Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

Miris 420 Batu Diangkat Dari Ginjal Pria Tiongkok Ini

Batu ginjal yang sudah diangkat (foto: Shanghaiist)

Dokter dari Rumah Sakit Masyarakat Dongyang di provinsi Zhejiang , Tiongkok , telah mengangkat 420 kerikil dari gijal episode kiri seorang pria pada Jumat lalu.

Pasien yang tak disebutkna namanya itu mengunjungi dokter bulan lalu dengan keluhan menderita sakit perut yang intens.

Ketika dua dokter melaksanakan scan CT terhadapnya , dokter dikejutkan dengan menemukan ginjal episode kiri pria tersebut dipenuhi dengan kerikil berukuran kecil.

"Aku belum pernah melihat begitu banyak kerikil ginjal ," kata seorang dokter yang memiliki pengalaman delapan tahun dalam dunia medis , menyerupai dilansir Shanghaiist.

"Ginjal tidak akan berfungsi dengan baik kalau telah menunggu lebih lama lagi. Seluruh ginjal harus dihapus ," tambah dokter tersebut.

Pria itu menjelaskan bahwa 20 tahun lalu , ia pernah melaksanakan pengangkatan 10 kerikil ginjal melalui prosedur lithotripsy , prosedur medis yang menghancurkan kerikil ginjal.

Kali ini , para dokter menggunakan tang untuk mengangkat satu per satu kerikil ginjal pada pria tersebut. Menurut seorang dokter , operasi pengangkatan kerikil ginjal itu setidaknya memakan waktu dua jam.

"Operasi itu hampir memakan waktu dua jam. Kami menghabiskan 45 menit hanya untuk mengambil batu-batu kecil , Setelah operasi , tangan dan kaki gue berdua menyerupai mati rasa ," tutur salah satu dokter kepada wartawan.

Diyakini penyebab utama utama kerikil ginjal pada pria ini dikarenakan beliau suka memakan tahu gipsum setiap harinya. Tahu gipsum itu sendiri merupakan makanan lokal yang paling populer dengan kosentrasi tinggi tingkat kalsium sulfat. Dia juga memiliki kebiasaan buruk jarang meminum air.

Meskipun pria 55 tahun itu sekarang sudah pulih pasca operasi , tetapi ginjal kirinya jadi semakin melemah. Dia bahkan membawa kerikil ginjal yang sudah dikeluarkan dokter dalam sebuah kantung plastik untuk dijadikan suvenir.
loading...