Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

10 Landmark Dunia yang Masih Mengundang Misteri Bagi Kita Semua

Di berbagai belahan dunia terdapat monumen kuno yang dibangun oleh “pengrajin master” dalam rangka menghormati segala sesuatu baik itu raja-raja, pemimpin adat, hingga tokoh agama. Masalahnya, meskipun sebagian besar landmark ini sangat hati-hati dipelajari dan diteliti oleh para ilmuwan dan sejarawan, akan tetapi anehnya masih banyak yang tidak kita ketahui tentang mengapa mereka dibangun atau tujuan apa mereka dibuat? Berikut ini adalah 10 landmark dunia yang masih mengundang misteri bagi kita semua.

1. Newgrange
Dianggap sebagai situs prasejarah tertua dan paling terkenal di seluruh Irlandia, Newgrange adalah sebuah makam yang dibangun dari kayu, tanah liat, dan batu sekitar tahun 3100 SM, yang konon 1000 tahun sebelum pembangunan piramida di Mesir. 


Newgrange

Bangunan ini terdiri dari bagian panjang yang mengarah ke ruang berbentuk salib yang tampaknya digunakan sebagai makam, karena terdapat cekungan batu yang penuh dengan sisa-sisa abu kremasi. 


Newgrange 2


Fitur yang paling unik dari Newgrange adalah desain yang cermat dan kokoh, yang memiliki struktur tetap tahan air sampai hari ini. 



Newgrange 3

Paling menakjubkan dari semua itu, pintu masuk ke makam itu diposisikan tepat sedemikian rupa pada matahari, sehingga pada musim dingin, sinar dari matahari disalurkan melalui bukaan hingga menuruni lorong hampir 60 kaki dalamnya, yang berdampak menerangi lantai ruang tengah monumen.

Misteri
Arkeolog tahu Newgrange digunakan sebagai makam, tapi masih banyak menjadi misteri. Desain melelahkan diperlukan untuk menjamin bahwa terjadi peristiwa solstice tahunan menunjukkan bahwa situs tersebut diadakan dalam hal tinggi, tetapi selain hipotesis jelas bahwa matahari menonjol dalam mitologi dari pembangun, para ilmuwan bingung untuk menjelaskan alasan sebenarnya untuk konstruksi Newgranges.

2. Nazca Lines
Merupakan serangkaian desain dan pictographs yang terukir di tanah, tepatnya di Gurun Nazca, sebuah dataran tinggi kering terletak di Peru. Situs ini mencakup area seluas sekitar 50 kilometer, dan yang diduga dibuat antara tahun 200 SM dan 700 Masehi oleh orang Indian Nazca. 


Nazca Lines

Mereka merancang dengan mengerik batu berwarna tembaga di lantai gurun untuk mengekspos tanah batuan berwarna lebih terang di bawahnya. Garis-garis ini, tetap utuh selama ratusan tahun berkat iklim yang kering, yang menerima sedikit hujan atau angin sepanjang tahun. 


Nazca Lines 2

Beberapa baris terbentang  jarak 600 kaki, dan menggambarkan desain dan bentuk sederhana mengenai tanaman, serangga, dan hewan.

Misteri
Para ilmuwan tahu siapa yang membuat Nazca Lines dan bagaimana mereka melakukannya, tetapi mereka masih tidak tahu untuk alasan apa situs ini dibuat. Hipotesis yang paling populer dan masuk akal adalah setiap garis membayangkan keyakinan agama dalam masyarakat Nazca, dan mereka membuat desain sebagai persembahan kepada para dewa, yang mampu melihat mereka dari langit. 

Namun, ilmuwan lain berpendapat bahwa garis-garis tersebut bukti alat tenun besar bahwa Nazcas digunakan untuk membuat tekstil, dan satu peneliti ​​bahkan telah berkesimpulan bahwa mereka situs ini adalah sisa-sisa dari lapangan udara kuno yang digunakan oleh masyarakat berteknologi maju.

3. Lingkaran Goseck
Salah satu landmark yang paling misterius di Jerman adalah Goseck Circle, sebuah monumen yang terbuat dari tanah, kerikil, dan pagar kayu yang dianggap sebagai contoh awal dari sebuah observatorium œsolar primitif. 


