Inilah Wisatawan Paling Sial Sejagat

UNTUK masuk ke sebuah negara, wisatawan tak hanya butuh paspor tapi juga visa yang diberlakukan negara-negara tertentu. Sayangnya peraturan visa ini tidak merata di seluruh dunia.


Ada paspor yang memberikan pemegangnya kebebasan untuk masuk suatu negara tanpa harus menggunakan visa, namun ada juga yang paspornya hanya bisa bebas visa ke sedikit negara saja. Inilah yang kerap kali menjadi halangan bagi wisatawan untuk pelesir keliling dunia. Wisatawan yang paspornya hanya bisa masuk ke sedikit negara tanpa visa tentu merasa menjadi wisatawan paling sial sedunia.

Sebuah perusahaan konsultan Henley and Partners merilis data paspor yang paling buruk di dunia karena tidak dapat masuk ke banyak negara tanpa visa. Data ini didapat dengan menganalisa regulasi visa di seluruh dunia.

Ternyata paspor yang paling buruk di dunia adalah paspor Afghanistan. Pemegang paspor Afghanistan hanya dapat mengunjungi 23 negara tanpa Visa, diikuti Irak (31), Somalia dan Pakistan (32) serta Palestina (36).

Sementara itu wisatawan yang paling bebas masuk ke banyak negara tanpa menggunakan visa adalah wisatawan dari Eropa. Finlandia, Swedia dan Inggris menempati peringkat teratas karena dapat berwisata ke 173 negara tanpa harus mengajukan visa.

"Di masa yang global seperti ini, regulasi visa memerankan peranan penting dalam pergerakan wisatawan antar negara," ujar juru bicara Henley & Partners, seperti dikutip dari News, Sabtu (5/10/2013).

"Regulasi visa ini juga merupakan cerminan hubungan diplomatik antar-negara," tambahnya.

Sumber