10 Landasan Pacu Pesawat Yang Paling Terpanjang di Dunia

Landasan pacu adalah salah satu unsur yang paling terpenting dalam dunia penerbangan pesawat. Selain sebagai pijakan roda pesawat sebelum lepas landas, landasan pacu juga berfungsi sebagai area keamanan lintasan pesawat. jadi boleh dibilang jika semakin panjang landasan pacu, maka semakin kecil presentasi terjadinya kecelakaan pesawat.

Dan tentu saja masih berhubungan dengan landasan pacu, Di posting kali ini, saya akan memberikan daftar 10 landasan pacu terpanjang di dunia, daftar penguruntan landsan pacu terpanjang ini didasarkan pada panjang landsasan pacu dimulai dari titik landasan, dan bukan dari titik bandara, jadi yang dihitung panjangnya saja.

Berikut daftar dari 10 Landasan Pacu Pesawat Yang Paling Terpanjang di Dunia:

1. Qamdo Bangda Airport, China (5.500 meter)




Dikenal juga sebagai Bandar Udara Changdu Bangda, berlokasi di Bamda, Qamdo, Tibet, Bandar udara ini juga memiliki landasan pacu paling terpanjang yang digunakan di dunia, dengan panjang 5.500 m.


2. Ramenskoye Airport, Rusia (5.403 meter)




Juga dikenal sebagai Ramenskoye Airfield atau Zhukovsky Airfield, terletak 40 km sebelah tenggara dari Moskow dan dekat kota Ramenskoye. Ini berfungsi sebagai fasilitas pengujian pesawat besar sejak Perang Dingin tahun dengan mayoritas OKBs besar Rusia memiliki fasilitas lapangan terbang. Hal ini juga sekarang digunakan oleh Kementerian Situasi Darurat dan transportasi kargo. Lapangan terbang ini juga digunakan sebagai tempat ujian bagi Soviet Buran Spacecraft. Bandara Ramenskoye merupakan kedua terpanjang  di dunia, dengan panjang 17.723 kaki (5.402 m). 


3. Ulyanovsk Vostochny Airport, Rusia (5.000 meter)




Adalah sebuah bandara di Rusia yang terletak 28 km sebelah timur laut dari Ulyanovsk. Landasan pacu Ini adalah ketiga terpanjang di dunia dengan panjang 5 km (16.405 kaki). Juga merupakan terluas, dengan lebar total sekitar 105 m (344 kaki). 

4. Embraer Unidade Gavião Peixoto Airport, Brazil (4.967 meter)




Merupakan bandara pribadi berlokasi dekat Gavião Peixoto, Brasil. Bandara ini dimiliki dan dioperasikan oleh Embraer dan digunakan sebagai untuk pengujian pesawat sipil dan militer. Untuk tujuan ini, Embraer memiliki panjang 4.967 m dan lebar 45 m, dianggap terpanjang keempat di dunia. Meskipun demikian, hanya 3.000 m yang benar-benar digunakan. 

5. Upington Airport, Afrika selatan (4.900 meter)




Adalah bandara yang terletak di Upington, Northern Cape, Afrika Selatan. Landasan pacu Ini adalah kelima terpanjang di dunia dengan panjang 4900 meter.

6. Denver International Airport, Amerika serikat (4.877 meter)




Adalah sebuah bandara di Denver, Colorado. Landasan pacu Ini merupakan keenam terpanjang di dunia dengan panjang 53 mil persegi (140 km2) dan juga merupakan bandara terbesar di Amerika Serikat dengan total wilayah, dan bandara terbesar kedua di dunia setelah Bandara Internasional King Fahd. 

7. New Doha International Airport, Qatar (4.850 meter)




Merupakan Bandara baru dengan luas 8.640 hektar (3.500 ha). Bandara ini ditetapkan untuk melayani penerbangan yang tidak akan memanfaatkan akses lounge.

8. Madrid-Torrejón Airport, Spanyol (4.818 meter)




Adalah bandara komersial di Spanyol. Ini adalah fasilitas gabungan penggunaan antara Kementerian Pertahanan Spanyol dan Kementerian Pekerjaan Umum. Terletak 24 km (15 mil) timur laut Madrid, 5 mil (8.0 km) barat dari Alcala de Henares, dan 1 mil (1,6 km) TL dari Torrejón de Ardoz. Ini adalah bandara terpanjang kedelapan di dunia dengan panjang 4.818 m.

9. Harare International Airport, Zimbabwe (4725 meter)




Adalah sebuah bandara di Harare, Zimbabwe. Ini adalah bandara terpanjang kesembilan di dunia dengan panjang 4.725 m. 



10. N'Djili Airport, Kongo (4.500 meter)




Juga dikenal sebagai Bandar Udara Internasional N'Djili, Ini adalah bandara terpanjang kesepuluh di dunia dengan panjang 4.500 m.