda mengambil semua asteroid di sabuk asteroid dan menyatukannya, maka besarnya hanya akan menjadi  sekitar 2,5 kali lebih besar daripada Ceres.




Planet Terbesar
WASP-17b memiliki diameter sekitar dua kali diameter planet jupiter, namun kerapatan massanya hanya setengah kali kerapatan massa Jupiter (1.326 g/cm3) yaitu sekitar 0,08 sampai 0,19 g/cm3. Artinya planet ini hanyalah seperti foam dan akan mengapung jika dimasukkan ke kolam renang (tentun kolamnya harus lebih besar dari planet ini). WASP-17b adalah eksoplanet pertama yang diketahui memiliki orbit yang berlawanan dengan orbit bintang tempat dia mengorbit. Planet gas ini diperkirakan mengembang sedemikian besar karena panas yang intens dari mataharinya, mengingat jarak planet ini ke mataharinya hanya sekitar 7 juta kilometer, atau 8 kali lebih dekat dari jarak merkurius ke matahari kita. Untuk mengelilingi bintang ini satu kali, kendaraan tercepat di bumi akan memerlukan waktu sekitar 2600 tahun.




Bintang Terbesar
VY Canis Majoris (VY CMa) adalah bintang maha maharaksasa merah yang terletak di rasi Canis Major. Dengan antara 1800 sampai 2100 kali radius Matahari, (8.4-9.8 SA (satuan astronomi), 3063 juta km atau 1.7 miliar mil dalam diameter), membuat VY CMa menjadi bintang paling besar dan juga menjadi salah satu bintang paling bercahaya yang pernah diketahui selama ini. Bintang ini terletak sekitar 1.5 kiloparsec (4900 tahun cahaya, 4.6×1016km atau 2.9×1016mil) dari bumi. Tidak seperti kebanyakan bintang maharaksasa lainnya, yang biasanya bersistem bintang ganda, VY CMa adalah bintang tunggal. VY CMa dikategorikan sebagai bintang variabel semi-regular.




Galaksi Terbesar
Sebuah galaksi super adalah galaksi yang telah bergabung dengan banyak galaksi lain dan berada di tengah-tengah cluster galaksi. Yang terbesar yang kita telah ditemukan sejauh ini, adalah Galaksi Super IC 1101. Diameter galaksi ini sekitar 6 juta tahun cahaya. Bandingkan dengan galaksi kita BimaSakti yang hanya 100 ribu tahun cahaya. Galaksi IC1101, besarnya 60 kali lebih besar dari Bimasakti.




Black Hole Terbesar
Lubang hitam tidak tidak besar secara fisik. Tapi massa lubang hitam dapat disejajarkan dengan massa obyek obyek terbesar di alam semesta. Dan Quasar OJ287 yang adalah blackhole ganda, salah satu black hole nya adalah black hole terbesar yang pernah diketahui selama ini. Diperkirakan massanya 18 miliar kali massa matahari kita dan merupakan lubang hitam supermasif yang terletak di pusat galaksi.




Radio Lobus Terbesar
Lobus radio dipicu oleh disk akresi lubang hitam supermasif, yang duduk di pusat galaksi. Saat blackhole mengkonsumsi material, sebagian energi dan materi terlempar dengan kecepatan tinggi terjadi di kutub kutub lubang hitam. Emisi ini dalam bentuk jet energi radio dan dapat dilihat dengan teleskop radio. Yang terbesar adalah lobus radio pada galaksi 3C236 yang terletak di konstelasi Leo minor. Rentang satu sisi jet ini hingga 40 juta tahun cahaya. Dari ujung ke ujung jet jauh lebih besar dari galaksi apapun.




Lyman Alpha Blobs
Blobs adalah salah satu fase hidup yang sangat singkat dari kelahiran cluster galaksi. Blob adalah objek amorf yang berisi gas yang belum sepenuhnya bersatu atau terikat secara gravitasional. Bentuk blob menyerupai amuba atau ubur-ubur. Salah satu yang terbesar yang diketahui adalah blob yang panjangnya 200 juta tahun cahaya yang terletak di konstelasi Aquarius.




Boötes Void
Galaksi biasanya berada dalam kelompok termasuk galaksi Bima Sakti, juga demikian. Cluster diikat oleh gravitasi dan mengembang bersama dengan ruang dan waktu itu sendiri. Daerah atau ruang kosong di mana tidak dijumpai cluster dinamakan Voids. Void seperti lubang dialam, dan yang terbesar adalah Void Boötes. Wilayah 'ketiadaan' dari void Boötes berdiameter sekitar 250 juta tahun cahaya, atau sekitar 2.500 galaksi Bima Sakti dapat ditempatkan berdampingan dalam Void Boötes.




Shapley Super Cluster 
Ini adalah objek yang terikat secara gravitasional yang paling besar yang saat ini diketahui. Superkluster Shapley adalah kumpulan galaksi yang mencapai panjang sekitar 400 juta tahun cahaya, atau 4000 kali panjang galaksi Bima Sakti kita. Pesawat ruang angkasa tercepat di bumi akan memerlukan waktu triliunan tahun untuk melintasinya.




Cosmic Web
Kebanyakan astronom setuju bahwa hal terbesar di alam semesta adalah web/jaring kosmik. Ini adalah perancah tak berujung dari cluster dan superkluster galaksi yang dikelilingi oleh materi gelap. Bentuknya mirip dengan jaring laba-laba tiga dimensi, terdiri dari materi gelap dan galaksi. Clusters galaksi dan materi gelap membuat "hub" dan filamen galaksi menghubungkan hub menghasilkan penampilan/bentuk seperti web/jaring (lihat gambar diatas). Seberapa besarkah web? Jika galaksi Bima Sakti adalah biji poppy, maka jaringan kosmik dari alam semesta teramati akan menjadi seukuran stadion Rose Bowl.

Baca Juga :


sumber