5 Tanaman “bau busuk” Selain Bunga Rafflesia

Hingga saat ini menurut data yang terkumpul, ternyata tidak semua bunga yang ada di muka bumi menarik perhatian baik manusia maupun serangga. Hal tersebut disebabkan karena tidak semua bunga memiliki aroma yang menarik, dan tidak memiliki racun. Namun demikian tidak semua serangga membenci nya, mereka yang menyukai bau busuk akan datang menghampirinya. Jika Rafflesia Arnoldi telah popular dengan kebusukan nya, namun ternyata masih banyak bunga lainnya yang tak kalah baunya. Nah, berikut ini adalah 5 tanaman “bau busuk” selain Bunga Rafflesia. 

1. Kubis Western Skunk (Sigung Barat)
Tak heran jika kubis yang satu ini dinamai sigung, karena bau keduanya sama-sama busuk dan menyengat. 



Tanaman yang tumbuh di area rawa dan hutan ini sangat disukai oleh lalat, kumbang dan serangga lainnya. Kubis Sigung dewasa mampu tumbuh hingga 30 sentimeter lebih dengan diameter batang dari 2,5 hingga 5 cm. Sementara daun nya mampu tumbuh hingga 50 hingga 135 sentimeter panjangnya, dengan luas 30 sampai 80 sentimeter.

2. Bunga Bintang
Bunga Bintang yang memiliki warna menarik ini ternyata memiliki rambut halus dengan bau busuk luar biasa. Bunga Bintang yang telah mekar dengan sempurna memiliki ukuran yang besar, dengan aroma yang menyengat. 



Dan fungsi rambut halus yang tumbuh di dalam bunga membentuk sebuah lapisan seperti terdapat pada daging busuk. Lapisan tersebut sangat disukai oleh serangga sebagai tempat menyimpan telur-telur mereka.

3. Jack the Pulpit
Bunga di atas memiliki rambut halus yang tumbuh melingkar, ternyata itu adalah sebuah jebakan yang dimiliki oleh Jack the Pulpit untuk mengelabui serangga. Bunga Jack the Pulpit akan menutup seketika setelah ada serangga yang masuk.



Semua bagian tanaman Jack the Pulpit dapat menyebabkan reaksi alergi dan sengatan, serta bau yang dapat menarik perhatian serangga untuk datang menghampiri. Tidak heran jika para peternak selalu menghindari ternaknya untuk berada di lahan yang banyak tumbuh Jack the Pulpit.

4. Palem Talipot
Tanaman jenis palem yang satu ini mampu tumbuh hingga 6 sampai 8 meter tingginya, dan puncaknya dipenuhi oleh bunga-bunga kecil. Disebutkan bahwa Palem Talipot merupakan salah satu tanaman berumur cukup panjang, yakni 30 hingga 80 tahun. 



Walaupun demikian Palem Talipot baru berbunga dan berbuah setelah beberapa tahun, meski demikian Talipot memiliki rasa manis dan aroma yang harum. Tak heran jika getahnya dijadikan sebagai bahan minuman wine.

5. Bunga Lili Voodoo
Bunga Lili yang satu ini ukurannya besar namun baunya pun luar biasa busuk nya, hanya lalat Lucilia dan beberapa serangga saja yang tertarik terhadap bunga Lili Voodoo ini. Tanaman bunga Lili Voodoo ini tidak pernah berhenti untuk menarik dan menjebak serangga, siang dan malam selalu menebarkan serbuk sari dengan baunya yang menyengat.



Dengan bau menyengat baik lalat dan serangga lainnya akan berdatangan dengan rasa lapar yang tinggi. Namun serangga yang malang itu tidak mengetahui bahwa bebauan itu adalah sebuah jebakan. Bunga Lili Voodoo masih satu famili dengan bunga bangkai, itulah kenapa tabiat nya sama.


sumber