Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

Foto Selfie Tanda Anda Butuh Perhatian

Pernahkah mengabadikan gambar diri sendiri dengan kamera atau ponsel lalu mengunggahnya di jejaring sosial? Bisa jadi pernah. Kebanyakan orang melakukan ini. Pertanda apakah ini?

Menurut Psikolog, Salma Prabhu yang dikutip Indiatimes, Selasa (10/12/2013). "Selfies atau selfie adalah upaya untuk menunjukan kepada orang banyak betapa hebatnya dia namun hal tersebut bisa jadi bertujuan ingin diperhatikan," kata Prabhu.

Tidak hanya Prabu, Psikologis Klinis dan Ahli Media Sosial, Ankita Gaba mengatakan hal yang serupa, "Foto sendiri yang dilakukan juga oleh diri sendiri bukan karena kepercayaan diri Anda tinggi tetapi karena butuh perhatian," kata Gaba menjelaskan.

Jejaring sosial beberapa pekan lalu diramaikan gambar dengan hashtag #selfie yaitu gambar seseorang yang diambil oleh dirinya sendiri kemudian diunggah di instagram, twitter dan facebook. Hashtag #selfie pertama beredar di instagram ketika salah satu pengguna akun bernama Jennifer Lee pada 16 Januari 2011 mengunduh foto dirinya sendiri kemudian diikuti 57 juta pengguna IG (Instagram).

Para tokoh terkenal pun pernah melakukan hal ini diantaranya Michelle Obama, Sonam Kapoor dan Nicki Minaj. Menurut Gaba selfie dilakukan juga karena sudah banyak ponsel ataupun gadget yang beredar memiliki fasilitas kamera depan.

"Karena teknologi sekarang sudah semakin canggih, hampir semua gadget sudah ada kamera depan dan mudahnya mengunduh langsung ke jejaring sosial. Ini juga bisa menjadi penyebab foto selfie banyak penggemarnya," ujarnya.

Prabhu memperingatkan selfie dapat mengubah seseorang menjadi orang yang ambisius yang memiliki obsesi yang tidak sehat.

"Nanti lama kelamaan kalau terus dilakukan bisa menyebabkan seseorang memiliki obsesi yang tidak sehat karena kurangnya perhatian itu," kayanya.

Menanggapi hal tersebut Instruktur Bahasa Tubuh, Riddhi Doshi Patel pun mengatakan selfie itu adalah sesuatu yang memperlihatkan justru dirinya tidak percaya diri.

"Mungkin subjek terlihat percaya diri, tapi justru tidak ada sesuatu yang ditahan. Saat foto sendiri senyum tidak akan terlihat tulus karena foto tersebut direncanakan dan tidak ada ekspresi tulus ketika foto itu diambil diri sendiri," katanya menjelaskan.

Sebuah penelitian di Inggris baru-baru ini dilakukan dengan melibatkan 2.000 orang pengguna jejaring sosial. Hasil penelitian menunjukan 17 persen pria mengaku pernah melakukan selfie sedangkan perempuan hanya 10 persen.

"Sebaiknya kalaupun ingin melakukan benar-benar perlihatkan muka dan senyum yang tulus sehingga tidak ada anggapan Anda butuh perhatian," kata Ridhi Patel.


loading...