Pasta Gigi Disebut Odol ? Ini Alasannya

PENGETAHUAN - Pasta gigi yaitu sejenis pasta yang digunakan untuk membersihkan gigi, biasa digunakan dengan sikat gigi. Di Indonesia sendiri pasta gigi juga sering disebut odol. Namun kenapa sering disebut odol ? Sebenarnya Odol yaitu salah satu merek pasta gigi asal Jerman yang dibawa oleh para tentara Hindia Belanda. Walaupun merek ini sudah berpuluh-puluh tahun tidak beredar lagi di Indonesia, karenanya nama Odol telah menjadi nama generik untuk pasta gigi.


Pasta gigi merek Odol ini pertama kali diproduksi di Jerman oleh Dresden chemical laboratory Lingner, yang sekarang dikenal sebagai Lingner Werke AG pada tahun 1892 sebagai cairan pencuci lisan (mouthwash). Odol moutwash pada tahun 1900 an yaitu merk ternama dan yang paling luas penggunaannya di hampir seluruh daratan Eropa. Odol mouthwash ini pertama kali diciptakan oleh Karl August Lingner. 
Odol Jaman Dulu
Pasta Gigi Odol Jaman Dulu

Pasta gigi ini pada jaman dulu bisa menggeser pemakaian tumbukan kerikil bata dan debu buah pinang yang pada ketika itu masih banyak digunakan penduduk Indonesia untuk menggosok gigi. Pada ketika itu masyarakat Indonesia sulit untuk menyebutkan tandpasta (tand=gigi). Pada karenanya jalan termudah dengan menyebut merknya 'Odol'.

Di Jerman Odol masih eksis dan masih terus diproduksi hingga ketika ini. Tetapi bebeda dengan Jerman pasta gigi merk Odol ini sudah tidak diproduksikan lagi di Indonesia selama sudah berpuluh-puluh tahun yang lalu, namun meninggalkan warisan kata hingga hingga ketika ini yaitu 'Odol'.


Odol Jaman Sekarang
Pasta Gigi Odol Jaman Sekarang