Negara Ini Membayar Siswanya Jika Mau Bersekolah

UNIK MENARIK - Biaya pendidikan terbilang cukup mahal. Biaya untuk masuk taman kanak-kanak di beberapa negara mampu mencapai 10 juta rupiah, itupun sekolah standar dan belum sekolah internasional. Dan bahkan untuk masuk perguruan tinggi tinggi mampu mencapai angka ratusan juta sampai milyaran.

Kondisi yang berbeda terjadi di empat negara ini. Untuk membantu warga negaranya empat negara ini berani membayar warganya kalau ingin bersekolah. Dimana pemerintahnya sudah menyediakan uang untuk warganya supaya mampu bersekolah dari Sekolah Dasar sampai Pasca-Sarjana. Berikut yakni negara-negara yang membayar siswanya kalau mau sekolah:

1. Australia


Australia

Australia memiliki banyak beasiswa untuk warga negaranya sendiri. Terutama bagi warga negaranya yang memilih pendidikan pasca-sarjana. Berbeda dengan warga negaranya, di Australia sulit untuk menerima beasiswa kalau berstatus warga negara asing.

2. Denmark


Denmark

Pemerintah Denmark membayar mahasiswa di negaranya kalau mahasiswa tersebut memilih untuk tinggal terpisah oleh orang tuanya, pemerintah tempat membantu biaya hidup para mahasiswa di daerahnya sekitar US$900 atau sekitar Rp11,9 juta. Semua warga Denmark mendapat hak ini kalau berusia diatas 18 tahun dan akan didanai sampai enam tahun selepas lulus SMA.

3. Finlandia


Finlandia

Di Finlandia juga memudahkan pendidikan bagi warga negaranya mulai dari taman kanak-kanak sampai SMA. Para siswa juga menerima uang dari pemerintah selama bersekolah.

4. Swedia


Swedia

Pemerintah di Swedia membayar siswanya sebesar US$187 atau sekitar Rp2,4 juta setiap bulan. Jumlah biaya tersebut cukup untuk menutup ongkos makan, suplai, dan kebutuhan lainnya.