Atasi Bau Mulut Saat Puasa Dengan 5 Langkah Mudah Ini

Ilustrasi (foto: davisanddingle.com)

Selama berpuasa sudah wajar lisan kita terasa tidak enak dan mengeluarkan amis tak sedap. Hal itu disebabkan karena lisan tak mendapatkan asupan makanan atau air , sehingga kelenjar ludah tidak menghasilkan air liur yang cukup untuk menjaga lisan tetap segar.

Tapi amis lisan mampu membuat kita tidak percaya diri ketika berbicara dengan orang lain. Oleh karena itu sudah seharusnya kita selalu menjaga lisan tetap segar meski berpuasa selama harian. Lantas bagaimana caranya biar lisan tidak amis selama berpuasa?

Berikut sajikan tips biar lisan tetap segar dan tidak amis selama berpuasa.

1. Perhatikan asupan makanan ketika sahur dan berbuka puasa. Makanan dan minuman sangat besar lengan berkuasa besar dalam menjaga lisan tetap segar. Sebaiknya hindari makanan yang mampu menyebabkan amis lisan , menyerupai junk food , daging , makanan berminyak , dan bahkan susu. Tapi gantilah asupan makanan terutama ketika sahur dengan sayur mayur yang segar , buah-buahan menyerupai kurma , dan minumlah air minum biasa atau lebih disarankan teh hiaju.

2. Minumlah banyak air ketika sahur , setidaknya minum 2 hingga 3 gelas air putih. Minum banyak air dapat membantu menghilangkan amis lisan yang disebabkan keringnya lisan karena tidak mendapatkan asupan air selama berpuasa.

3. Pastikan Anda menyikat gigi setelah sahur. Tak hanya ketika sahur , Anda juga harus menyikat gigi setelah berbuka puasa , kemudian sebelum tidur. Hal itu dibutuhkan mampu menjaga lisan tetap segar selama seharian penuh berpuasa.

4. Jika lisan Anda di siang hari atau sore hari sudah mulai terasa tak sedap , Anda coba berkumur untuk menghilangkan amis mulut. Tapi ingat jangan hingga air kumur tersebut tertelan karena dapat membatalkan puasa. Berkumur ketika wudhu juga dipercaya mampu menghilangkan basil dalam lisan yang meneybabkan amis mulut.

5. Selain berkumur , beberapa orang lebih menyikat gigi dengan pasta gigi. Ditakutkan , dalam beberapa keterangan menyikat gigi dengan pasta gigi mampu membatalkan puasa. Tapi dalam arti lain , menyikat gigi tidak membatalkan puasa karena niat kita untuk menjaga lisan tetap segar selama berpuasa. Sama halnya dengan berkumur , hati-hati juga ketika menyikat gigi di siang hari ketika puasa.

Itulah beberapa langkah mudah mengatasi amis lisan selama berpuasa. Meski sedang berpuasa , kita tetap harus menjaga kesehatan lisan biar tidak mengakibatkan amis yang mampu membuat orang lain terganggu.