Tempat Menyelam Di Indonesia Yang Indah Dan Wajib Dikunjungi

WISATA DUNIA - Indonesia yaitu negara yang memiliki banyak sekali keindahan bawah laut yang sayang jikalau dilewatkan. Banyak sekali keindahan laut di Indonesia yang sangat diminati banyak turis lokal maupun mancanegara. Di bawah lautnya pun juga banyak keindahan yang diminati banyak penyelam dari seluruh dunia sebab keindahan terumbu karangnya dan banyak sekali mahluk hidup yang tinggal di dalamnya. 

Agar lebih tau lagi daerah yang cocok dibuat menyelam sebab keindahannya di Indonesia, berikut yaitu Tempat Menyelam Di Indonesia Yang Indah Dan Wajib Dikunjungi:

1. Pulau Weh, Sabang 

Wisata Pulau Weh

Wisata Pulau Weh

Pulau Weh memang belum dikenal banyak orang. Namun keindahan pulau ini sangat memukau dan memiliki keindahan yang luar biasa. Bahkan keindahan Pulau Weh dapat disejajarkan dengan Raja Ampat. Pulau Weh memiliki tiga titik terbaik untuk menyelam, antara lain Seulako Barat, Bate Tokong, dan The Canyon. Dari ketiganya, yang memiliki keindahan yang luar biasa yaitu The Canyon. The Canyon memiliki topografi berupa labirin bebatuan yang akan menunjukkan sensasi menyelam yang berbeda dan luar biasa. Disini pengunjung juga dapat menjumpai napoleon fish raksasa.

2. Teluk Cendrawasih, Papua

Wisata Teluk Cendrawasih

Wisata Teluk Cendrawasih

Teluk Cendrawasih ini terletak di Papua dan merupakan taman nasional dengan perairan terluas di dunia. Saat berkunjung ke Teluk cendrawasih pengunjung tidak hanya disuguhi oleh pemandangan bawah laut yang mengagumkan saja, tetapi pengunjung juga mampu mencicipi berenang dengan paus biru, ikan duyung, lumba-lumba, dan hiu paus. Namun jangan khawatir, sebab hewan yang ada disini sudah jinak. Tempat ini juga dijadikan daerah sentra penelitian hiu paus.

3. Raja Ampat, Papua

Wisata Raja Ampat

Wisata Raja Ampat

Pulau yang satu ini sudah banyak dikenal turis, bukan hanya turis lokal tetapi turis mancanegara juga banyak yang mengenal keindahan pulau ini. Raja Ampat yang terletak di Papua Barat ini memiliki 1.500 pulau dan diklaim sebagai pulau dengan pemandangan bawah laut yang mengagumkan di Indonesia. Di Raja Ampat ada 75% spesies dunia yang menghuni pulau ini. Pengunjung juga akan bertemu dengan 1.500 spesies ikan, 700 jenis moluska, serta 500 jenis terumbu karang dengan luas wilayah 4,6 juta hektar.

4. Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Wisata Wakatobi

Wisata Wakatobi

Wakatobi memang sudak tidak abnormal lagi bagi banyak orang, terutama yang hobi menyelam. Wakatobi memiliki biota bawah laut yang beragam dengan 750 jenis spesies koral, 112 jenis karang, dan 93 jenis ikan. Nama Wakatobi diambil dari 4 nama pulau besar, yaitu Wangi-wangi, Kaledupa, Tornia, dan Binongko. Karena kekayaannya tersebut pemerinta meresmikan Wakatobi sebagai taman nasional.

5. Bunaken, Sulawesi Utara 

Wisata Bunaken

Wisata Bunaken

Di Bunaken pengunjung dijamin tidak akan bosan untuk menghabiskan banyak waktu disini. Bunaken memiliki 20 titik penyelaman menyerupai Lekuan, Bunaken Timor, Mandolin, Tanjung Kopi, dan reruntuhan kapal di Manado. Bunaken juga pernah mencatat rekor dengan jumlah penyelam terbanyak, yaitu sebanyak 2861 penyelam. Pada 2005 Bunaken menjadi situs warisan dunia setelah didaftarkan di UNESCO.

6. Karimun Jawa 

Wisata Karimun Jawa

Wisata Karimun Jawa

Karimun Jawa terletak di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Karimun Jawa memiliki 30 titik lokasi diving. Di Pulau ini terdapat lebih dari 69 karang keras dan sekitar 353 spesies ikan karang di dalamnya. Di Karimun Jawa pengunjung juga dapat mencicipi sensasi berenang dengan hiu, dan tentunya hiu tersebut sudah jinak sehingga tidak perlu merasa takut. Dan yang tertarik untuk wisata maritim di pulau ini, sudah disediakan fasilitas fasilitas mulai dari homestay sampai resort mewah.

7. Pulau Komodo

Wisata Pulau Komodo 

Wisata Pulau Komodo

Pulau Komodo terkenal tidak hanya dengan hewan komodo yang hidup dipulau ini, tetapi juga memiliki wisata maritim yang menjadi daya tarik yang mempesona. Taman Nasional Komodo ini merupakan jantung Segitiga Terumbu Karang dengan keanekaragaman hayati laut paling kaya didunia. Pulau ini menyuguhi pengunjung dengan banyak sekali macam jenis terumbu karang yang memiliki warna yang mempesona dan banyak sekali macam jenis ikan. Pulau Komodo sempat dijuluki 'Paradise Underwater' oleh para penyelam.