10 Cara Menguatkan Otot Pada Tubuh

10 Cara Menguatkan Otot Pada Tubuh

Memiliki tubuh yang bugar dan sehat serta bentuk otot yang bagus merupakan tujuan yang diimpikan oleh banyak orang. Hal tersebut akan menambah kepercayaan diri kita. Namun mendapatkan tubuh ideal dengan otot leher, perut, paha, betis dan lengan yang kuat memang sulit, karena tidak didapatkan secara instant dan cepat. Berikut ini 10 Cara Menguatkan Otot Pada Tubuh Agar memperoleh bentuk ideal.

1. Percaya Diri
Inilah modal utama saat Anda berencana memulai latihan. Tanamkan dalam pikiran Anda bahwa Anda sanggup menyelesaikan semua program untuk mendapatkan otot ideal. Jika Anda menanamkan ini, maka Anda akan lebih mudah meraih tujuan Anda.

2. Latihan beban
Latihan beban biasanya menggunakan alat dengan tingkat variasi yang berbeda. Kekuatan dan daya tahan otot dapat dibentuk melalui mekanisme “free weights” seperti menggunakan barbell atau dumbbell, mesin fitness baik dengan menggunakan kabel dan katrol untuk membantu mengangkat beban. Untuk membesarkan otot, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Pertama adalah dengan melatih otot dengan beban yang “berat”. Berat disini adalah jumlah beban yang menantang (mampu diangkat). Atau dengan kata lain maksimum bisa melakukan pengulangan atau repetisi 4-8 kali. Untuk peningkatan massa otot, mengangkat beban yang ringan (jika kita mampu mengangkat 10-15 repetisi) tidak dianjurkan. Dengan beban berat dan repetisi yang rendah akan membuat tekanan lebih pada otot dan memberikan stimulasi lebih ke serabut otot (muscle fibers); serabut otot berkembang akan menyebabkan pertumbuhan massa otot.

3. Push Up
Cara yang dapat anda coba untuk membentuk otot dada serta lengan anda adalah dengan melakukan push up, tentunya anda sudah mengetahui seperti apa posisi orang push up. Meski demikian, yang terpenting harus anda lakukan adalah metode push up yang benar, yakni melebarkan lebih sedikit posisi kedua tangan.

Tujuannya supaya otot dada lebih tertarik, selain itu dengan melakukan push up juga dapat membentuk otot perut dan penggung anda. Agar tidak kecapekan sebaiknya gunakan metode yang tepat, yakni sekali push lakukan 15-20 kali rep set. Setelah itu istirahat lagi untuk mengumpulkan tenaga, baru kemudian ulangi lagi push up.

4. Mengkonsumsi Multi-Vitamin
Vitamin bukanlah hal yang utama. Vitamin adalah suplemen. Sebaiknya konsumsi vitamin yang tidak mampu diproduksi oleh tubuh. Banyak pabrikan yang menambahkan segala unsur dalam merk vitaminnya. Hal ini tidak penting karena multivitamin yang dibutuhkan (minimum) hanya vitamin A, B-kompleks, C, D, E, K dan mineral (kalsium, magnesium, zinc, iodine, selenium, dan besi). Kaum pria sebaiknya menghindari vitamin yang mengandung besi (iron).

5. Makan makanan berkalori lebih banyak
Peningkatan massa otot secara tidak langsung akan meningkatkan berat badan. Dengan demikian, Anda harus merubah pola makan. Jika Anda tidak makan cukup kalori, berat badan anda tidak akan pernah bertambah, apapun yang anda lakukan. Untuk membangun otot, anda harus memakan kalori lebih banyak daripada yang dibakar oleh tubuh (surplus kalori). Kalori ekstra dibutuhkan untuk memperbaiki serat otot yang rusak akibat latihan dan membangun serat baru.

Makan, tentu saja tidak berarti makan apa saja. Semua kalori tidak sama untuk tiap makanan. Misal jika kita membutuhkan 2000 kalori perhari untuk meningkatkan massa otot, bukan berarti kita makan 4 kantong keripik kentang. Tidak seperti itu. Nutrisi yang tepat sangat penting untuk membangun otot.

6. Makan protein lebih banyak
Tanpa protein, tubuh kita tidak akan bisa membangun otot. Karbohidrat digunakan sebagai energi untuk tubuh, sedangkan protein menyediakan asam amino yang dibutuhkan untuk membangun dan memperbaiki serat otot. Untuk pertumbuhan otot, karbohidrat tidak sepenting protein dan lemak. Latihan yang intensif membutuhkan asam amino yang lebih tinggi. Untuk membangun otot, paling tidak kita harus mengkonsumsi 2 gram protein per-kilogram berat badan.

7. Variasikan Latihan Anda
Variasi latihan diperlukan untuk mencegah kebosanan. Di samping itu, jika Anda melakukan satu latihan saja, maka Anda tidak akan mendapatkan otot dengan cepat. Tambahkan latihan lain yang dapat melatih seluruh bagian otot secara merata.

8. Hindari makanan banyak gula dan garam
Hindari makanan yang terlalu banyak mengandung gula dan garam. Fastfood dan gorengan, adalah contoh makanan yang banyak mengandung gula olahan dan garam. Kandungan gula berlebih yang masuk ke dalam tubuh dapat menimbulkan timbunan lemak baru yang dapat menutupi otot-otot Anda, sedangkan mengonsumsi garam berlebih, sering dikaitkan dengan risiko tekanan darah tinggi.

9. Minum air lebih banyak
Agar otot tidak dehidrasi, kita harus banyak minum air. Jika kita latihan terlalu keras potensi dehidrasi sangat mungkin terjadi. Jika terjadi dehidrasi maka otot membutuhkan waktu lebih lama untuk perbaikan. Dengan minum air yang cukup, tidak hanya peredaran darah yang lancar tetapi juga membantu mengeluarkan toksin dari dalam tubuh. Protein menciptakan proses metabolisme dan membuangnya dalam bentuk cairan. Tanpa air yang cukup, ginjal juga tidak mampu bekerja efisien mengeluarkan air tersebut.

10. Konsistensi
Semua tips-tips cara memperbesar otot diatas tidak akan banyak berguna jika tidak diimbangi oleh konsistensi. Konsistensi dalam latihan memegang peranan 90% kesuksesan dalam usaha pembentukan otot-otot tubuh. Sejujurnya, konsistensi yang dibutuhkan dalam sebuah latihan pembentukan otot tubuh tidak memerlukan banyak waktu, karena latihan cukup dilakukan selama kurang lebih setengah jam hingga satu jam setiap harinya.


sumber