10 Cara Agar Twitter Terhindar Dari Phishing

10 Cara Agar Twitter Terhindar Dari Phishing

Akhir-akhir ini tingkat kejahatan dunia maya Indonesia terbilang tinggi. Salah satunya adalah Phishing melalui Twitter. Banyak akun-akun yang tertipu sehingga terkena autoretweet. Phishing merupakan upaya seseorang untuk mencuri identitas atau informasi penting pengguna internet dengan membuat situs palsu yang mirip dengan aslinya. Data-data yang dicuri biasanya berupa e-mail, username, password, dll. Nah, untuk menghindari phishing tersebut berikut 10 Cara Agar Akun Twitter Terhindar Dari Phishing.

1. Jangan klik link yang dikirim melalui DM (Direct Message)
Biasanya orang dengan mudahnya mengklik link yang dikirim melalui DM. Walaupun linknya menarik, jangan sampai Anda tertipu dengan link tersebut. Cara ini merupakan trik yang populer bagi penjahat Phishing di Twitter.

2. Waspadai akun-akun palsu
Di Twitter sudah banyak akun-akun fake atau palsu yang menyusupkan link-link berbahaya seperti phishing. Anda jangan tertipu dengan tweet-tweet mereka yang menarik. Jika menemukan akun palsu tersebut segera laporkan sebagai spam di Twitter dan block akun tersebut.

3. Jeli dalam melihat halaman situs Phishing atau bukan
Jika Anda terlanjur mengklik link phishing tersebut, jangan pernah memperbolehkan sistus tersebut mengakses akun twitter Anda. Anda harus jeli melihat tampilan halaman Twitter beserta URL-nya. Jangan sampai terkena perangkap phishing dengan tidak buru-buru memasukkan nama dan kata sandi (authorize apps). Jika situs tersebut mencurigakan, segera tutup halaman phishing tersebut.

4. Revoke aplikasi yang dapat mengakses akun Twitter
Cara ini sangat mudah, Anda tinggal menuju ke setting Twitter dan klik di bagian Apps, kemudian lihat aplikasi apa saja yang dapat mengakses akun Twitter Anda. Lakukan revoke apps jika aplikasi tersebut mencurigakan dan tidak resmi.

5. Ganti password Twitter Anda
Setelah Anda me-revoke aplikasi tersebut segeralah ganti password akun Twitter Anda agar tak disalahgunakan lagi oleh Phisher. Ini merupakan cara efektif agar akun tak lagi autoretweet. Twitter sendiri telah berinisiatif untuk me-reset semua password akun-akun yang diduga terkena hack/phishing. Namun, untuk menunggu Twitter me-reset password kita tentu merupakan hal yang tidak jelas kapan terjadi mengingat ratusan juta akun Twitter yang ada dan yang terkena hacking tersebut pun jumlahnya tidak sedikit.

6. Jangan tertipu situs penambah Followers
Saat ini banyak situs-situs untuk menambah followers secara gratis dan instant. Beberapa situs tersebut merupakan situs Phishing yang mengakibatkan akun Twitter Anda dapat diakses oleh pemilik situs phishing tersebut. Saya sarankan Anda jangan tergiur dengan situs untuk menambah followers.

7. Jangan mengklik link yang muncul di timeline Anda
Ketika membuka Twitter, hal yang pertama dilihat yaitu timeline. Di linimasa Twitter tersebut banyak akun-akun yang kita follow meretweet link-link yang kemungkinan besar terkena phishing. Jangan pernah mengklik link yang diretweet tersebut meskipun sangat menarik. Biasanya link phishing mengandung unsur-unsur negatif di judulnya sehingga orang akan tertarik untuk mengklik.

8. Pelajari informasi tentang Phishing
Jika Anda memang punya kemampuan untuk mempelajari atau mengetahui lebih dalam tentang Phishing, kenapa tidak? Dengan Anda mengetahui teknik-teknik terbaru yang digunakan oleh para Phisher maka Anda juga bisa segera menyelamatkan informasi penting milik Anda dari serangan Phishing.

9. Memakai ekstensi untuk mencegah Phishing
Cara yang paling populer untuk melawan serangan phishing adalah dengan mengikuti perkembangan situs-situs yang dianggap sebagai situs phishing. NetCraft Toolbar, PhishTank SiteChecker, Google Safe Browsing, Finjan SecureBrowsing, dan iTrustPage adalah beberapa extensions browser Firefox dan Internet Explorer yang bisa digunakan untuk melawan serangan phishing.

10. Jadilah pengguna Twitter yang cerdas
Pembobol itu tahu, kebanyakan orang kurang waspada sehingga dengan cuma menyebarkan link-link menarik seperti foto cewek cantik atau video-video dewasa, orang dengan mudah mengklik link tersebut. Jadilah pengguna yang cerdas, jangan mau terpengaruh dengan hal-hal yang tidak penting. Mereka memanfaatkan ilmu psikologi untuk menjebak pengguna Twitter.


sumber