Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

Kenalan yuk dengan Pencipta Android

Menyebut android, rasanya nama ini sudah demikian populer di seluruh dunia. Namun pernahkah Anda bertanya mengapa lambangnya robot dan siapa sih penciptanya?

Andy Rubin, pria kelahiran New Bedford 22 Juni 1946. Inilah sosok dibalik sistem operasi yang sangat sukses menghiasi ponsel-ponsel pintar generasi akhir. Rubin adalah enterpreneur yang pantang menyerah. Jauh sebelum bergabung dengan Google ia beberapa kali membangun perusahaan dan hancur. Kemudian membuat perusahaan baru lagi dengan ide-ide baru, lalu bangkrut lagi.
idownloadblog
Rubin pernah bekerja di perusahaan Apple di bagian manufaktur. Ia bekerja di bawah kepemimpinan CEO John Sculley pada 1989, sebelum Steve Jobs mengambil alih kepemimpinan. Namun kariernya di Apple tidaklah mulus ketika Andy dipindahkan ke bagian riset dan bekerja di anak perusahaan Apple, General Magic. 
Anak perusahaan Apple itu berfokus pada pembuatan piranti lunak dan menghasilkan Magic Cap. Namun sayang Magic Cap sepi peminat dan General Magic akhirnya gulung tikar.

Mantan karyawan dan veteran Apple kemudian sepakat membangun perusahaan baru bernama Artemis Research pada 1995. Perusahaan yang berfokus pada pengembangan tayangan televisi yang digabung dengan internet, dan berganti nama menjadi MSN TV. Perusahaan itu diakuisisi oleh Microsoft, dan akhirnya Andy keluar dari perusahaan pada 1999, menyewa sebuah ruko di Palo Alto, California, dan memuaskan dahaganya untuk menciptakan berbagai macam robot.

Oh ya, saat Rubin lulus kuliah ia bekerja di bagian robotika pada perusahaan Carl Zeiss A.G. Dari sinilah minatnya pada dunia robot semakin menjadi-jadi. Karena ini pula yang jadi alasan android ciptaannya memakai lambang robot.

Ok, kembali ke tahun 1999 saat Rubin menyewa ruko dan menciptakan robot, ia juga akhirnya membuka perusahaan lagi. Kali ini idenya mengembangkan sebuah perangkat laiknya ponsel yang memiliki kelebihan untuk mengakses data pada perusahaan bernama Danger Inc. Seperti PDA, namun Andy mengatakan perangkatnya bukanlah PDA, tapi lebih dari itu. Ia menyebutnya Sidekick. Hingga akhirnya perusahaan kembali dibeli Microsoft dan Andy lagi-lagi keluar di tahun 2003.

Setahun sebelum keluar dari perusahaan yang diakuisisi Microsoft tersebut, Rubin sempat memberikan kuliah tamu pada suatu universitas tentang keunggulan Sidekick di tahun 2002. Pada saat itu pula pendiri Google, Lary Page dan Sergei Brin, mengikuti kuliah tersebut. Petinggi Google menghampiri Andy seusai acara dan amat tertarik dengan idenya. Dan lagi-lagi Andy membangun perusahaan baru bernama Android Inc pada 2003 dengan mengembangkan program Sidekick. Hingga pada 2005 Android dibeli oleh raksasa Google. Dan mulai saat itulah Android menjadi sistem operasi ponsel-ponsel di seluruh dunia.

Baca Juga :


sumber
loading...