7 Hidangan Spesial Untuk Terakhir Kalinya Sebelum Para Napi Dihukum Mati

Meskipun mereka sering kali dicaci dan dimaki akibat berbagai kejahatan brutal yang dilakukannya, namun seorang terpidana hukuman mati tetap mendapatkan hak khusus di sisa-sisa hidupnya. Salah satunya adalah santapan terakhir yang dimakan sebelum ajal menjemput mereka.

Terinspirasi dari rasa memaafkan dan empati yang mendalam, seorang seniman asal Brooklyn Julia Ziegler Haynes menghidupkan kembali makanan yang dipesan oleh terpidana mati di Amerika.

Proyek yang diberi nama 'santapan spesial' itu dimasak dan disajikan dengan cara yang sama persis sesuai dengan catatan kesukaan dan spesifikasi yang dinginkan oleh sang tahanan untuk kemudian diabadikan ke dalam foto.

Dari makanan fast-food hingga satu buah biji zaitun, berikut ini adalah koleksi foto Julia yang menggambarkan menu terakhir yang dinikmati para napi beberapa jam sebelum hukuman mati dilakukan.

1. Robert Anthony - Hanya meminta satu buah zaitun
Robert Anthony Buel di eksekusi menggunakan suntik mati pada tanggal 24 September 2002 di Lucasville, Ohio, akibat membunuh seorang bocah berusia 11 tahun. 


7 Hidangan Spesial Untuk Terakhir Kalinya Sebelum Para Napi Dihukum Mati

Diantara koleksi makanan terakhir yang diinginkan, Buel terbilang yang paling unik karena hanya meminta satu buah zaitun.

2. Lewis Eugene Gilbert II - Pizza dan kue ulang tahun
Pada tanggal 1 Juni 2003, Lewis Eugene Gilbert II dihukum mati di McAlester, Oklahoma.



Ia di eksekusi atas tindakan pembunuhan terhadap seorang wanita berusia 37 tahun. Makanan yang dipesan oleh Gilbert adalah pizza dan kue ulang tahun.

3. Hasting Arthur Wise - Lobster, kentang french fries, susu dan puding pisang
Pada tanggal 4 November 2005 Hasting Arthur Wise divonis mati. Saat itu ia di eksekusi menggunakan suntikan mati setelah divonis bersalah atas serangkaian pembunuhan terhadap seorang wanita berusia 27 tahun dan tiga orang pria berusia 56, 30 dan 31 tahun. 



Sebagai permintaan terakhirnya, Wise memesan seekor lobster, kentang french fries, susu dan puding pisang. 

4. David Leon Woods - Satu kotak cokelat dan satu kotak cone es krim
Pada tanggal 4 Mei 2007, David Leon Woods di eksekusi di Michigan City, Indiana. 



Setelah dinyatakan terbukti bersalah telah membunuh seorang pria berusia 77 tahun. Makanan terakhir yang diminta oleh Woods adalah setengah galon es krim vanila, satu kotak cokelat dan satu kotak cone es krim.

5. Jackie Williams - Ferrucine Alfredo, pizza, breadstick dan roti peppermint 
Pada tanggal 24 Juni 2003 Jackie Williams di eksekusi menggunakan suntik mati, di McAlester, Oklahoma akibat membunuh seorang wanita berusia 62 tahun. 



Sebelum di eksekusi Jackie memesan Ferrucine Alfredo, pizza, breadstick dan roti peppermint.

6. James Rexford Powell - Satu teko kopi
Pada tanggal 1 Oktober 2002, James Rexford Powell di eksekusi menggunakan suntik mati di Huntsville, Texas. 



Karena terbukti bersalah telah membunuh seorang gadis berusia 10 tahun. Untuk hidangan terakhirnya, Powell meminta sipir menyediakan satu teko kopi.

7. Peter J. Miniel - Coca Cola dan Pepsi, dua gelas root beet dan jus jeruk 
Pada  tanggal 6 Oktober 2004, Peter J. Miniel di eksekusi menggunakan suntik mati di Huntsville, Texas, akibat membunuh seorang remaja berusia 21 tahun. 



Sebagai hidangan terakhir, Peter meminta porsi makanan yang cukup besar, mulai dari pizza, burger, spagheti dengan garam, kue buah, cokelat, kue vanila, biskuit dan es krim, es krim karamel, dua kaleng Coca Cola dan Pepsi, dua gelas root beet dan jus jeruk.


sumber