8 Sosok Hantu Menyeramkan dari Pulau Kalimantan

Seperti yang telah kita ketahui, beda lokasi maka beda pula hantunya. Bagaimana tidak, nyatanya di Kalimantan ini sosok hantunya justru beda dengan di beberapa lokasi di Indonesia atau bahkan di luar negeri. Seperti apa saja sosok yang dibilang menyeramkan itu? Penasaran, simak 8 sosok hantu seram dari Kalimantan berikut ini.

1. Rabing
Menurut rumor yang beredar, Rabing berwujud seperti tikar yang terdapat di dalam air. Biasanya mendiami sungai-sungai yang angker dan sewaktu-waktu muncul kepermukaan. 


8 Sosok Hantu Menyeramkan dari Pulau Kalimantan

Konon hantu ini dapat menggulung manusia yang berenang sehingga mereka kehilangan nyawa karena lemas. Kadang-kadang juga digambarkan sebagai sosok makhluk seperti labi-labi. Lokasi diduga sering ditemukan : sungai dan danau.

2. Hantu Jaring (hantu hujan panas)
Konon hantu ini sering muncul pada saat hujan panas. Diyakini oleh orang Kalimantan Barat sering mengganggu anak kecil dengan menyembunyikannya. 


Hantu Jaring (hantu hujan panas)

Untuk menangkal hantu jaring ini biasanya dengan menyisipkan daun atau rumput di daun telinga. Lokasi diduga sering ditemukan : belakang rumah, sawah dan lapangan.

3. Hantu Kambe`
Hantu ini merupakan jenis hantu yang berwujud setengah kambing (binatang) dan setengah manusia. Ada yang menceritakan hantu ini memiliki badan manusia dengan rambut yang panjang dan berkaki kambing (seperti faun dalam dongeng eropa), tetapi ada juga yang meyakini hantu ini berwujud seperti kambing dengan surai yang panjang. Hntu ini bertubuh kerdil dan biasanya mengganggu kambing. 



Konon kehadiran Hantu Kambe` biasanya diikuti dengan suara kambing ribut yang diyakini disebabkan hantu ini ikut menyusu pada induk kambing. Lokasi diduga sering ditemukan : semak berlukar dan kandang kambing.

4. Kuntilanak (Pontianak)
Biasanya Kuntilanak atau Pontianak merupakan jenis hantu yang sangat umum diketahui oleh penduduk Kalimantan Barat bahkan oleh semua warga Indonesia. 


Kuntilanak (Pontianak)

Hantu Pontianak sering digambarkan sebagai wujud wanita cantik yang berambut sangat panjang dan berbaju putih. Suara tertawanya seram dan kebanyakan meringkih. Lokasi diduga sering ditemukan : kuburan, pohon, rumah tua dan hutan. 

5. Balai Seribu
Jenis hantu ini sering mengganggu orang yang masuk ke hutan yang lebat. Kedatangannya ditandai dengan angin kencang. 



Tidak begitu jelas deskripsi atau wujudnya. Diyakini dapat menyebabkan kematian. Lokasi diduga sering ditemukan : hutan belantara.

6. Jembalang Tanah
Sementara hantu seram yang berada di hutan-hutan ini diyakini sering mengganggu pejalan kaki dan mengakibatkan kaki korban bengkak tidak bisa berjalan. 



Lokasi diduga sering ditemukan : hutan dan lapangan.

7. Bute
Hantu ini berwujud sapi dengan ukuran yang besar. 



Dapat mengganggu manusia yang masuk ke hutan, tetapi biasanya mengganggu sapi ternak penduduk yang dapat mengakibatkan kematian ternak dengan mulut yang berbuih. Lokasi diduga sering ditemukan : hutan, kebun, lapangan, semak dan kandang sapi.

8. Hantu Penanggal
Hantu ini berwujud kepala yang dilengkapi dengan organ dari leher sampai perut tetapi tanpa badan (hanya organnya saja). Mobilisasi dengan terbang menggunakan telinganya yang lebar. Sering mengganggu hewan atau manusia yang akan melahirkan serta diyakini biasanya memakan telur ayam peliharaan penduduk. 



Menurut cerita, hantu leak memiliki badan seperti manusia dan pada saat akan mengganggu penduduk, kepalanya beserta organ dalamnya keluar dari tubuh. Untuk membunuhnya dapat menggunakan daun jeruju atau duri dan dimasukkan ke dalam rongga tubuh yangditinggalkan tadi. Ada juga yang mengatakan dapat dibunuh dengan memutar posisi badan yang ditinggalkannya. Lokasi diduga sering ditemukan : kandang ayam, rumah bersalin dan rumah penduduk yang akan melahirkan.


sumber