Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Mentimun 
KESEHATAN - Mentimun atau lebih dikenal dengan ketimun / timun merupakan sejenis buah-buahan yang digunakan untuk sayuran. Buah mentimun ini memiliki kandungan yang kaya akan air serta banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Disamping itu mentimun juga tidak mempunyai kolesterol jenuh. Kulit mentimun mempunyai kandungan serat yang tinggi dan bisa mengurangi gangguan pencernaan, penyakit dan mencegah gangguan pencernaan. 

Menurut USDA Nasional Database Gizi, satu cangkir irisan mentimun dengan kulitnya mengandung 115 gram air, 0,8 gram protein, 16 gram kalori, 0,2 gram lemak, dan 2,9 gram karbohidrat ( 0,9 gram serat dan 1,8 gram gula). Dan juga terdapat zat – zat bagi kebutuhan harian menyerupai 11% vitamin K, 4% vitamin C, magnesium, kalium dan mangan dan 2% dari vitamin A, riboflavin, asam pantontenat, kalsium, zat besi, fosfor, folat, tembaga dan seng dan aneka macam zat lainnya.

Di Indonesia, Mentimun banyak dikonsumsi sebagai materi makanan pelengkap. Biasanya digunakan sebagai embel-embel makanan menyerupai rujak, lalapan, nasi bebek, nasi goring dan sebagainya. Mentimun ini dimakan mentah secara eksklusif tanpa melalui proses pemasakan. Banyak mengkonsumsi mentimun, bisa menawarkan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Manfaat mentimun bagi kesehatan sangat beragam. Mengkonsumsi mentimun akan menambah aneka macam zat yang penting untuk tubuh. Berikut yakni aneka macam manfaat mentimun bagi kesehatan tubuh:

•    Menjaga kesehatan jantung


Mentimun dapat membantu mengurangi tekanan darah. Mentimun mengandung potassium 152 mg per cangkir. Berdasarkan hasil studi menunjukkan bahwa peningkatan konsumsi potassium dapat mengurangi resiko terkena serangan stroke dan penyakit kardiovaskular.

•    Mengurangi rasa sakit


Mentimun mengandung tanin yang dapat membatasi pelepasan radikal bebas dalam tubuh dan bdapat mengurangi rasa sakit. Menurut Journalof Young Pharmacists ; “sebagai ramuan tradisional, timun digunakan sebagai obat sakit kepala; bijinya mempunyai efek mendinginkan dan diuretic. Jusnya dapat dimanfaatkan untuk materi obat jerawat.

•    Melindungi otak


Mentimun mengandung fisetin, substansi anti inflamasi. Fisetin mempunyai tugas penting dalam kesehatan otak. Hal ini dikarenakan fisetin memiliki kemampuan untuk mengurangi gejala penyakit degenarasi sistem saraf yang eksklusif bekerjasama dengan usia dan dapat membantu fungsi kognitif pasien Alzheimer.

•    Mengurangi wangi mulut


Bau verbal seringkali disebabkan oleh basil dalam mulut. Sayuran dengan serat dan kandungan air yang tinggi menyerupai mentimun dapat menambah produksi air liur yang dapat membantu membersihkan basil penyebab wangi mulut. 

•    Mengurangi resiko kanker


Dalam mentimun terdapat kandungan polifenol yang disebut lignin. Zat tersebut dapat mengurangi resiko kanker tertentu. Selain itu, mentimun juga mengandung unsur aktif tanaman kukurbitasin yang mempunyai sifat anti kanker.

•    Melindungi tulang


Mentimun juga mengandung vitamin K. satu cangkir mentimun mengandung sekitar 22% vitamin K dari porsi harian yang dianjurkan. Vitamin K sangat penting bagi kesehatan tulang . Kekurangan vitamin K dapat menjadikan adanya resiko patah tulang. Oleh karena itu, semakin banyak mengkonsumsi timun, maka kesehatan tulang semakin baik. 

•    Menjaga berat tubuh yang sehat


Mentimun memiliki kandungan kalori yang sangat rendah. Satu cangkir mentimun mengandung hanya 16 kalori. Mentimun memiliki serat larut yang bertekstur menyerupai gel dalam usus yang dapat membantu dalam memperlambat pencernaan, perut akan merasa kenyang untuk waktu yang lebih lama. Makanan yang kaya serat dapat membantu untuk mengontrol berat badan.

•    Menjaga kesehatan gigi dan gusi


Mentimun dapat membantu kesehatan gigi dan gusi. Dengan mengunyah mentimun bisa merangsang kelenjar air liur biar memproduksi lebih banyak dan mengurangi zat asam yang ada dalam rongga verbal serta basil di dalamnya. selain itu, penyakit gusi lain menyerupai pyorrhea secara efektif dapat terobati oleh mentimun. 

•    Menyembuhkan gejala penyakit rematik dan asam urat


Dalam mentimun juga mengandung vitamin A, B, Folat, Magnesium. Zat – zat dalam mentimun ini bisa meredakan nyeri astritis dan mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.

•    Mendorong pencernaan yang sehat


Mentimun mengandung banyak air dan serat yang penting bagi pencernaan dalam tubuh. Kandungan serat dan air yang banyak dapat membersihkan racun dalam usus. Dalam kulit mentimun mengandung serat larut yang dapat membantu melancarkan buang air besar. hal ini membuat jalan masuk pencernaan yang lebih lancar untuk pencernaan yang sehat.

Ternyata banyak manfaat buah mentimun bagi kesehatan tubuh yang wajib diketahui. Mengonsumsi mentimun bisa memberi manfaat pada kesehatan tubuh. Oleh karena itu, mentimun menjadi buah atau sayuran yang wajib untuk di konsumsi.