Penelitian : Bernyanyi Di Kamar Mandi Dapat Meningkatkan Kreatifitas

Kebiasaan Bernyanyi Di Kamar Mandi Dapat Meningkatkan Kreatifitas

Kalian suka bernyanyi di kamar mandi? Jika iya, jangan hentikan kebiasaan tersebut. Karena ternyata kebiasaan itu bisa memberikan manfaat positif pada otak. Penelitian terbaru mengungkap bahwa bermain air guitar atau bernyanyi di kamar mandi ternyata bisa membantu musisi meningkatkan kreativitas mereka.

Hasil mengejutkan ini didapatkan setelah peneliti melihat video para musisi yang tengah berlatih alat musik. Miriam James, seorang peneliti dari Cambridge University menjelaskan bahwa aktivitas seperti air guitar, bernyanyi di kamar mandi, bersenandung, dan lainnya tak bermanfaat. Namun ternyata hasil mengatakan sebaliknya. Para musisi seringkali mendapatkan inspirasi yang tak bisa mereka dapatkan saat bermain dengan alat musik sesungguhnya.

Penelitian yang dilakukan dengan kerjasama dari University of Oxford, King's College London, dan Royal Holloway ini menemukan bahwa para seniman seringkali menemukan ide kreatif ketika mereka jauh dari alat musik. Salah satunya adalah seorang pemain terompet. Dari 34 video yang direkam ketika pemain tersebut menemukan inspirasi, sebagian besar terjadi ketika dia tengah melakukan hal lain selain bermain musik.

"Dia bernyanyi, bersiul-siul, atau memainkan alat musik lain," ungkap peneliti, seperti dilansir oleh Metro (01/10).

Setelah menemukan inspirasi dari berbagai kegiatan ringan tadi, dia kemudian kembali memainkan terompetnya dan mengeksekusi ide yang didapatkannya. Sementara itu, mahasiswa musik lainnya mengaku mendapatkan ide saat berjalan-jalan, mencuci piring, atau bernyanyi di kamar mandi.

Meski begitu, profesor John Rink dari Cambridge menjelaskan bahwa aktivitas ringan tadi tak bisa meningkatkan kemampuan seseorang dalam bermusik. Aktivitas itu bisa memunculkan kreativitas, namun musisi masih harus bekerja keras dengan alat musik mereka.



sumber