Rahasia Dibalik Suara Godzilla Yang Khas

FILM - Godzilla yaitu raja monster yang memiliki penampilan yang begitu ikonik dan mudah sekali dikenal oleh para penggemar film. Hampir setiap film menawarkan inovasi visual yang gres untuk Godzilla, sehingga membuat Godzilla tampak lebih hidup. Bukan hanya visualnya saja yang membuat Godzilla tampak lebih hidup, tetapi juga suaranya yang khas.

Suara yang khas dari Godzilla ini kadang membuat banyak orang bertanya-tanya 'Bagaimana cara membuat bunyi dari Godzilla?'. Nama asli dari Godzilla yaitu Gojira, yang dalam bahasa Jepang dan menurut kepercayaan berasal dari kata katak gorira (gorilla) dan kujira (paus). Tidak terang bagaimana penciptanya mampu menggabungkan gorilla dan paus menjadi kadal raksasa berkaki dua dan benafaskan atom, mungkin sebab ukurannya yang raksasa. 

Para kreator berusaha membuat bunyi auman buas yang mengitimidasi untuk Godzilla. Awalnya para kreator menggunakan bunyi beberapa hewan buas untuk mengisi bunyi Godzilla. Ternya bunyi dari beberapa hewan tersebut tidak ada yang cocok, dan para kreator membuat pendekatan lain. 

Godzilla

Pertama para kreator mengambil sebuah sarung tangan kulit dan menggesekannya pada sebuah contrabass (cello) dan merekam bunyi yang dihasilkannya. Remakan tersebut dimainkan secara terbalik, dan jadilah bunyi godzilla yang sering dikenal sampai ketika ini.

Berikut yaitu bunyi Godzilla yang dihasilkan dengan menggesekkan sarung tangan kulit pada sebuah contrabass (cello):