5 Politisi Dengan Vonis Tertinggi Kasus Korupsi

Korupsi seakan-akan menjadi budaya bagi politisi di Indonesia, hampir dari semua golongan partai ada anggotanya yang terkena skandal kasus korupsi, untuk memberantas korupsi Presiden SBY membangun KPK untuk memberantas koruptor edi Indonesia.
Namun hal itu belum bekerja dengan optimal dikarenakan masih banyaknya para elit politik yang terkena skandal tikus berdasi ini, berikut daftar 5 orang politisi dengan vonis tertinggi terkait kasus korupsi di Indonesia di bawah ini.

1. Luthfi Hasan Ishaaq (16 Tahun) PKS
Vonis 16 tahun untuk eks presiden PKS Luthfi Hasan menelurkan sebuah rekor, ini merupakan rekor tertinggi untuk seorang politisi yang terjerat kasus korupsi dan pencucian uang.

Pada senin, 9 desember 2013, Luthfi dijatuhi 16 tahun penjara dan denda Rp. 1,3 Milyar karena terbukti menerima suap terkait pengaturan kuota daging impor di kementan pada tahun 2013.

2. Zulkarnain Djabar (15 Tahun) Partai Golkar
Rekor sebelumnya dipegang oleh Zulkarnain Djabar, politisi berlambang pohon beringin ini di ganjar dengan vonis 15 tahun penjara karena terbukti korupsi proyek pengadaan Al-quran.

3. Angelina Sondakh (12 Tahun) Partai Demokrat
Diurutan ketida dihuni oleh mantan putri Indonesia Angelina Sondakh, angie yang juga istri dari mendiang Adji Masaid ini terbukti korupsi kasus wisma atlet.

Angie yang sebelumnya di vonis 4,5 tahun penjara berubah menjadi 12 tahun penjara dan harus mengembalikan uang hampir Rp. 40 Milyar, politisi dari Partai Demokrat ini adalah wanita pertama yang mendapat hukuman paling tinggi kasus korupsi di Indonesia

4. Al Amin Nasution (8 Tahun) PPP
Terdakwa kasus suap alih fungsi hutan Al amin nasution di vonis 8 tahun penjara, majelis menilai Al amin hanya terbukti dalam dua kasus dari tiga kasus korupsi yang disangkakan kepada jaksa.

Al Amin juga mendapat hukuman membayar denda sebanyak Rp. 250 juta subsider 6 bulan penjara. Hukuman ini lebih ringan dari tuntutan jaksa sebelumnya yang meminta hakim menjatuhi hukuman denda Rp. 500 juta subsider 6 bulan penjara.

5. M. Nazaruddin (7 Tahun) Partai Demokrat
Masih dari politisi Partai Penguasa 2 periode, mantan bendahara umum Partai Demokrat M. Nazaruddin divonis bersalah karena korupsi wisma atlet dan di vonis 7 tahun Bui.
Nah itulah kelima politisi yang sekarang mendekam di dalam bui, siapa lagi selanjutnya yang bakalan menyusul mereka?