Metode dan Teknik Cara Menghafal Dengan Cepat

Banyak orang yang bermasalah dengan cara menghafal cepat yang sulit dilakukan, hal tersebut mungkin bisa disebabkan karena kurangnya kita melatih fungsi otak untuk mengingat berbagai hal. Sebagai sistem pusat syaraf makhluk hidup terutama manusia, otak memang bekerja bekerja keras dalam mengatur jalannya setiap fungsi tubuh manusia seperti sistem pernafasan manusia. Terlebih lagi yang berhubungan dengan rangsangan dari luar tubuh, misalnya pada fungsi penglihatan, penciuman dan sebagainya.

Hal tersebut memang membuat otak terus menerus bekerja bahkan ketika kita tidur. Kesibukan aktivitas sehari-hari juga mengambil andil yang besar untuk seseorang menjadi mudah lupa. Dibutuhkan beberapa teknik menghafal yang efisien dan mampu di serap secara optimal oleh otak, seperti pada ulasan berikut.

Cara Menghafal Cepat

Cara menghafal otak cepat dilakukan dengan mengoptimalkan bagian otak yang secara langsung mengolah setiap informasi yang diterima oleh otak yaitu bagian otak kanan dan kiri. proses penemuan teori pembagian otak ini dilakukan oleh “Roger Wolcott Sperry” (Hartford, 20 Agustus 1913 – 17 April 1994). Sumber dari wikipedia mengatakan, penelitiannya tersebut dianugerahi Hadiah Nobel dalam bidang  Fisiologi atau Kedokteran pada tahun 1981 bersama dengan David Hunter Hubel dan Torsten Nils Wiesel.

Pada penelitian yang dilakukan menghasilkan kedua bagian tersebut bertanggung jawab terhadap informasi ke otak secara spesifik, seperti berikut :
  • Otak sisi kiri – cenderung memiliki kemampuan dalam hal logis,analisis,rasional dan obyektif. Jadi dapat disimpulkan bahwa fungsi otak kiri tersebut lebih mendominasi terhadap segala sesuatu yang ada hubungannya dengan kata-kata, simbol-simbol dan angka.
  • Otak sisi kanan - Pada otak bagian kanan lebih mampu mengolah hal yang berkaitan dengan sintesis, subyektif, holistik (secara menyeluruh) dan intuitif. Jadi dapat disimpulkan mengenai fungsi otak kanan berperan besar untuk seseorang menjadi cenderung lebih kreatif.

Teknik Menghafal Cepat Dan Mudah

Pada fungsi kedua bagian otak di atas berperan terhadap daya pikir kita dalam berbagai hal, sehingga dibutuhkan cara menghafal dengan cepat dengan teknik menghafal mudah yang tepat untuk mengoptimalkan jalannya fungsi kedua bagian otak baik untuk hal-hal logis atau hal-hal subyektif secara seimbang.

1. Mnemonic
Mnemonic marupakan teknik dalam cara menghafal mudah yang bersifat abstrak. Caranya dengan melakukan perubahan kata abstrak menjadi benda nyata yang dapat kita bayangkan.
Sistem Mnemonic terbagi menjadi 2, yaitu :
  • Sistem gambaran.
Sistem gambaran yaitu teknik menghafal informasi abstrak dengan membuat gambaran kata abstrak menjadi sesuatu yang nyata. Contohnya : Menggambarkan Sumatera Utara dengan Danau toba, Kota Yogyakarta dengan Candi Borobudur.
  •  Sistem persamaan bunyi.
Sistem persamaan bunyi merupakan teknik menghafal informasi dengan bentuk persamaan bunyi. Contohnya : Negara singapura akan dapat lebih mudah diingat dengan mengingat kata “singa”,karena pada kata Singapura terdapat kata “singa”.

2. Story Sistem
Story system adalah cara mengingat dengan cepat sebuah informasi dengan cara menghubungkan informasi yang satu dengan informasi yang lainnya dengan membuat sebuah cerita. contoh kasusnya, untuk menghafal beberapa kata berikut :
“burung – baju – awan – coca cola – gunung – kelinci – pistol – buaya – pohon – kawah”

Jika anda kesulitan untuk mengingatnya, gunakan teknik menghafal mudah dengan metode story sistem dengan mengubahnya menjadi jalan cerita seperti :
“Burung memakai baju, terbang ke awan minum coca cola, terbang lagi ke gunung dan bertemu kelinci yang membawa pistol untuk menembak buaya yang tidur dibawah pohon di dekat kawah.”

3. Memory Sport
Otak kita membutuhkan olahraga seperti halnya otot-otot lain seperti anatomi jantung sehingga perlu dilatih agar menjadi kuat. Kekuatan otak akan membuatnya lebih mudah menangkap informasi dan juga mengingat hal-hal saat menghafal. Cara menguatkan otak ini dilakukan dengan :
  • Melakukan gerakan senam otak
  • Mengisi TTS (teka-teki silang)
  • Membuat kerajinan tangan yang kreatif

Sumber