Lingkaran Goseck 1

Lingkaran ini terdiri dari serangkaian parit melingkar yang dikelilingi oleh dinding pagar sebuah rumah mengangkat gundukan tanah di tengah. Setiap pagar memiliki tiga bukaan, atau gerbang, titik tenggara, barat daya, dan utara. 


Lingkaran Goseck 2

Monumen ini diyakini dibangun sekitar 4900 SM oleh masyarakat Neolitik, dan bahwa tiga bukaan sesuai dengan arah dari mana matahari terbit pada musim dingin.

Misteri
Konstruksi monumen telah menyebabkan banyak ilmuwan percaya bahwa Goseck Circle dibangun sebagai semacam kalender matahari atau bulan primitif, namun penggunaannya pastinya masih merupakan sumber perdebatan. Bukti menunjukkan bahwa apa yang disebut kultus œsolar tersebar luas di Eropa kuno. 

Tentunya hal ini menimbulkan spekulasi bahwa Circle digunakan dalam beberapa jenis ritual, yang mungkin terhubung dengan pengorbanan manusia. Hipotesis ini belum terbukti, namun arkeolog telah menemukan beberapa tulang manusia, termasuk kerangka tanpa kepala, hanya di luar tembok pagar.

4. Cahokia Mounds
Cahokia merupakan nama yang diberikan untuk sebuah pemukiman Indian yang ada di luar Collinsville, Illinois. Para arkeolog memperkirakan bahwa kota ini didirikan sekitar tahun 650 Masehi, jaringan yang kompleks dari kuburan dan lansekap yang canggih membuktikan bahwa di daerah tersebut merupakan komunitas yang berkembang. 



Cahokia Mounds

Diperkirakan bahwa pada bagian puncak kota merupakan rumah bagi sebanyak 40.000 orang, yang akan membuatnya menjadi pemukiman paling padat penduduknya di Amerika sebelum kedatangan orang-orang Eropa. 



Cahokia Mounds 2

Hal yang paling menonjol dari Cahokia saat ini adalah 80 gundukan tanah, beberapa diantaranya setinggi 100 kaki, yang tersebar  pada area 2.200 hektar. 


Cahokia Mounds 3

Yang  menciptakan sebuah jaringan plaza di seluruh kota, dimana bangunan terpentingnya, adalah rumah kepala pemukiman, yang dibangun di ataskota tersebut. Situs ini juga dilengkapi serangkaian temuan kayu yang oleh para arkeolog dijuluki Woodhenge.

Misteri
Meskipun para ilmuwan terus menemukan informasi baru tentang masyarakat Cohokia, misteri terbesar yang tersisa adalah apakah suku India modern merupakan  keturunan dari penduduk kota kuno, serta apakah yang menyebabkan mereka meninggalkan pemukiman tersebut?

5. Sacsayhuaman
Tidak jauh dari kota Inca yang terkenal Machu Picchu terletak Sacsayhuaman, sebuah tanggul dinding batu aneh terletak tepat di luar Cuzco. Rangkaian tiga blok dinding besar yang dirakit dari 200-ton batu dan batu kapur, dan disusun dalam pola zigzag sepanjang lereng bukit. Yang terpanjang adalah sekitar 1000 kaki panjangnya dan masing-masing berdiri sekitar lima belas meter. 


Sacsayhuaman

Monumen ini dalam kondisi baik untuk usianya, mengingat daerah tempat monumen berdiri rawan gempa bumi, tetapi puncak dinding monumen hancur karena dijarah oleh Spanyol untuk membangun gereja di Cuzco. 


Sacsayhuaman 2

Wilayah di sekitar monumen menjadi sumber beberapa katakombe bawah tanah yang disebut chincanas, yang diduga digunakan sebagai lorong-lorong yang menghubungkan satu sama lain bangunan Inca yang ada.

Misteri

Kebanyakan ilmuwan setuju bahwa Sacsayhuaman berfungsi sebagai semacam benteng dinding penghalang, namun ini telah diperdebatkan. Bentuk yang aneh dan sudut dinding telah membuat sebagian berspekulasi bahwa itu mungkin memiliki fungsi yang lebih simbolis, salah satu contoh adalah jika dinding, dilihat di sebelah Cuzco dari atas, menyerupai bentuk kepala Cougar. 

Bahkan lebih misterius lagi mengingat metode yang digunakan dalam konstruksi. Seperti kebanyakan karya batu Inca, Sacsayhuaman dibangun dengan batu-batu besar yang dibangun bersama-sama begitu sempurna. Bagaimana Inca mengangkut dan mengangkat bongkahan batu yang sangat berat, masih belum sepenuhnya diketahui.

