10 Kaktus Terunik dan Paling Menakjubkan Sejagat Raya

Dalam dunia flora selalu menarik untuk dipelajari dan dicermati, dengan demikian kamu dapat mengetahui keunikan dari setiap jenis tanaman. Seperti halnya tanaman kaktus yang terkenal akan ketangguhan nya menghadapi cuaca ekstrem kering dan panas, dengan kandungan air dan kelembaban minim. Dan setiap kaktus memiliki keunikan nya sendiri. Berikut ini 10 jenis kaktus unik di dunia:

1. Blossfeldia liliputana
Kaktus imut ini kerap kali ditemukan tumbuh di antara bebatuan di Pegunungan Andes. Nama liliputana diambil dari novel ‘Gulliver’s Travels,’ liliput merupakan nama suku yang menghuni di sebuah pulau. Ukuran fisik mereka pun istimewa, yakni lebih kecil jika dibandingkan dengan tokoh utamanya Gulliver.



Sesuai dengan namanya katus yang satu ini memiliki ukuran maksimal 1,3 cm saja. Seperti jenis kaktus lainnya, liliputana pun memiliki bunga yang mekar di saat musim panas tiba. Selain ukurannya yang kecil, keunikan liliputana adalah mampu bereproduksi tanpa dibantu dan memerlukan pihak lain. biji benih mereka kecil sehingga mampu masuk ke celah-celah kecil bebatuan.

2. Agave Cactus
Sementara kaktus unik lainnya adalah Agave Cactus atau Leuchbergia principis, yang memiliki bentuk seperti jari manusia. 



Kaktus agave tumbuh tinggi menjulang dengan dikelilingi duri yang keras, untuk melindungi buahnya dari gangguan mahluk lain. Berbeda dengan  kaktus lainnya, Agave tidak memiliki cabang, bahkan tumbuh meninggi-melebar melalui fotosintesis.

3. Atrichoke Cactus
Kaktus unik yang satu ini popular dengan nama atrichoke cactus, dan merupakan satu-satunya spesies yang dimiliki oleh genus Obregonia. Seperti halnya Ariocarpus dan Leuchtenbergia, Atrichoke merupakan tanaman geoftis (tumbuh menyamping/lebar). 



Secara fisik Atrichoke memiliki batang daun segitiga yang berbuku-buku (menyerupai kol), bunga kecilnya berwarna putih yang akan tumbuh setiap musim panas tiba. Dan buahnya pun cukup tebal ketika matang.

4. Ariocarpus Fissuratus (“Living Rocks”)
Jika melihat tekstur kaktus yang satu ini maka tidak salah jika ahli biologi dan floris menjulukinya dengan “living rock” (batu yang hidup). Ariocarpus fissuratus, merupakan salah satu kaktus yang pertumbuhannya lambat dan tidak memiliki duri. 



Meskipun demikian batu hidup yang satu ini mampu bertahan hidup hingga 50 tahun dan memiliki diameter sebesar 4-5 inchi. Memiliki biji yang kecil dengan duri yang lemah tumbuh dari batang yang lateral, geoftis (tumbuh melebar). Keunikan lainnya, kaktus batu yang satu ini memiliki racun sehingga banyak dihindari oleh para hewan herbivora.

5. Turbinicarpus subterraneus
Sementara keunikan kaktus yang satu ini memiliki batang berbulu, menyerupai tongkat di dekat akar kemudian membentuk batang hijau berduri seperti umumnya kaktus. 



Keunikan kaktus Turbinicarpus lainnya adalah mampu bertahan hidup sangat lama karena memiliki akar yang dalam dan mampu menyimpan kandungan air cukup banyak. Sehingga mampu menghadapi ekstrem nya musim panas yang panjang.

6. Astrophytum caput-medusae
Jika kamu mengenal Medusa sebagai sosok mitos Yunani-Romawi, maka tidak asing pula mengenali bentuk dari kaktus Astrophytum caput-medusae. Kaktus ini memiliki batang yang bercabang seperti kumpulan ular yang menjadi mahkota medusa. 



Kaktus medusa memiliki bunga berwarna kuning yang indah dengan titik merah di tengahnya. Keunikan kaktus medusa adalah memiliki biji paling besar di antara kaktus lainnya, sekitar 1/8 hingga 1/4 inchi.

7. Pereskiopsis spathulata
Merupakan salah satu kaktus golongan primitif, yakni memiliki daun dan duri hanya saja ukurannya kecil. 



Pereskiopsis spathulata juga memiliki pertumbuhan yang cepat, maka tidak heran sering dijadikan sebagai bahan okulasi untuk mempercepat pertumbuhan jenis kaktus yang lambat.

8. Peyote
Kaktus yang satu ini sangat akrab di dalam kehidupan masyarakat Suku Indian di benua Amerika. Masyarakat Indian menggunakan peyote sebagai salah satu bagian dari ritual keyakinnanya, karena dengan menggunakan peyote maka mereka akan mudah untuk berkomunikasi dengan roh leluhur. 



Namun setelah disalah-gunakan oleh orang-orang di luar Suku Indian, mereka menggunakannya sebagai obat bius. Akibatnya di beberapa wilayah di Amerika Serikat, peyote diatur dalam undang-undang baik untuk penggunaan maupun pertaniannya.

9. Hylocereus undatus
Merupakan salah satu kaktus yang memiliki bunga cantik dan indah. Bunganya mampu tumbuh panjang hingga 35 cm dan lebar sekitar 23 cm. 



Lebih uniknya lagi bunga kaktus Hylocereus hanya mekar di malam hari, satu kali sebelum proses menjadi buah dan akhirnya mati. Dari aroma nya, bunga Hylocereus mengeluarkan wangi vanila. Tentunya kaktus ini juga berbuah, dan buahnya sering disebut sebagai buah naga.

10. Discocactus horstii
Ketika dewasa Discocactus akan memiliki cephalium –duri tebal, dengan ukuran besar dengan bunga putih yang mekar. Padahal ketika diawal pertumbuhannya Discocactus ini berwarna hijau, bahkan jika dilukai maka getahnya akan berwarna merah. Meskipun terlihat seperti kaktus biasa ketika muda, namun setelah memasuki fase dewasa fisiknya akan berubah.


Hylocereus undatus

Discocactus biasanya ditemukan tumbuh di ketinggian 1.000 kaki di atas permukaan laut, meski demikian kaktus yang satu ini sangat sensitif terhadap air. Jika tanah yang ditinggalinya kelebihan air maka ia terancam akan membusuk, namun jika kekurangan air ia pun akan kekeringan.



sumber