Keren Ulat Ini Bisa Menyamar Menjadi Ular Agar Terhindar Dari Serangan Predator

Dynastor darius (foto: Odditycentral)

Dynastor darius merupakan jenis ulat yang memiliki keterampilan menakjubkan dalam mempertahankan diri dari serangan predator. Pasalnya , ulat ini bisa menyamar jadi ular saat memasuki fase pupa.

Untuk menghindar dari serangan predator selama tahap pupa-nya , ulat ini sering menggandakan kepala ular Gaboon vit piper. Meskipun tidak sepenuhnya ibarat ular , tapi penyamarannya berhasil menipu banyak predator.

Ketika memasuki tahap pupa , kepompong ulat ini mulai membentuk kepala ular. Agar terlihat ibarat ular sungguhan , ulat ini memilih kawasan yang cocok supaya predator tidak menyadari bahwa ia ialah seekor ulat.

Namun , saat predator mendekat , pupa ulat ini dapat menggerakan dan mengayunkan cangkangnya berulang kali , sehingga tampak ibarat seekor ular yang siap menerkam mangsanya.

"Penjelasannya mungkin bahwa predator itu sendiri berbalik dan melarikan diri setelah tiba-tiba bertatapan muka dengan 'ular' realistik , ibarat halnya pupa dari Dynastor Darius saat merasa terancam ," tulis Annette Aiello dan Robert Silberglied dalam buku Life History of Dynastor Darius in Panama.

Hemeroplanes triptolemus merupakan salah satu jenis ulat lain yang bisa menyamar jadi ular mematikan supaya terhindar dari serangan predator.

Sumber: Odditycentral