Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

Apa?! Duduk Tegak Ternyata Tidak Baik Bagi Kesehatan

Banyak orang mengira duduk yang baik adalah duduk dengan posisi tegak. Di mana punggung dan paha kita membentuk sudut 90 derajat. Namun dari sebuah penelitian dari Skotlandia dan Kanada, mereka mengatakan bahwa posisi duduk yang tepat adalah 135 derajat. Dengan kata lain, punggung Anda bisa sedikit lebih santai dan bersandar.

Duduk tegak ternyata kurang baik bagi kesehatan punggung. Para peneliti ini menggunakan MRI atau Magnetic Resonance Imaging untuk mengetahui area tubuh punggung yang mengalami masalah ketika sedang duduk tegak.

Ternyata ditemukan sebuah fakta bahwa orang akan lebih sering mengalami sakit punggung tengah hingga bawah ketika terlalu lama duduk dengan posisi tegak. Rata-rata orang menghabiskan 8-10 jam untuk duduk setiap hari. Itu pun dengan berbagai posisi yang menjadi kebiasaan seseorang saat duduk.

Kita seringkali disarankan untuk duduk tegak, tujuannya adalah mencegah kita bungkuk akibat duduk tegak terlalu lama. Namun duduk dengan posisi sedikit bersandar juga tidak terlalu buruk dan memberi kesempatan pada punggung agar lebih rileks dan nyaman.

Kebiasaan duduk tegak memang baik, namun memberikan tekanan pada punggung bawah dan perut. Hal tersebut bisa menyebabkan kita mengalami sakit punggung ringan hingga kronis. Namun Dr. Waseem Bashir dari Rumah Sakit Alberta mengatakan bahwa posisi duduk tegak maupun 135 derajat tak selalu menentukan sakit tidaknya punggung.

Pada dasarnya tubuh kita tak didesain untuk diam, apalagi diam terlalu lama. Yang bisa menyelamatkan kita dari rasa sakit ketika kita duduk adalah gerak di sela-sela duduk. Misalnya ketika kita sudah duduk selama sejam atau setengah jam, tak ada salahnya untuk bergerak. Berjalan ke toilet atau mencari udara segar bisa membantu memberi kesempatan pada tubuh untuk lebih banyak bergerak.

Nah, duduk tegak memang baik untuk postur, namun kurang baik untuk kesehatan punggung bawah Anda. Sementara itu duduk bersandar juga baik untuk kesehatan punggung Anda, namun akan lebih baik bila kedua cara duduk ini digunakan secara bergantian dengan selingan gerakan ringan. Sehingga tubuh kita tak akan kaku dan sakit pada persendian.

loading...