Positive Thinking ( Berfikir Positif )



POSITIVE THINKING  ( BERFIKIR POSITIF )

1.    Pengertian Berfikir Positif
“Pikiran positif ialah pikiran yang dapat membangun dan memperkuat kepribadian diri dan karakter”.
Berfikir positif ialah cara berfikir yang di proses secara positif yang menghasilkan “energi yang positif”, yaitu suatu energi yang akan menghasilkan pemikiran-pemikiran dan sikap-sikap yang baik yang dapat membuat insan menjadi bersemangat, melaksanakan hal-hal yang benar dan menjadi bahagia. Berpikir positif adalah salah satu sifat yang harus dimiliki oleh setiap individu, karena dengan sifat ini,
banyak hasil baik yang akan diperoleh. Pikiran positif tak akan membuat kita menjadi berhenti karena keterbatasan, namun pikiran positif justru akan membuat kita mencari kekuatan kita hari demi hari. Berpikir positif terdiri dari tiga komponen, yaitu muatan pikiran, penggunaan pikiran, dan pengawasan pikiran.
1. Muatan Pikiran
Berpikir positif merupakan usaha mengisi pikiran dengan banyak sekali hal yang positif atau muatan yang positif. Menurut Ubaedy, muatan positif untuk pikiran ialah banyak sekali bentuk pedoman yang memiliki kriteria:
1.        Benar (tak melanggar nilai-nilai kebenaran),
2.        Baik ( bagi diri sendiri, orang lain, dan lingkungan), dan
3.        Bermanfaat (menghasilkan sesuatu yang berguna).
2. Penggunaan Pikiran
Tujuan dari dimensi ini ialah menggunakan pikiran kita yang telah terisi oleh muatan positif. Untuk dapat memaksimalkan pikiran positif, penggunaan pikiran perlu direalisasikan dalam bentuk nyata. Karena muatan positif yang berada di pikiran masih merupakan muatan yang lemah.
3. Pengawasan Pikiran
Dimensi ke tiga dari berpikir positif ialah pengawasan pikiran. Aktivitas ini mencakup usaha untuk mengetahui muatan apa saja yang dimasukkan ke ruang pikiran dan bagaimana pikiran bekerja. Jika diketahui terdapat hal-hal yang negatif ikut masuk ke ruang pikiran maka perlu dilakukan tindakan berupa mengeluarkan hal-hal yang negatif  tersebut dengan menggantinya dengan hal-hal yang positif. Demikian pula kalau ternyata teridentifikasi bahwa  pikiran bekerja tidak semestinya maka dilakukan usaha untuk memperbaiki kelemahan atau kesalahan tersebut.
2.    Ciri – Ciri Berfikir Positif
a.       Melihat duduk perkara sebagai tantangan
Bandingkan dengan orang yang melihat duduk perkara sebagai cobaan hidup yang terlalu berat dan bikin hidupnya jadi paling sengsara sedunia.
b.      Menikmati hidupnya
Pemikiran positif akan membuat seseorang mendapatkan keadaannya dengan besar hati, meski tak berarti ia tak berusaha untuk mencapai hidup yang lebih baik.
c.       Pikiran terbuka untuk mendapatkan saran dan ide
Karena dengan begitu, boleh jadi ada hal-hal gres yang akan membuat segala sesuatu lebih baik.
d.      Mengenyahkan pikiran negatif segera setelah pikiran itu terlintas di benak
‘Memelihara’ pikiran negatif lama-lama bisa diibaratkan membangunkan singa tidur. Sebetulnya tidak apa-apa, ternyata malah bisa menimbulkan
masalah.
e.       Mensyukuri apa yang dimilikinya
Dan bukannya berkeluh-kesah wacana apa-apa yang tidak dipunyainya
f.       Tidak mendengarkan informasi yang tak menentu
Sudah pasti, informasi berkawan baik dengan pikiran negatif. Karena itu, mendengarkan omongan yang tak ada juntrungnya ialah perilaku yang dijauhi si pemikir positif.
g.      Tidak bikin alasan, tapi eksklusif bikin tindakan
Pernah dengar pelesetan NATO (No Action, Talk Only), kan? Nah, mereka ini terperinci bukan penganutnya.
h.      Menggunakan bahasa positif
Maksudnya, kalimat-kalimat yang bernadakan optimisme, mirip “Masalah itu pasti akan terselesaikan,” dan “Dia memang berbakat.”
i.        Menggunakan bahasa badan yang positif
Di antaranya ialah senyum, berjalan dengan langkah tegap, dan gerakan tangan yang ekspresif, atau anggukan. Mereka juga berbicara dengan intonasi yang bersahabat, antusias, dan ‘hidup’.
j.        Peduli pada citra diri
Itu sebabnya, mereka berusaha tampil baik. Bukan hanya di luar, tapi juga di dalam.

