Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

10 Planet Horor Yang Pemandangannya Sangat Menyeramkan di Jagad Raya

Apabila kita bisa melakukan petualangan diluar angkasa tentunya sebuah hal yang sangat mengagumkan. Namun, sejauh apapun manusia berkelana di luar angkasa, misteri selalu menyertai dan membuat manusia semakin merasa kecil di galaksi ini.

Meskipun demikian, manusia berhasil menemukan 10 planet di galaksi ini yang punya kondisi ekstrim dan mengerikan. Jika manusia berhasil sampai ke sana, kematian siap mengintai. Jangan pernah berpikir untuk ke sana!

1. Venus
Venus mungkin terlihat indah dari Bumi, namun ternyata kondisi planet tersebut sungguh ganas untuk didiami manusia. Venus diketahui sebagai planet paling mengerikan di tata surya. Udaranya dapat membuat manusia keracunan. 



Tekanan udara di sana dapat mencapai 100 kali lebih besar dari bumi. Dan satu lagi, suhu di sana mencapai 475 derajat Celcius ditambah dengan sedikit kandung asal sulfat menghujani kamu. 

2. Mars
Di planet merah ini, badai debu dapat muncul secara tiba-tiba dan menyelimuti seluruh planet selama berhari-hari. Badai tersebut dikategorikan sebagai badai terbesar dan terparah di dalam sistem tata surya. 


Mars

Tinggi badai nya saja bisa mencapai tinggi gunung Everest dengan kecepatan angin mencapai 300 kilometer per jam. 

3. CoRoT-7b
Panas yang dipancarkan oleh bintang yang menerangi planet ini saking panasnya sampai bisa membuat batu menyublim dan menguap. Jika gambaran tersebut masih kurang meyakinkan bahwa planet ini sungguh mengerikan, ada bukti lain yang bakal membuat tercengang. 



Orbit planet tidak sempurna membuat planet ini rawan bergesekan dengan planet kembaran nya. Saat gesekan terjadi, permukaan planet akan memanas luar biasa. 

4. COROT exo-3B
Merupakan planet di luar tata surya yang dikenal sebagai yang terbesar dan terpadat. Ukurannya hampir sama seperti planet Jupiter, namun massa nya 20 kali lebih padat. Dengan massa planet yang begitu besar, tentunya hal tersebut berdampak pada gravitasi planet. 



Dengan massa 20 kali lebih besar, seorang manusia yang berjalan di permukaannya punya bobot 50 kali lebih berat ketimbang saat berjalan di atas Bumi. Hal tersebut langsung membuat kerangka manusia remuk dari dalam dalam hitungan menit. Rasanya seperti tertindih gajah tepat di dadamu. 

5. Pluto
Catatan: Pluto kini sudah tak bisa dikategorikan sebagai planet. 
Jangan terkecoh dengan gambar di atas karena gambar tersebut bukanlah negeri salju. 


Lingkungan Pluto berhawa sangat dingin karena atmosfir nya tersusun atas nitrogen cair, karbon monoksida, dan gas metan menyelimuti permukaannya seperti salju. Pada cuaca cerah nya saja, suhu Pluto hanya mencapai -228 sampai minus 238 derajat Celcius. Tubuhmu jelas langsung membeku.

6. 51 Pegasi B
Planet ini juga diberi julukan Bellerophon, diambil dari nama pahlawan Yunani yang berhasil menjinakan kuda Pegasus. Planet satu ini punya massa 150 kali lebih besar dari planet Bumi dan tersusun atas hidrogen dan helium. Hal yang paling mengerikan dari planet ini adalah fakta bahwa suhu permukaan planet nya mencapai 1000 derajat celscius. Pasalnya letak bintang yang menjadi sumber cahaya Bellerophon terhitung lebih dekat dibandingkan jarak Bumi ke Matahari. Suhu panas ekstrem ini pula yang memicu timbulnya angin panas dengan kecepatan 1000 kilometer per jam. 



Suhu ekstrem tersebut juga mengakibatkan tidak adanya air di permukaan planet nya. Jangankan air, besi saja bisa sampai menguap, Uap besi tersebut pada akhirnya membentuk awan besi dan saat muatan awan besi sudah terlalu berlebihan, maka akan timbul hujan bijih besi panas. 

7. Jupiter
Atmosfir Jupiter menghasilkan badai yang besarnya dua kali ukuran Bumi kita. Planet raksasa ini menciptakan angin super kencang yang kecepatannya 400 mil per jam dan petir raksasa yang menyambar dan bercahaya seratus kali lipat dari yang tercipta di bumi. Sekali kilat menyambar, cahayanya dapat membuat manusia buta.



Di bawah badai maha mengerikan ini terdapat samudera sedalam 40.233 kilometer yang komposisi nya adalah hidrogen metal cair. Di Bumi, hidrogen adalah zat yang tak berwarna serta transparan, namun di inti Jupiter, hidrogen berwujud lain yang tak mungkin bakal kita temui di Bumi. 

8. Neptunus
Di planet Neptunus ada angin kencang menyusuri permukaan planet dengan kecepatan mengerikan. Aliran angin tersebut menghembuskan awan beku dari belahan utara planet menuju ke Great Dark Spot, sebuah titik di mana di tempat tersebut terdapat badai seukuran Bumi. 



Gambaran angin di atas jelas melebihi dari apa yang dapat diterima oleh manusia. Jika ada orang yang berhasil mendarat di planet tersebut ia bisa dipastikan akan terkoyak-koyak dengan angin liar berkecepatan super. 

9. WASP-12b
Merupakan planet terpanas yang pernah ditemukan ilmuwan hingga saat ini. Suhu permukaan planet nya saja sampai 2.200 derajat Celcius karena orbit nya sangat dekat bintang yang meneranginya. Orbit tersebut terhitung paling dekat di antara semua planet yang diketahui. 



Benda apa pun (termasuk manusia) akan langsung terbakar saat masuk ke dalam atmosfir nya. Sebagai perbandingan, suhu permukaan planet nya dua kali suhu lava pijar dan setengah kali suhu Matahari.

10. Planet Karbon
Unsur karbon biasanya hanya menyusun 0,1 persen dari total zat yang memenuhi Bumi. Oleh karena itu materi dari bahan karbon seperti minyak bumi dan diamond sangat sedikit jumlahnya. Tapi tahukah bahwa di dekat pusat galaksi ini terdapat sebuah planet yang komposisi karbon nya lebih banyak dari oksigen sekalipun. Planet tersebut dinamakan planet karbon.



Setiap pagi langitnya begitu biru dan cerah, dengan sedikit awan berwarna kuning. Jika dijelajahi sedikit lagi, bakal ada lautan yang terbuat dari minyak dan aspal. Permukaan planet nya dipenuhi dengan gelembung yang mengeluarkan gas metan. Hujan nya pun berupa minyak dan juga aspal. Manusia jelas tak disarankan pergi ke sana.


sumber
loading...