6. Stonehenge
Monumen aneh ini telah mengundang banyak perdebatan di kalangan sarjana, ilmuwan, dan sejarawan sejak Abad Pertengahan. Terletak di pedesaan Inggris tengara, diyakini dibuat 2500 SM, dan terdiri dari beberapa potongan batu raksasa yang diatur dan ditumpuk di atas batu sedemikian rupa yang awalnya diduga memiliki desain acak. 


Stonehenge

Situs ini dikelilingi oleh parit kecil melingkar, dan diapit oleh gundukan pemakaman di semua sisinya. Meskipun formasi batuan mengesankan, diperkirakan bahwa versi modern Stonehenge ini hanyalah sisa kecil dari monumen yang jauh lebih besar yang telah rusak. 


Stonehenge 2

Dengan berjalannya waktu, dan sebagian besar percaya bahwa proses pembangunan itu begitu lama antara 1500-7000 tahun.

Misteri
Stonehenge telah menjadi terkenal karena membingungkan para peneliti perihal konstruksi, penggunaannya, dan identitas sesungguhnya dari para pembuatnya yang dikenal sebagai Misteri Stonehenge. Orang-orang Neolitik yang membangun monumen ini, tidak meninggalkan catatan tertulis, sehingga para ilmuwan hanya dapat mendasarkan teori mereka pada sedikit bukti yang ada di lokasi. 

Tentunya hal ini menimbulkan spekulasi liar bahwa monumen itu ditinggalkan oleh alien, atau bahkan dibangun oleh beberapa masyarakat eon-lama yang memiliki teknologi maju manusia super. Namun teori lain menunjukkan bahwa situs itu tempat untuk penyembuhan rohani dan penyembahan nenek moyang yang sudah lama meninggal.

7.Monumen Yonaguni
Dari semua monumen terkenal di Jepang, mungkin tidak ada yang lebih membingungkan daripada Yonaguni, sebuah formasi batuan bawah air yang terletak di lepas pantai Kepulauan Ryuku. Monumen ini ditemukan pada tahun 1987 oleh sekelompok penyelam yang hendak mengamati hiu martil, dan segera memicu sejumlah besar perdebatan komunitas ilmiah Jepang. 


Monumen Yonaguni

Monumen ini terdiri dari serangkaian formasi batuan yang mencolok termasuk berukuran besar, diukir, dan pilar batu besar yang terletak pada kedalaman 5-40 meter. Ada formasi segitiga yang dikenal memiliki bentuk unik seperti kura-kura. 


Monumen Yonaguni 2

Arus di sekitar monumen ini dikenal sangat berbahaya, namun ini tetap membuat monumen Yonaguni menjadi salah satu lokasi menyelam yang paling populer di seluruh Jepang.

Misteri
Perdebatan seputar Yonaguni: adalah apakah monumen tersebut merupakan fenomena alam, ataukah buatan manusia? Para ilmuwan telah lama berpendapat bahwa ribuan arus kuat dan erosi telah mengukir formasi dasar laut, dan menunjukkan fakta bahwa monumen ini tidak dibuat oleh manusia. Meskipun, terdapat formasi batuan sudut persegi dan sudut 90 derajat sebagai bukti bahwa manumen ini dibuat oleh manusia. 

Para ilmuwan penasaran dengan satu formasi khusus, dimana terdapat bagian batu yang menyerupai ukiran kasar wajah manusia, sebagai bukti. Jika mereka benar, maka merupakan misteri yang bahkan lebih menarik: dibangunnya Monumen Yonaguni, untuk tujuan apa?

8. Great Sphinx of Giza
Sphinx adalah patung batu besar yang menggambarkan tubuh sekor singa berbaring dengan kepala dan wajah manusia. Hebatnya, patung ini diukir dari satu bagian batu monolitik, dengan panjang 240 kaki, lebar 20 kaki, dan tinggi 66 kaki, yang dianggap sebagai monumen terbesar dari jenisnya di dunia. 


Great Sphinx of Giza

Sebagian sejarawan berpendapat fungsi Sphinx secara simbolis, ditempatkan secara strategis di sekitar struktur penting seperti candi, makam, dan piramida. Great Sphinx of Giza tampaknya tidak berbeda. Ia berdiri berdekatan dengan piramida Firaun Khafra, dan sebagian besar arkeolog percaya bahwa itu adalah wajah sang diraun digambarkan pada patung tersebut.

