10 Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar

10 Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar

Memiliki bekas luka tentunya dapat menganggu penampilan, terlebih jika bekas luka ini terdapat didaerah yang mudah dilihat misalkan di wajah, betis, atau tangan. Ada beberapa bahan alami yang dapat membantu menghilangkan bekas luka bakar di kulit anda. Berikut ini 10 Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar Secara Alami dan Cepat

1. Buah mengkudu 
Buah mengkudu mengandung zat anti peradangan, antioksidan, dan kemampuan analgesik. Kandungan tersebut bermanfaat bagi kulit khususnya untuk penghilang bekas luka karena zat tersebut mampu membantu meregenerasi sel kulit mati. caranya blender buah mengkudu hingga halus, kemudian oleskan pada area kulit yang terdapat bekas luka, diamkan 15-20 menit kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin 2-3 kali seminggu, dan hasilnya kulit bekas luka anda akan segera hilang.

2. Lidah Buaya 
Tanaman ini biasa dikenal sebagai tanaman penumbuh rambut secara alami. Belakangan, lidah buaya juga digunakan untuk perawatan kulit. Tak heran, karena kandungan lignin dan asam amino yang terdapat pada tanaman ini dapat melembabkan kulit dan meregenerasi sel kulit. Lidah buaya juga memiliki anti-radang yang dapat mengurangi radang pada kulit dan menghilangkan bekas luka. Caranya, cukup oleskan lendir lidah buaya pada bekas luka secara rutin. Berhati-hatilah agar tidak kena bagian getah dari lidah buaya tersebut karena getah tersebut dapat membuat kulit terasa gatal.

3. Bawang Putih
Sejak 3000 SM, Orang Cina telah menggunakan bawang putih sebagai obat pilek, obat kanker, dan obat penurun darah tinggi. Tidak hanya itu, belakangan ini bawang putih juga diketahui dapat mengatasi bekas luka yang menjadi keloid sehingga jika Anda yang bekas lukanya sudah menjadi keloid tidak perlu khawatir karena efek anti-proliferasi yang terdapat pada bawang putih dapat menekan pertumbuhan kolagen dan menekan perkembangan dari keloid. Caranya, iris atau parut bawang putih. Kemudian, oleskan irisan atau parutan tersebut ke bekas luka keloid dan biarkan hingga kering dan bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin agar luka keloid tidak terus membesar dan bekas luka tersebut hilang.

4. Buah Pare
Buah pare dapat digunakan sebagai bahan yang dapat menghilangkan bekas luka bakar di kulit anda. Kandungan dalam buah pare dapat menjaga kulit dari sengatan sinar ultraviolet yang dapat membakar kulit, sekaligus meregenerasinya dengan sel kulit baru. Buah ini dapat dikonsumsi, meski rasanya pahit tapi khasiatnya sudah terbukti ampuh. Jika anda tak kuat dengan rasa pahitnya, gunakan buah pare sebagai masker untuk kulit anda yeng terdapat bekas luka bakarnya, lakukan secara rutin 2-3 kali dalam seminggu agar bekasnya cepat hilang.

5. Madu 
Cairan yang menyerupai sirup, kental dan memiliki rasa manis ini juga bisa merangsang regenerasi sel, mendinginkan, mengurangi nyeri dan menghilangkan bekas luka. Agar mendapatkan manfaat dari madu, James F Balch dan Phyllis A. Balch, dalam Prescription for Nutritional Healing menganjurkan untuk menggunakan madu yang masih alami. Oleskan madu secara merata pada luka. Biarkan selama 20-30 menit. Kemudian, bilas dengan air hangat. Lakukan beberapa kali sehari dan rutin.

6. Daun Mint 
Tanaman yang terkenal dengan nama Mentha Piperita ini adalah sebuah tanaman herbal yang banyak digunakan untuk berbagai produk seperti odol, obat kumur maupun minyak angin. Selain itu, daun mint juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan kulit. Daun mint juga sering digunakan untuk membantu jerawat, luka bakar, dan bahkan juga ampuh untuk menghilangkan bekas luka. Caranya, ambillah beberapa lembar daun mint. Cuci bersih dan haluskan hingga membentuk scrub. Selanjutnya oleskan ke area luka Anda.

7. Mentimun
Mentimun memiliki kandungan air yang cukup banyak sehingga memberi efek menyegarkan, mentimun juga mengandung vitamin C yang dapat menangkal radikal bebas. Manfaat buah ini bagi penyembuhan bekas luka dapat dilakukan dengan mengoleskan timun yang sudah dihaluskan pada area bekas luka setiap malam sebelum tidur, lakukan secara rutin untuk menghasilkan kulit bersih dari bekas luka.

8. Minyak Zaitun
Selain digunakan untuk menambah cita rasa pada makanan ternyata mnyak zaitun juga dapat digunakan untuik membantu mengangkat bekas luka.Cukup dengan cara mengoleskan minyak zaitun pada bekas luka,niscaya bekas luka akan terangkat.

9. Lemon atau Jeruk Nipis
Ekstrak lemon bermanfaat sebagai vitamin C alami yang sangat cepat menyembuhkan kulit terbakar. Caranya dengan mengambil 1 buah jeruk nipis, lalu belah sehingga menjadi beberapa bagian. Kemudian oleskan pada bagian bekas luka anda, setelah itu bilas dengan air hangat. Untuk penggunaan pertama kulit akan terasa sedikit perih, tetapi jangan khawatir hal ini dikarenakan proses untuk menghilangkan noda hitam yang muncul di kulit.

10. Kunyit
Kunyit yang diaplikasikan sebagai masker pada kulit yang terdapat bekas luka bakar, terbukti efeektif menghilangkan bekas luka bakar tersebut. Caranya mudah, tumbuh sati ruas kunyit hingga halus, tambahkan sedikit air hingga berbentuk pasta kmudian oleskan pada bekas luka bakar, lakukan dua kali dalam sehari agar bekas lukanya segera hilang. Kandungan antiseptik dan antibakteri dalam kunyit membantu membunuh kuman sekaligus mrangsang tumbuhnya sel kulit yang baru sehingga efektif untuk menghilangkan bekas luka bakar di kulit anda.