Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

Rupanya Tumbuhan Memiliki 'Otak' Lho

Selama ini mungkin Anda hanya tahu manusia dan hewan saja yang memiliki otak. Tahukah Anda, ternyata tumbuhan juga punya 'otak' lho.

Banyak peneliti mengatakan bahwa beberapa jenis t

Dilansir dari dailymail.co.uk, salah satu jenis tumbuhan yang termasuk pintar adalah putri malu. Jenis daun ini langsung menutup saat kita sentuh. Putri malu menganggap sentuhan kita adalah sebuah ancaman.

Terdengar biasa? Tunggu dulu Ladies. Ternyata putri malu akan menutup jika terkena rangsangan yang berasal dari makhluk hidup. Daun putri malu tak akan menutup saat ditetesi air.

Karena itu para peneliti menyimpulkan bahwa memang beberapa jenis tumbuhan itu pintar sehingga bisa menyadari ancaman atau predator sedang ada di dekat mereka. "Yang paling bisa dikenali, tumbuhan bisa memahami situasi bahkan setelah lingkungan sekitarnya diubah," kata peneliti dari University of Western Australia.

Hingga saat ini peneliti masih mengembangkan penelitian, dari mana respon tersebut bisa diterjemahkan sebagai ancaman atau tidak oleh tanaman. Dugaan terkuat, kemungkinan hal itu berasal dari jaringan sinyal yang terbuat dari kalsium yang ada pada daun tumbuhan.

Bagaimana menurut Anda Ladies? Benar-benar ajaib Tuhan menciptakan semuanya ya?
umbuhan di dunia ini memang pintar. Padahal, mereka tak memiliki organ otak seperti manusia dan hewan.



sumber
loading...