7 Tips Ampuh Untuk Mengatasi Rasa Gugup Pada Saat Naik Pesawat

Pada saat naik pesawat, rasa takut merupakan hal yang sering dialami banyak orang. Karena banyak yang merasa tak aman berada dalam ruang tertutup dan mengambang di ketinggian selama berjam-jam. Belum lagi jika pesawat mengalami turbulensi dan ada hal-hal tak nyaman saat naik pesawat.


7 Tips Ampuh Untuk Mengatasi Rasa Gugup Pada Saat Naik Pesawat
Seandainya kalian adalah salah satu orang yang sering merasa gugup saat naik pesawat atau bahkan takut, jangan khawatir. Berikut Dr Margaret Wehrenburg, seorang psikolog klinis dan penulis buku The Anxious Brain akan berbagi cara untuk mengatasinya, seperti dibawah ini.

1. Ingat bahwa rasa panik akan berlalu
Sangat penting untuk memahami bahwa rasa panik akan berlalu, ungkap Dr Wehrenburg. Serangan panik biasanya tak akan bertahan lebih dari beberapa menit. Jadi ketika mengalami serangan panik, ingatlah bahwa semuanya akan berlalu dan baik-baik saja. Jika kalian takut kehilangan kontrol diri saat merasa panik, maka ingatkan diri sendiri bahwa bahkan serangan panik yang parah tak bertahan lebih dari beberapa menit.

2. Mencari bantuan profesional
Ketika rasa takut dan gugup saat naik pesawat sudah sangat berlebihan, sebaiknya kalian mulai mencari bantuan profesional. Beberapa orang yang benar-benar tak bisa mengatasi rasa takut mereka saat naik pesawat bisa mendapatkan obat dari dokter untuk mengatasinya. Kapan saat mencari bantuan profesional? Ketika ketakutan kalian sangat besar hingga mengganggu karir atau perjalanan.

3. Siapkan mental
Sebelum naik pesawat, sebaiknya siapkan mental kalian terlebih dahulu. Ketika seseorang membayangkan mereka akan merasa takut, biasanya mereka tak membayangkan hal secara realistis karena menuruti rasa takut mereka. Jangan hanya membayangkan hal-hal menakutkan yang terjadi di pesawat, bayangkan juga hal-hal menyenangkan yang bisa dilakukan di pesawat. Ini akan membuat kalian lebih tenang.

4. Fokus pada hal positif
Dr Wehrenberg menjelaskan bahwa orang yang akan naik pesawat harus menghindari membaca atau mendengarkan berita mengenai kecelakaan pesawat dan sejenisnya. Orang yang memiliki ketakutan terhadap suatu hal cenderung berpikir sangat mendetail pada ketakutannya, misalkan dengan membayangkan kemungkinan terjadinya kecelakaan pesawat dan lainnya. Mereka tak berfokus pada hal positif seperti keamanan pesawat dan lainnya.

5. Alihkan perhatian
Pikirkan hal-hal yang akan kalian lakukan di pesawat selama perjalanan. Sesuaikan dengan berapa lama kalian akan berada di pesawat. Siapkan mainan puzzle, DVD, music player, majalah, atau hal lain yang kalian suka. Wehrenburg juga menyarankan untuk membawa permen peppermint atau wewangian lavender yang bisa memberikan efek menenangkan.

6. Temukan apa yang membuat takut
Franklin D Roosevelt pernah mengatakan bahwa "Satu-satunya hal yang harus kita takuti adalah rasa takut itu sendiri." Jadi temukan rasa takut kalian. Temukan apa yang membuat kalian merasa takut. Beberapa orang takut pesawat akan mengalami kecelakaan, beberapa takut merasa panik, dan lainnya. Jawab pertanyaan-pertanyaan mengenai apa yang membuat kalian takut, apa kemungkinan yang bisa terjadi ketika kalian merasa takut, apa yang akan kalian lakukan, dan lainnya. Ini akan membuat kalian lebih realistis dalam menghadapi ketakutan.

7. Bernapas
Salah satu teknik dasar untuk menenangkan diri adalah bernapas. Wehrenburg menyarankan agar kalian mengetahui bagaimana teknik bernapas untuk menenangkan diri. Caranya adalah dengan menarik napas dari hidung dan keluarkan lewat mulut secara perlahan. Meski teknik ini sebenarnya sudah sangat umum dilakukan, namun ini bisa sangat ampuh, karena bernapas adalah salah satu cara paling efektif untuk menghentikan rasa panik.

Jadi itulah beberapa cara untuk mengatasi rasa takut dan gugup saat naik pesawat. Coba terapkan cara di atas jika kalian mulai merasa takut sebelum melakukan perjalanan udara.



sumber