Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

10 Besar Jembatan Paling Unik dan Menakjubkan di Indonesia

Kita semua tentu sudah tidak absurd lagi dengan yang namanya jembatan. Jembatan dipergunakan sebagai  sarana penghubung dua tempat yang dipisahkan oleh sungai , selat , jurang dan sebagainya.

Selain itu , didalam perkotaan biasanya juga sering dibangun jembatan diatas jalan atau biasa disebut overpass/playover untuk mengurai arus kendaraan dan meningkatkan efesiensi dalam berkendara.

Indonesia juga memiliki banyak jembatan. Namun beberapa jembatan tersebut memiliki keunikan tersendiri bila dilihat dari bentuk , fungsi , lokasi dan sebagainya. Inilah ia jembatan-jembatan uniknya :


1. Jembatan Kelok 9 , Padang

10 Besar Jembatan Paling Unik dan Menakjubkan di Indonesia

Jembatan kelok 9 ini sangat unik alasannya ialah dibangun diantara perbukitan. Selain itu desainnya yang berkelok-kelok (jika lihat dari atas seakan-akan angka 9) terdapat di pinggiran tebing yang curam semakin menambah kesan unik dan cantik dari jembatan ini.

Dengan desain yang berkelok-kelok membuat orang yang melihatnya sedikit takjub , jembatan kelok 9 ini yang berada di kaki bukit seakan membuat jembatan ini menyatu dengan alam. Total panjang jembatan kelok 9 ini mencapai 959 meter. 


2. Jembatan Siak , Riau

10 Besar Jembatan Paling Unik dan Menakjubkan di Indonesia

Jembatan ini merupakan salah satu jembatan termegah dan tercantik di provinsi Riau. Yang unik dari jembatan ini ialah dikedua puncak jembatan ini terdapat sebuah restoran.

Untuk mencapai restoran tersebut disediakan lift khusus. Salah satu alternatif yang menarik untuk menikmati keindahan alam Riau dari ketinggian sambil menikmati menu yang disediakan pihak restoran.


3. Jembatan Ampera , Palembang

10 Besar Jembatan Paling Unik dan Menakjubkan di Indonesia

Jembatan Ampera terletak di kota Palembang yang sempurna dibawahnya terdapat pemikiran air sungai musi. Mungkin diantara kalian juga sudah banyak yang tau akan jembatan ini.

Yang unik dari jembatan ini ialah di bab tengah-tengah jembatan ini mampu yang di angkat jikalau ada kapal yang mau lewat. Tapi sayang untuk sekarang ini Hidroliknya sudah tidak berfungsi lagi.


4. Jembatan Tanjung Tol Benua , Bali

10 Besar Jembatan Paling Unik dan Menakjubkan di Indonesia

Jembatan Tol Tanjung Benoa terdapat di provinsi Bali memiliki panjang total 12 ,7 km , yang mana 10 km bab jembatan berada diatas permukaan laut. Dengan panjang yang demikian , jembatan tol Tanjung Benoa menjadi jembatan atas laut terpanjang di Indonesia.

Jembatan Tanjung benoa ini juga diklaim sebagai jalan tol terindah di Indonesia. Selain dikarenakan desainnya yang unik dan berkelok-kelok diatas permukaan laut , area sekitar jembatan ini juga dijadikan sebagai tempat konservasi mangrove sehingga banyak tanaman di samping jalan Tol.


5. Jembatan Suramadu , Surabaya-Madura

10 Besar Jembatan Paling Unik dan Menakjubkan di Indonesia

Dengan panjang sekitar 5.438 M , jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia ketika ini. Jembatan Sura-madu terdiri dari 3 bab yaitu jalan layang (causeway) , jembatan penghubung (approach bridge) , dan jembatan utama (main bridge).

Jembatan ini awal di kerjakan pembangunannya oleh Presiden Megawati Soekarnoputri pada 20 Agustus 2003 dan diresmikan pembukaannya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 10 Juni 2009. Pembangunan jembatan ini ditujukan untuk mempercepat pembangunan di Pulau Madura.


6. Jembatan Barito , Banjarmasin

10 Besar Jembatan Paling Unik dan Menakjubkan di Indonesia

Jembatan Barito memiliki panjang sekitar 1.082 meter yang melintasi Sungai Barito selebar 800 meter dan Pulau Bakut selebar 200 meter.

Jembatan ini pertama kali diresmikan pada tanggal 23 April 1997 oleh Presiden Soeharto. Jembatan ini tercatat dalam Rekor Muri sebagai jembatan gantung terpanjang di Indonesia.


7. Jembatan Akar Bayang , Padang

10 Besar Jembatan Paling Unik dan Menakjubkan di Indonesia

Jembatan menakjubkan ini terbentuk dari jalinan dua akar pohon yang tumbuh berseberangan membentang di atas pemikiran Batang Bayang Sumatera Barat. Dalam bahasa Minang , jembatan yang berada di kota Padang kota Padang ini oleh masyarakat dinamakan Titian Aka. (Titisan Akar Mungkin) :o

Jembatan ini mulai dibentuk pada tahun 1890 dan gres dapat digunakan pada tahun 1916. Dengan kata lain , proses merajut akar menjadi jembatan ini membutuhkan waktu sekitar 26 tahun. Saat ini , kondisinya semakin lama semakin berpengaruh alasannya ialah semakin besarnya akar pohon beringin yang membentuknya.


8. Jembatan Tukad Bakung , Bali

10 Besar Jembatan Paling Unik dan Menakjubkan di Indonesia

Jembatan ini menghubungkan 3 kabupaten Bali , masing-masing Badung , Bangli , dan Buleleng itu menjadi jembatan terpanjang di Bali dan diklaim sebagai tertinggi di Asia Tenggara.

Jembatan Tukad Bangkung mempunyai panjang 360 meter , lebar 9 ,6 meter , dengan pilar tertinggi hingga 71 ,14 meter , dan pondasi pilar 41 meter di bawah tanah. Jembatan itu berteknologi balanced cantilever , dengan perkiraan usia pakai kurang lebih 100 tahun.


9. Jembatan Cikuturug , Purwakarta

10 Besar Jembatan Paling Unik dan Menakjubkan di Indonesia

Jembatan Cikurutug berada di Kabupaten Purwakarta , jembatan yang berupa jalur kereta api ini merupakan salah satu jembatan terunik di Indonesia. Anda akan melihat Jembatan ini jikalau anda sedang melewati jalan tol Jakarta-Bandung , tepatnya di sebelah kiri jalan tol Cipularang.

Jembatan jalur kereta api ini memang sangat ekstrim , bahkan jembatan ini masuk dalam 10 besar Jalur kereta api paling menyeralkan di Dunia! Kereta api yang lewat pun harus dengan kecepatan yang sangat pelan alasannya ialah sangking ingginya jembatan ini.


10. Jembatan Palu IV , Palu

10 Besar Jembatan Paling Unik dan Menakjubkan di Indonesia

Jembatan Palu IV merupakan sebuah jembatan unik yang terletak di Kota Palu , Sulawesi Tengah. Jembatan ini awal diresmikan pada Mei 2006 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Yang unik dan menakjubkan dari jembatan ini ialah merupakan jembatan lengkung pertama di Indonesia dan yang ketiga di dunia setelah Jepang dan Perancis.

Itulah jembatan-jembatan paling unik dan menakjubkan dari seluruh indonesia , yang di rangkum dari beberapa sumber terpercaya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian.
loading...