Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

5 Tanda-Tanda Gunung Berapi Akan Meletus



Alam kadang memang tak bersahabat dengan kita, apalagi saat terjadinya bencana alam, terkadang alam tidak dapat di perdiksikan.

Namun, sesungguhnya alam memberikan tanda-tanda yang mungkin tidak diketahui oleh sebagian orang. Seperti bencana alam gunung meletus, sebenarnya sebelum gunung yang aktif itu akan meletus, gunung tersebut akan memberikan beberapa tanda agar manusai lebih berwaspada.

Tapi, terkadang manusia tak menyadari hal itu sebagai tanda yang diberikan oleh alam saat gunung aktif akan meletus. Oleh karena itu, kamu perlu kamu harus mengetahui tanda-tanda tersebut agar kamu lebih berhati-hati lagi. Apalagi yang orang-orang yang tinggal dengan gunung yang aktif, itu pasti akan sangat membahayakan nyawa.



Berikut ini ada beberapa tanda gunung berapi ketika akan meletus.


1. Suhu di sekitar gunung meningkat
Suhu panas memang memiliki arti yang cukup banyak, salah satunya tanda akan turunnya hujan. Namun, perlu kamu ketahui suhu panas yang meningkat juga merupakan tanda dari alam saat gunung berapi akan meletus.

2. Sumber air mengering
Suhu panas yang disebabkan oleh gunung dapat membuat air menjadi mengering. Tak hanya itu, suhu panas juga dapat merubah suhu air menjadi lebih hangat. Dan ini bisa kamu waspadai sebagai tanda dari gunung berapi akan meletus.

3. Ada gemuruh dan getaran
Gunung berapi yang akan meletus biasanya akan menimbulkan getaran sekaligus gemuruh. Hal itu terjadi karena desakan dari dalam perut gunung yang memaksa untuk keluar dari dalam kawah, sehingga timbul lah getaran dan kemudian disertai dengan gemuruh.

4. Tumbuhan mulai layu
Suhu panas yang dikeluarkan oleh gunung menyebabkan tumbuhan yang ada disekitar gunung menjadi layu. Nah, hal ini bisa menjadi pacuan kamu untuk bisa mengenali tanda gunung berapi saat ingin meletus.

5. Migrasi hewan
Salah satu hewan yang sering melakukan migrasi saat gunung akan meletus adalah burung. Beberapa burung memang ada yang tinggal di atas pegunungan, namun jika ia merasa gunung itu mengeluarkan hawa yang tak nyaman bagi mereka, burung-burung tersebut akan melakukan migrasi ketempat lain.


sumber
loading...