3.    Prinsip Berfikir Positif 
a.    Prinsip untuk selalu memikirkan hal-hal yang positif, karena kita akan menjadi mirip apa yang kita pikirkan dan katakan.
b.   Prinsip untuk selalu menimbang untung dan rugi sebelum melaksanakan sesuatu, baik dalam bentuk pikiran, perasaan, perbuatan, dan penampilan.
c.    Prinsip untuk selalu mengambil pesan tersirat dari setiap pristiwa terburuk sekalipun.
d.   Prinsip bahwa segala sesuatu pasti ada akhirnya, demikian halnya dengan kesulitan, kegagalan, dan kesedihan.
4.    Manfaat Berfikir Positif
Berikut ini beberapa manfaat dari berpikit positif :
a.    Mengatasi stress (Stress Management)
Berpikir positif membantu Anda mengatasi situasi stres, mengabaikan pikiran negatif, mengganti pikiran pesimis menjadi optimis, mengurangi kecemasan dan mengurangi stres. Ketika Anda menyebarkan sikap positif Anda bisa mengontrol hidup Anda dengan baik.
b.   Menjadi lebih sehat (Health)
Pikiran kita secara eksklusif menghipnotis badan dan bagaimana cara bekerjanya. Ketika Ada mengganti pikiran negatif dengan ketenangan, kepercayaan dan kedamaian, bukannya dengan kebencian, kecemasan, dan kekhawatiran, maka Anda akan mencicipi kesejahteraan. Dan ini berarti Anda tidak mengalami gangguan ketika tidur, tidak mencicipi ketegangan otot, kecemasan, dan kelelahan. Orang-orang yang berpikir negatif lebih muda terkena depresi.
c.    Percaya diri (Confidence)
Dengan berpikir positif, maka Anda lebih percaya diri dan tidak untuk mencoba menjadi orang lain. Jika Anda tidak percaya diri Anda tidak akan pernah mendaptkan kehidupan yang lebih baik.
d.   Bisa mengambil keputusan yang benar (Smart-Decision)
Berpikir positif mencegah Anda memilih keputusan yang salah atau melaksanakan hal yang kurang cendekia yang kemudian Anda sesali. Berpikir positif membuat Anda memilih keputusan dengan cepat.
e.    Meningkatkan fokus (Focus)
Menggunakan pikiran positif membantu Anda lebih fokus ketika menghadapi masalah. Jika Anda berpikir negatif akan membuang-buang waktu, dan energi Anda.
f.     Bisa mengatur waktu lebih baik (Time Management)
Dengan meningkatnya fokus serta kemampuan membuat keputusan yang lebih baik, Anda akan lebih terorganisir. Ini akan membantu Anda mendapatkan lebih banyak waktu untuk diri sendiri dan orang yang Anda cintai.
g.    Lebih sukses dalam hidup (Success)
Sikap positif tak hanya bisa meningkatkan fokus Anda dan lebih bisa mengatur waktu dengan baik tetapi mengarahkan Anda pada kebahagian dan keberhasilan ketika mengubah hidup Anda.

h.   Memiliki banyak sahabat (Acquintances)
Ketika berpikir positif, Anda akan menarik perhatian orang-orang dan ketika orang-orang tersebut dekat dengan Anda mereka akan merasa nyaman.
i.      Menjadi pemberani (Brave)
Ketakutan berasal dari pikiran negatif. Menjadi pemikir positif menghilangkan rasa takut. Keberanian berasal dari kenyataan bahwa Anda tetap positif Anda akan tahu bahwa apapun yang terjadi dalam hidup Anda, Anda dapat menghadapinya.
j.     Hidup lebih bahagia (Happiness)
Percaya diri merupakan suatu fakta bahwa Anda bahagia menjadi diri Anda sendiri dan tidak mencoba untuk menjadi orang lain. Jika Anda memiliki semangat berpikir positif, Anda selalu mengantisipasi hidup bahagia, damai, tawa, kesehatan yang baik dan kesuksesan finansial.