5 Aksi Unik dan Aneh Yang Terkesan Menggelikan Sejagad

Biasanya aksi unik yang dilakukan orang atau sekelompok orang dengan tujuan menarik perhatian masyarakat. Di balik aksi unik tersebut, pelaku atau para peserta biasanya menyampaikan pesan lain, di luar dari apa yang mereka lakukan. Meskipun demikian, terkadang ada juga aksi unik yang dilakukan seseorang sebagai bentuk perjuangan untuk mewujudkan sesuatu. 

Pada umumnya orang yang berjuang dengan melakukan aksi, ingin supaya sebuah aturan atau ketidakadilan dihilangkan. Berikut kami merangkum 5 manusia dengan aksi-aksi terunik yang terkesan menggelikan sejagad.

1. Demo Dengan Kostum Avatar
Percaya tidak, ternyata film avatar tak hanya disukai masyarakat di Eropa – Asia. Akan tetapi juga menjadi inspirasi sejumlah warga desa di wilayah rawan konflik. Contohnya penduduk Desa Bil’in di Palestina yang menangkap ide kostum alien tertindas film blockbuster avatar untuk digunakan pada saat aksi unjukrasa menantang pendudukan zionis Israel. 


Foto: setenangpagihari.blogspot.com

Desa Bil’in dengan populasi penduduk 1.800 jiwa merupakan salah satu tempat terpencil dan terisolasi di Palestina. Warganya sulit beraktifitas harian karena mayoritas lahan pertanian mereka pagar kawat berduri dan blokade militer Israel.

Salah seorang aktifis yang menjadi pelopor aksi, Mohammed Khatib kepada aol news mengatakan, aksi demontrasi dengan menggunakan kostum dalam film avatar bertujuan untuk menarik perhatian Israel dan media massa dunia, dan itu telah berhasil. 

Israel memang telah puluhan tahun menjajah Palestina, namun melalui aksi demontrasi tersebut warga di Desa Bil’in Palestina menyampaikan pesan jika Israel tidak dapat mengambil apapun dari apa yang diinginkannya karena ini adalah hak dan tanah warga Palestina. Bahkan dua setengah tahun lalu, mahkamah agung Israel telah memerintahkan bahwa jalan pagar Bil’in dan 30 persen tanah dikembalikan ke warga desa.

2. Ratusan Orang Memakai Kostum Superman
Aksi unik juga dilakukan warga Metropolis, Illinois, Amerika Serikat pada setiap tahunnya. Seperti tahun ini, warga Metropolis akan berusaha membawa kembali piagam Guinness World Record untuk orang yang paling banyak memakai kostum superman. 



Upaya pemecahan rekor tersebut dilakukan pada 9 Juni 2013, bertepatan dengan perayaan  ulang tahun Superman yang ke-35. Dan sebagai persyaratan yang diberikan Guinness World Record, peserta harus berdiri di depan patung selama sepuluh menit untuk didokumentasikan ke dalam video dan foto.

Rekor untuk kegiatan ini pertama kali dicatat oleh Guinness World Record pada tahun 2008. Ketika itu, sebanyak 122 orang berkostum superman berkumpul di depan patung superman Illinois. Pada tahun 2010, rekor tersebut dipecahkan oleh kegiatan serupa di Goodman Masson. Perusahaan rekrutmen independen terbesar di Inggris tersebut, berhasil mengumpulkan sebanyak 180 orang yang menggunakan kostum Superman. Rekor kembali pecah ketika 437 karyawan di Nexen Incorporate di Calgary, Kanada, menggunakan pakaian tokoh super hero idola semua kalangan tersebut.

3. Pakai Topeng Rusa Tiap Hari
Kehidupan seniman kadang sering terlihat di luar nalar manusia pada umumnya. 



Apalagi saat mencari inspirasi dalam proses menciptakan sebuah karya seni, para seniman kerap bertingkah aneh-aneh. Seperti seorang seniman atau pelukis dan desainer asal china yang bernama Lou Dan (32 tahun).

Seperti diberitakan Metro pada 28 Maret lalu, sejak tahun 2009 lalu, Lou dan setiap hari mengenakan topeng rusa. Menurut Lou dan, dirinya sudah terbiasa mengenakan topeng rusa meski ukurannya cukup besar dam berat. Aksi yang dilakukannya itu bukan tanpa alasan, namun untuk menemukan inspirasi dan kedamaian dalam dirinya. Hingga saat ini berarti Lou Dan telah lima tahun mengenakan topeng rusa tersebut. Dalam sehari, lou dan mengenakan topeng tersebut pada saat bekerja atau bersantai di waktu luangnya.

4. Ratusan Anak Berdandan ala Mahatma Gandhi
Pada Januari 2012 lalu, ratusan anak di Kolkata, India tampil dengan balutan kain, kacamata bulat dan kumis abu-abu. Mereka berpenampilan mirip dengan pemimpin spiritual mereka yaitu Mahatma Gandhi yang meninggal 64 tahun lalu. 



Ratusan anak-anak tersebut berjalan sejauh 500 meter menirukan rute jalan perdamaian, perjalanan historis gandhi pada tahun 1930. Perjalanan sejarah Mahatma Gandhi tersebut menandai gerakan kemerdekaan India.

Tingkah polah anak-anak saat mengenakan busana tersebut sangat lucu. Tak sedikit dari mereka yang berusaha membenahi pakaian, kumis atau topi yang kadang melorot. Kehadiran 485 anak-anak tersebut sekaligus memecahkan rekor dunia pada perayaan serupa sebelumnya. Pada 13 Juni 2010 lalu, sebanyak 255 anak tampil berpakaian ala Gandhi di Distrik Coimbatore. Dalam ajang yang diberi nama Rise Up tersebut, cucu perempuan Gandhi yaitu Usha Gokani juga turut menyaksikan. Kepada media massa, Usha Gokasi mengaku sangat tersentuh melihat semangat untuk bapak bangsa yang ditunjukkan anak-anak.

5. Pria Mengenakan Rok Seumur Hidup
Seorang pria asal Kineshma, Rusia, Vladimir Fromin (44 tahun) menjadi pusat perhatian karena senang mengenakan rok wanita. Bahkan setiap hari dan untuk seumur hidup, Vladimir Fromin mengenakan rok wanita. 



Anehnya, Vladimir yang tak mau memakai celana panjang ini juga terus berjuang untuk mendapatkan hak bahwa pria boleh mengenakan rok atau gaun layaknya wanita. Vladimir iri dengan kebudayaan Yunani, Romawi dan Skotlandia  yang para prianya memiliki gaun atau rok tradisional (kilt). Meskipun ia senang mengenakan rok, akan tetapi Vladimir bukan seorang gay atau transgender.

Vladimir mulai penasaran mengapa wanita bebas memakai celana panjang sedangkan pria dianggap aneh jika memakai rok. Atas rasa penasaran tersebut, Vladimir yang sudah beristri ini kemudian memutuskan untuk memakai pakaian wanita setiap kali bepergian. Oleh karena aksinya tersebut, Vladimir justru mendapatkan masalah. 

Bagaimana tidak, akibat ulahnya ini bahkan ia dikucilkan oleh teman-teman dan keluarganya. Vladimir bahkan sampai dikeluarkan dari universitas tempatnya kuliah. Ia juga ditolak masuk universitas lain dengan alasan yang sama. Kini, Vladmimir hanya menggantungkan hidupnya pada hasil kebun.


sumber