Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

Banyak Makan Kacang Bikin Umur Panjang

Mitos mengatakan banyak makan kacang bisa menimbulkan jerawat. Padahal, makan kacang justru menyehatkan. Sebuah studi yang dilakukan peneliti dari Dana-Farber Cancer Institute and Brigham and Women's Hospital, Amerika, menunjukkan orang yang rutin makan kacang-kacangan tampaknya memiliki angka harapan hidup lebih lama.

Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal New England Journal of Medicine ini menemukan manfaat terbesar bisa dirasakan oleh mereka yang rajin mengunyah kacang dalam porsi wajar sehari-hari. "Manfaat yang paling jelas adalah berkurangnya kematian akibat penyakit jantung sebanyak 29 persen. Namun, kami juga melihat penurunan yang signifikan, 11 persen, dalam risiko kematian akibat kanker," kata kepala peneliti Charles Fuchs dari Dana-Farber Cancer Institute and Brigham and Women's Hospital, seperti dilaporkan BBC, Ahad, 24 November 2013.

Peneliti mengatakan para pemakan kacang ini mungkin saja memiliki gaya hidup yang sehat. Meski demikian, kacang sendiri berkontribusi terhadap umur mereka yang lebih panjang. Studi ini diikuti hampir 120 ribu orang selama 30 tahun. Semakin teratur para responden mengkonsumsi kacang-kacangan, semakin kecil kemungkinan mereka meninggal selama penelitian berlangsung. Orang yang makan kacang seminggu sekali kemungkinannya untuk meninggal selama studi adalah 11 persen lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah makan kacang.

Meskipun demikian, British Heart Foundation mengatakan penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan hal ini. "Sementara ini merupakan kaitan yang menarik, kita perlu penelitian lebih lanjut untuk mengkonfirmasi apakah itu kacang yang melindungi kesehatan jantung, atau ini adalah aspek lain dari gaya hidup masyarakat," kata Victoria Taylor, ahli gizi senior di British Heart Foundation.

Namun, dia mengakui bahwa kacang-kacangan termasuk jenis makanan yang sehat. Kacang-kacangan, kata Taylor, mengandung lemak tak jenuh, protein, dan berbagai vitamin dan mineral dan pengganti yang baik untuk makanan ringan seperti cokelat, kue dan biskuit. Dia menyarankan konsumsi kacang sebaiknya dengan rasa yang polos ketimbang yang manis, asin, kering-panggang atau yang berlapis coklat karena akan menjaga kadar garam dan asupan gula tetap rendah.



sumber
loading...