Sejarah Nama Google

PENGETAHUAN - Google yakni sebuah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang dikhususkan pada jasa dan produk Internet. Produk-produk tersebut meliputi teknologi pencarian, komputasi web, perangkat lunak, dan periklanan daring. Sebagian besar laba yang diperoleh berasal dari AdWords.

Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin pada ketika masih mahasiswa Ph.D. di Universitas Stanford. Mereka berdua memegang 16 persen saham perusahaan. Mereka menyebabkan Google perusahaan swasta pada tanggal 4 September 1998. Pernyataan misinya yakni "mengumpulkan isu dunia dan membuatnya dapat diakses dan bermanfaat oleh semua orang", dan slogan tidak resminya yakni "Don't be evil". Pada tahun 2006, kantor sentra Google pindah ke Mountain View, California.

Google
Google

Sejarah dukungan nama Google sendiri bermula pada sebuah proyek yang dikerjakan oleh Larry Page dan Sergey Brin pada tahun 1996. Pada ketika itu mereka berkolaborasi untuk membuatkan mesin pencari berjulukan BackRub, yang dioperasikan menggunakan server kampus mereka di Universitas Stanford. 

Pada tahun 1997, Larry dan Sergey mengganti nama BackRub menjadi Googol. "Googol" merupakan istilah matematika untuk angka 1 yang diikuti oleh 100 angka nol. Nama tersebut diambil untuk menjelaskan misi Google sebagai gudang isu yang tidak terbatas di internet. 

Tetapi, para investor salah mengeja nama Googol menjadi Google, dan mereka terlanjur menuliskan dalam cek. Hal itu membuat Larry dan Sergey kesudahannya menggunakan nama Google untuk mesin pencari mereka.

Hingga ketika ini ratusan startup (perusahaan rintisan) yang diakuisisi oleh Google, menyerupai Youtube, Android, Motorola Mobility, Pyra Labs yang membuatkan Blogger, dan Keyhole Inc yang membuat layanan Google Map dan Google Earth.

Google
Kantor Pertama Google


Dari semenjak pertama dibuat hingga sekarang halaman muka Google tampil bersih hanya menampilkan logo dan kotak pencarian. Hal ini sebab dulu kedua pendirinya tidak menguasai HTML dan juga menginginkan mesin pencari dengan antarmuka yang ringkas. Dan hingga sekarang masih tetap dipertahankan.

Hingga sekarang perusahaan Google sendiri dikenal sebagai perusahaan digital paling besar dan besar lengan berkuasa di dunia, dan semua isu yang ada di dunia juga tersedia di Google.