Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

Sejarah Kartu Kuning Dan Merah Di Sepakbola

PENGETAHUAN - Bagi para penggemar sepakbola pasti sudah tidak ajaib dengan kartu kuning dan kartu merah. Ternyata kartu kuning dan kartu merah belum ada semenjak pertama kali olahraga sepakbola diperkenalkan.

Kartu kuning dan kartu merah pertama kali muncul dan gres diperkenalkan pada Piala Dunia tahun 1970. Ide munculnya kartu kuning dan kartu merah berawal dari kejadian Piala Dunia tahun 1966. Pada ketika itu sedang terjadi pertandingan di perempat selesai antara tuan rumah Inggris dan Argentina. Pada ketika itu wasit yang memimpin pertandingan tersebut berasal dari Jerman, adalah Rudolf Kreitlein. Pada ketika itu kapten Argentina yang berjulukan Antonio Rattin melaksanakan pelanggaran keras. Dan pada ketika itu juga Kreitlein mengeluarkan Rattin dari pertandingan. Namun Kreitlein mengatakan dengan bahasa Jerman yang tidak dimengerti oleh Rattin. Oleh karena itu, kapten Argentina tidak segera meninggalkan lapangan.

Kartu Kuning Dan Merah


Ken Aston, wasit asal Inggris yang juga wasit dalam pertandingan tersebut masuk ke dalam lapangan dan menjelaskan kepada Rattin dengan sedikit bahasa Spanyol. Karena kasus ini, Ken Aston berfikir harus ada komunikasi universal yang mampu dilakukan dan diketahui semua orang ketika wasit memberi peringatan atau mengeluarkan pemain dari lapangan, sehingga wasit tidak perlu membuat penjelasan dengan bahasa yang mungkin tidak diketahui oleh pemain.

Suatu hari Aston berhenti diperempatan jalan dan melihat lampu lalu lintas, kemudian ia mendapatkan ide. Setelah itu Aston dibekali kartu kuning dan kartu merah. Kartu kuning berkhasiat untuk memberi peringatan keras atau sanksi ringan kepada pemain yang melaksanakan pelanggaran. Dan kartu merah berkhasiat untuk sanksi berat, dan pemain yang melaksanakan pelanggaran berat itu harus meninggalkan lapangan.

FIFA mendapatkan inspirasi itu pada Piala Dunia 1970, kartu kuning dan kartu merah pertama kali digunakan. Namun pada sepanjang pertandingan Piala Dunia 1970 tidak satu pun pemain yang terkena kartu merah. Hanya kartu kuning yang sempat dilayangkan

Antonio Rattin
Foto dikeluarkannya Antonio Rattin pada Piala Dunia 1966 sebelum adanya kartu merah dan kuning
Sumber Foto: Wikipedia
loading...