Misteri
Meskipun reputasinya sebagai salah satu monumen paling terkenal dari jaman dahulu, tetapi masih sangat sedikit hal yang diketahui tentang Sphinx Agung Giza. Mesir Kuno mungkin memiliki pemahaman yang kecil mengapa patung itu dibangun, tapi kapan, bagaimana, dan dengan siapa patung ini dibuat? masih diselimuti misteri.

Diduga kuat Firaun Khafra otak utama, yang membuat struktur unik ini pada sekitar 2500 SM, namun ilmuwan lain berpendapat bahwa bukti erosi air pada patung menunjukkan hal yang jauh lebih tua dan bahkan mungkin mendahului era dinasti Mesir.

9. Georgia Guidestones
Merupakan monumen granit di Elbert County, Georgia, Amerika Serikat. Sebuah pesan tertulis dalam delapan bahasa modern, dan empat bahasa kuno ‘: Babilonia, Yunani Klasik, Sansekerta dan hieroglif Mesir.


Georgia Guidestones

Struktur dari Georgia Guidestones ini kadang-kadang disebut sebagai “American Stonehenge.” Monumen ini memiliki 5,87 m panjangnya, terbuat dari enam lembaran granit dengan berat total 107.840 kg.

Misteri
Sangat sedikit yang diketahui tentang siapa yang membangun Guidestones atau apa tujuan dibuatnya bangunan tersebut? Karena monumen ini dibangun selama puncak Perang Dingin, satu teori populer menyatakan bahwa Guidestones sebagai monumen untuk membangun kembali masyarakat setelah terjadinya bencana nuklir.

10. Pulau Paskah Moai
Merupakan patung-patung yang terdapat di Pulau Paskah yang dipahat dari batu. Sebagian besar patung tersebut berjenis monolitis, atau dipahat dari satu batu saja, walaupun ada juga yang mempunyai batu Pukau tambahan terpisah yang diletakkan di bagian kepala. Terdapat lebih dari 600 Moai yang tersebar di seluruh pulau. Sebagian besar moai dipahat dari batu karang vulkanik lunak yang terdapat di daerah Rano Raraku, di mana tersisa sekitar 400 moai lainnya yang belum jadi. 


Pulau Paskah Moai

Tambang tersebut sepertinya ditinggalkan tiba-tiba. Hampir seluruh moai yang telah selesai dipahat kemudian dihancurkan oleh penduduk pribumi setempat pada masa setelah berakhirnya konstruksi. Walaupun biasanya teridentifikasi melalui “kepala”, banyak moai yang mempunyai bahu, lengan dan batang tubuh yang telah tertimbun selama bertahun-tahun. Makna “moai” masih belum diketahui walaupun banyak teori mengenai asal-usul patung-patung ini.


Pulau Paskah Moai 2

Namun, teori yang paling dikenali ialah moai tersebut dipahat oleh penghuni asal Polinesia lebih dari seribu tahun lalu. Moai diyakini mewakili arwah leluhur (sebagai penanda kuburan), atau mungkin mewakili tokoh terkemuka serta sebagai simbol status keluarga. Moai sangatlah mahal untuk dipahat dan membutuhkan waktu yang lama. Moai juga harus diangkut untuk mencapai lokasi terakhir di sepanjang pulau. Tidak diketahui secara pasti bagaimana moai diangkut, tetapi proses tersebut pasti memerlukan kerekan atau/dan kayu gelondongan.

Misteri
Meskipun ada kesepakatan tentang mengapa Moai didirikan, bagaimanapun masih menimbulkan perdebatkan. Setiap Moai rata-rata berbobot beberapa ton, dan selama bertahun-tahun para ilmuwan bingung untuk menggambarkan bagaimana monumen batu ini diangkut dari Rano Raraku, di mana sebagian besar dari mereka dibangun, ke berbagai lokasi di sekitar pulau. 

Sedangkan dalam beberapa tahun terakhir, teori yang paling populer adalah bahwa pembangun menggunakan sleds kayu dan log rol untuk memindahkan Moai, jawaban yang juga akan menjelaskan bagaimana pulau yang pernah rimbun ini hampir benar-benar tandus karena deforestasi.




sumber
loading...